Tips Hemat Kuota Ala Pelajar Biar Uang Jajan Gak Habis

Lagi googling pas kerjain tugas, eh kok gak bisa loading ya? Coba cek sinyal. Ada kok sinyalnya. Yah, ternyata kuotanya habis!

Internet dan kuota sekarang memang udah jadi kebutuhan sehari-hari. Apalagi buat remaja dan pemuda yang aktif banget internetan. Entah itu buat nugas, chatting bareng temen, update media sosial, browsing informasi terbaru, banyak deh! Coba dihitung-hitung, berapa banyak pengeluaranmu digunakan untuk beli pulsa dan kuota?

Kamu yang masih duduk di bangku sekolah dan perkuliahan emang harus pintar-pintar mengatur uang jajan biari gak cepat habis. Salah satunya ya dengan mengatur jatah kuota internetmu.

Nah biar kamu gak dimarahin orang tua karena uang jajannya habis melulu, nih Cakap kasih kamu tips untuk menghemat kuota.

Pasang mode offline

Pasang mode offline
source: giphy.com

Sekarang sejumlah aplikasi sudah memiliki fitur mode offline. Sebut saja Youtube dan Google Maps. Nah, kamu bisa memanfaatkan fitur ini nih!

Jadi ketika kamu ketemu Wi-Fi gratis, manfaatkan untuk mengunduh video-video yang pengen kamu tonton atau peta daerah yang ingin kamu kunjungi. Nantinya ketika kamu mau nonton atau cari jalan, kamu gak perlu buang-buang kuota atau cari-cari sinyal lagi deh. Beberapa aplikasi streaming service dan music streaming juga menawarkan fitur offline ini lho.

Matikan Sinkronasi yang Gak Perlu

Matikan Sinkronasi yang Gak Perlu
source: giphy.com

Gak semua layanan dan aplikasi built-in yang ada di smartphone kamu kamu gunakan, bukan? Untuk aplikasi-aplikasi yang jarang atau bahkan tidak pernah kamu gunakan, sebaiknya matikan saja sinkronisasinya.

Misalnya untuk handphone Android, ada aplikasi-aplikasi seperti Google Fit atau Google Play Movies & TV yang mungkin jarang dipakai oleh penggunanya. Mematikan sinkronisasi tersebut bisa membantumu menghemat kuota.

Matikan Notifikasi

Matikan Notifikasi
source: giphy.com

Emang notifikasi bikin boros kuota? Ya secara gak langsung iya sih. Nih ya, dengan munculnya notifikasi, kamu pasti jadi tergoda dan kepo untuk terus-terusan cek smartphone kamu. Akhirnya kamu jadi buka aplikasi-aplikasi yang ada dan cek update yang sebenarnya gak gitu penting.

Biar gak mudah terdistraksi, sebaiknya matikan notifikasimu khususnya pas lagi belajar di sekolah atau di kampus. Lagian, notifikasi yang nyala terus bikin baterai smartphone-mu cepat habis lho!

Matikan Auto-Update Aplikasi

Matikan Auto-Update Aplikasi
source: giphy.com

Biasanya setelah install aplikasi, aplikasi-aplikasi tersebut akan ter-update secara otomatis. Padahal ini bisa bikin kuotamu cepat habis. Bayangin kalau tiba-tiba aplikasi di smartphone kamu ter-update dengan sendirinya padahal kuotamu pas-pasan. Sayang banget kan?

Apalagi kalau update-nya sebenarnya gak penting-penting amat. Yang ada malah buang kuota dan memori. Makanya kamu sebaiknya matikan saja auto-update aplikasimu. Kalau di Android, kamu bisa matiin per aplikasi. Tapi kalau di iPhone, kalu gak bisa pilih aplikasi mana yang mau kamu matikan update-nya.

Cara mematikan auto-update di Android adalah dengan ke Play Store, pilih auto-update jadi Do not auto-updates apps atau Auto-update apps over Wi-Fi only. Sementara di iPhone, caranya ke Settings, pilih iTunes & App Store, lalu matikan Updates.

Nyalakan notifikasi peringatan penggunaan data

Nyalakan notifikasi peringatan penggunaan data
source: giphy.com

Dengan menyalakan data usage warning, kamu jadi bisa dapet peringatan ketika penggunaan kuotamu sudah melebihi batas. Fitur ini memungkinkan kamu untuk membatasi penggunaan kuotamu sendiri.

Coba kamu kira-kira dulu, berapa banyak data kuota yang kamu biasa habiskan dan selama berapa lama. Dari situ, batasi penggunaannya pada batas yang wajar. Sayangnya, fitur ini hanya ada di handphone Android nih, Sobat Cakap.

Gunakan paket kuota yang hemat

source: giphy.com

Ini juga bisa jadi salah satu trik ampuh untuk mengurangi pemborosan kuota. Biasanya tiap provider punya paket-paket khusus yang menawarkan promo-promo berbeda. Nah, kamu harus pintar memilih paket yang menawarkan kuota-kuota khusus untuk aplikasi-aplikasi tertentu.

Seperti Paket Cakap dan Paket Ilmupedia dari Telkomsel misalnya. Kedua paket ini cocok banget untuk kamu para pelajar. Hanya dengan modal Rp 30.000, kamu udah bisa dapet 1GB kuota yang bisa kamu pakai untuk apa aja plus 4GB kuota khusus untuk mengakses Cakap.

Ada juga Paket Ilmupedia dimana hanya dengan Rp 25.000, kamu bisa dapet kuota general sebesar 1GB ditambah kuota 2GB untuk akses Cakap dan aplikasi belajar online lainnya. Uang jajanmu dijamin aman deh!

Ditambah lagi, kamu akan dapat berbagai keuntungan seperti gratis Cakap English Club selama 1 bulan atau gratis 1 sesi Kelas Bahasa Inggris private. Cari tahu lebih lanjut tentang paketnya disini ya. Jangan biarkan kuota menghalangi semangat belajarmu!

Baca Juga:

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google