11 Tempat Wisata di Indonesia Terpopuler Tahun 2020

tempat wisata di indonesia

Semenjak pandemi menyerang Indonesia, kamu pasti bosen menghabiskan waktu liburan di rumah aja. Supaya engga suntuk dengan kegiatan yang monoton, kamu perlu jalan jalan. Pasti ada dong tempat travel yang ingin kamu kunjungi?

Selama pandemi, ada beberapa destinasi wisata terfavorit warga +62. Bukan tanpa alasan, destinasi-destinasi ini jauh dari keramaian sehingga tergolong aman dari virus corona. Penasaran? Berikut ini 20 tempat wisata di Indonesia terpopuler tahun 2020!

Tempat Wisata di Indonesia

Kamu udah suntuk dengan suasana kota? Mau menyegarkan pikiran dengan melihat pemandangan alam Indonesia? Jalan jalan ke sini aja:

1. Anambas, Kepulauan Riau

source: giphy.com

Punya keinginan ke Maldives tapi budget belum masuk? Nah, kamu bisa coba berlibur ke Kabupaten Kepulauan Anambas yang ada di Provinsi Kepulauan Riau. Saking indahnya, tempat wisata ini pernah meraih tiga besar Anugerah Pesona Indonesia tahun 2018.

Ada beberapa pulau yang bisa kamu kunjungi di Kepulauan Anambas ini. Salah satu destinasi favorit adalah Pulau Bawah yang pernah menyabet gelar salah satu destinasi wisata tropik terbaik di dunia. Makin pengin liburan, kan?

2. Taman Nasional Way Kambas, Lampung

Taman Nasional Way Kambas adalah tempat konservasi gajah sumatera yang merupakan hewan asli Pulau Sumatera. Ada berbagai aktivitas yang bisa kamu lakukan di sana seperti memandikan gajah, atraksi gajah, dan sepakbola gajah.

Engga perlu khawatir kantong jebol, ongkos masuk tempat ini hanya 7.000/orang dan 10.000 untuk kendaraan roda empat. Ada biaya tambahan untuk kegiatan-kegiatan di dalam taman nasional, namun harganya relatif murah.

3. Curug Cikuluwung, Jawa Barat

source: giphy.com

Buat kamu yang tinggal di Jabodetabek, ada pilihan destinasi wisata alam yang dekat tempat tinggalmu. Engga perlu jauh-jauh keluar pulau Jawa, kamu bisa menikmati pemandangan alam di Curug Cikuluwung yang ada di Bogor.

Curug ini tergolong baru, namun begitu banyak menyita wisatawan lokal. Butuh effort untuk mencapai curug ini karena melewati jalan yang terjal dan juga curam. Ongkos masuk curug relatif murah, hanya 20.000/orang. Airnya jernih banget, guys!

4. Kebun Teh Sukawana, Jawa Barat

Kebuh teh sukawana terletak di Karyawangi, Parongpong. Lokasinya tidak begitu jauh dari Kota Bandung. Di sini kamu bisa mengunjungi pabrik teh, jalan jalan di kebun teh, camping, gowes sepeda, dan masih banyak lagi. Mata auto seger ngeliat yang ijo ijo.

5. Curug Leuwi Lieuk, Jawa Barat

source: giphy.com

Belakangan ini Curug Leuwi Lieuk banyak dikunjungi orang. Curug ini terletak di Desa Pabuaran, Cibadak, Bogor. Akses menuju tempat ini tidak mudah, kamu harus tracking di jalanan yang licin dan berlumpur di musim hujan.

Namun begitu, perjalananmu yang berat itu akan terbayar dengan pemandangan yang disajikan. Terlebih jika kamu hobi cliff jumping, di sini kamu bisa lompat dari ketinggian yang variatif, mulai dari 3 meter hingga 7 meter.

6. Air Terjun Kedung Pedut, Kulon Progo, Jogjakarta

Sejak pandemi, air terjun menjadi salah satu destinasi wisata terfavorit. Terutama bagi para penghuni ibukota. Banyak orang yang berbondong-bondong mencari air terjun yang belum banyak dijamah oleh orang.

Air terjun Kedung Pedut cocok kamu masukin ke bucket list. Air terjun ini ada di Jogjakarta tepatnya di Kulon Progo. Buat yang tinggal di ibukota atau di Pulau Jawa, bakal lebih seru kalau kamu road trip ke sini dari tempat tinggalmu.

7. Taman Nasional Baluran, Jawa Timur

source: giphy.com

Mau menikmati safari seperti di Afrika? Maka kamu perlu mengunjungi Little Africa atau Taman Nasional Baluran di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Ada beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan di sana.

Pertama, kamu bisa menghirup udara segara di lorong hutan hijau, Evergreen. Kedua, kamu bisa melihat hewan primata asli Baluran dan hewan lainnya di Savana Bekol. Terakhir, mengunjungi Pantai Bama yang jaraknya tidak jauh dari Padang Savana.

8. Nusa Dua, Bali

Familiar dengan tempat wisata yang satu ini? Yap, Nusa Dua adalah kawasan resort yang letaknya di selatan provinsi Bali. Destinasi ini terkenal dengan water blow, semburan air laut akibat bertabrakan dengan karang.

Selain itu masih banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di sana. Seperti menyaksikan pertunjukan tari Nusantara di Devdan Show, menjadi ‘iron man’ dengan flyboarding, mengambil foto di bangkai pesawat, dan lain sebagainya.

Bakal lebih seru kalau kamu menginap di villa bersama keluarga atau teman. Ditambah sekarang ada banyak villa ‘bintang 5’ dengan harga yang murah di Bali. Makin engga sabar buat jalan jalan?

9. Labuan Bajo, NTT

source: giphy.com

Jalan jalan ke Labuan Bajo pasti udah menjadi impian banyak orang. Keindahan alamnya membuat orang tertarik untuk mengunjungi tempat wisata satu ini. Labuan Bajo terkenal sebagai destinasi kelas atas, namun tidak menutup kemungkinan untuk budget traveler.

10. Staycation

Penat dengan pekerjaan tapi takut untuk berwisata alam karena virus corona? Nah, staycation bisa jadi pilihan, guys. Engga cuman di hotel, staycation juga bisa di villa. Ada banyak pilihan tempat staycation yang menyediakan udara yang sejuk dan pemandangan yang indah.

11. Nihi Sumba Island

source: giphy.com

Nihi Sumba adalah destinasi kelas dunia yang terletak di pesisir selatan NTT. Tempat ini pernah dikunjungi artis Hollywood seperti Chris Hemsworth, Jeniffer Lawrence, Christian Bale, dan lainnya.

Destinasi ini pernah ramai diperbincangkan di sosial media setelah Rachel Vennya, selebgram asal Indonesia, berlibur ke sana. Sejak itu semakin banyak yang ingin berlibur ke Nihi Sumba meskipun dompet teriak melihat tarif yang relatif mahal.

Kamu harus tetap memperhatikan protokol kesehatan kalau mau jalan jalan di tengah pandemi seperti sekarang. Dalam protokol kesehatan, ada beberapa kosakata bahasa Inggris yang berkaitan dengan Covid-19. Jangan lupa dipelajari ya!

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google