Tips agar Anak Gemar Mengkonsumsi Makanan Sehat

makanan-sehat-anak

Makanan sehat adalah sebuah keharusan bagi semua orang tak terkecuali anak. Membuat anak gemar makan makanan sehat kadang menjadi tantangan sendiri bagi orang tua. Perlu trik dan penanggan khusus agar anak mau makan makanan sehat, berikut ini adalah tips dan triknya.

Berikan Variasi Makanan

Orang tua harus memberi variasi makanan sehat kepada anak, bisa dimulai dari variasi bentuk dan rasa. Hal ini akan menggugah nafsu makan anak karena makanan mereka menjadi menarik. Bentuk olahannya bisa menjadi figur objek kartun yang lucu atau hewan yang mudah dikenali oleh anak-anak.

pisang-enak

source: giphy.com

Sajikan Banyak Jenis Makanan di Meja

Sajikan banyak makanan yang bisa anak pilih di meja makan. Biasanya anak akan memilih salah satu yang menurut mereka paling mereka sukai. Sajikan makanan dengan tampilan yang menyenangkan dan anak akan tertarik untuk melahap makanannya.

makanan-banyak

source: giphy.com

Jadilah Panutan Hidup Sehat

Anak akan melihat segala gerak yang dilakukan oleh orang tuanya, termasuk kegiatan makan makanan sehat. Jadilah semacam role-mode untuk anak agar mereka melihat sendiri manfaat mengkonsumsi makanan sehat. Jadi jika ingin anak hidup sehat dimulai dari orang tuanya dulu.

anak-sehat

source: giphy.com

Berhenti terlalu menekan anak

Jangan sering menekan anak untuk mengkonsumsi makan sehat. Memaksa anak untuk mengkonsumsi makanan sehat akan membuat anak tertekan sehingga makin tidak menyukai makanan sehat tersebut dan membuat anak stres. Tetaplah tenang dan sabar menghadapi perilaku anak dan tetap menjadi panutan yang baik untuk anak.

-berhenti-menekan

source: giphy.com

Jangan membicarakan hal negatif tentang makanan

Buatlah anak merasa familiar dengan makanan yang disajikan, seperti menjelaskan bahwa makanan ini rasanya seperti makanan yang mereka sukai, Jangan pernah mengucapkan bahwa makanan lainnya tidak baik secara langsung tapi berikan penjelasan bahwa mengkonsumsi makanan sehat akan memberi efek baik bagi tubuh dan beraktifitas dengan lancar.

jangan-membicarakan makanan

source: giphy.com

Trik diatas adalah salah satu cara untuk membuat anak gemar mengkonsumsi makanan sehat. Terapkan trik tersebut dan seringlah berkonsultasi dengan ahli nutrisi, dokter anak, psikiater anak agar gejala yang terjadi pada anak mampu didiagnosis dengan tepat. Hal tersebut akan membuat lebih siap secara fisik dan mental dan mampu belajar hal baru seperti belajar bahasa inggris untuk anak.

Baca Juga :

Belajar Bahasa Inggris Anak

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google