Skill Teamwork Bantu Kamu Survive di Manapun, Gak Percaya?

teamwork

Kerja sama tim atau teamwork merupakan strategi yang mestinya dipakai semua orang. Ini termasuk kemampuan lho, berguna banget apalagi untuk dunia kerja. Misalnya kamu promosi diri lewat motivation letter tentang kebisaanmu untuk teamwork, otomatis jadi pertimbangan atasan, yakin.

Sama halnya imbauan buang sampah pada tempatnya. Kalau semua warga di satu daerah berbondong-bondong buang sampah, pasti jadi daerah yang bersih kan. Artinya, mereka bekerja sama untuk membuat tempat tinggalnya asri. Itulah maksudnya teamwork.

Yaitu sebuah kegiatan yang dilakukan secara bersama dalam satu kelompok demi mencapai hasil yang diinginkan bersama. Tentunya menekankan pada kerja sama yang kuat satu sama lain. Kenapa sepenting itu? Tanpa adanya teamwork, kamu gak akan bisa menyelesaikan segala urusan dengan baik. Dunia kerja itu butuh orang yang mampu membangun kepercayaan antar anggota sehingga mampu bekerja dengan efisien.

So, gimana sih caranya biar kamu bisa jago menerapkan sistem teamwork?

Good communication = good result

source: giphy.com

Cara pertama ini gampang. Cukup dengan komunikasi. Banyak metode yang bisa kamu gunain untuk menjalin komunikasi baik antar anggota tim. Ajak mereka nongkrong atau main bareng. Misalnya, di cafe sembari ngobrol santai. Sebenarnya, dari situ kamu akan tahu karakteristik tiap anggota. Mulai dari pengalaman hingga kemampuan, pasti kelihatan asal sering melakukan kegiatan bersama. Rajin memperhatikan mereka ya. Ini akan berguna kok nantinya.

Selain itu, komunikasi yang baik juga mampu menciptakan rasa nyaman. Buatlah tiap anggota tim itu enjoy dengan yang lainnya. Kerjanya bakalan enak deh. Jauh dari drama, tapi dekat dengan kebersamaan. Terapkan coba.

Every roles are important

source: giphy.com

Gini singkatnya. Dalam sebuah permainan bola voli, banyak dong peran masing-masing anggotanya. Gak mungkin ada yang sama. Nanti siapa yang nembak bolanya kalau semuanya egois mau jadi blocker atau setter? Bisa skak mat karena komunikasi yang gak lancar.

Nah, dari proses menjalin komunikasi tadi, di sini kamu perlu tahu kemampuan tiap anggota. Yang ini jago apa, yg satu lagi apa. Mereka juga harus mengerti peran dan tanggung jawab. Sebisa mungkin kamu coba untuk meyakinkan mereka terhadap dampak positif suatu peran dan job desk yang jelas. Contoh, kamu bilang ke mereka kalau suatu ide gak akan berjalan tanpa ada peran A. Begitupun dengan B. Jadi, semuanya jelas penting.

Believe in ourselves

source: giphy.com

Seringkali dalam suatu kerja sama tim, yang satu merasa bahwa tugasnya lebih berat. Padahal semua butuh tenaga. Atau si A gak percaya dengan tugas si B, alhasil si A jadi merasa yang harus bertanggung jawab atas segalanya. Hey, teamwork itu gak gitu cara kerjanya. Apa-apa ya harus sama-sama.

Kalau yang satu gak percaya sama kerjaan temannya, bahaya. Coba lebih ditekankan lagi soal job desk dan membangun kepercayaan. Balik-balik lagi ke komunikasi. Buatlah tiap anggota tim mengerti terhadap kemampuan masing-masing. Ingatkan juga bahwa dengan adanya rasa percaya, pasti ada hasil yang baik. Justru tim yang goyah gak akan bisa berhasil. It’s about believing each other, guys. Jangan maunya sendiri aja.

 

Tambah Skillmu di Cakap Upskill biar

Makin Siap Masuk Dunia Kerja!

Are we ready?

source: giphy.com

Komitmen. Yang krusial tuh ini. Ketika semua udah dilakukan, tapi kalau gak ada komitmen bersama? Makin berabe aja. Pentingnya komitmen dalam proses teamwork berguna sebagai landasan dasar. Apapun gak akan berjalan sesuai keinginan tanpa komitmen. Usahakan tiap mengadakan diskusi, kamu menampung seluruh pendapat anggota. Lalu, ciptakanlah satu ide dari sekian banyaknya ide tadi.

Itulah proses yang sulit. Banyak pikiran digabung jadi satu. Tapi gak susah kalau dari awalnya kamu udah membangun komunikasi serta kepercayaan yang bagus. Teman-temanmu juga akan mudah mencari satu solusi untuk mewakili beberapa kepala. Oh ya, jangan diremehkan, secuil motivasi itu mampu mengubah cara berpikir orang. Bangun semangat untuk anggota tim supaya kerjanya beres dengan memuaskan.

Sekarang, tinggal gimana kamu mengimplementasikan tips-tips tadi dalam kehidupan sehari-harimu. Di tempat kerja, sekolah, kampus, di manapun deh, yuk terapkan sistem teamwork yang efektif. Siap hadapi dunia harus siap bekerja sama dengan orang lain. Ingat, yang mau menang sendiri itu sulit berhasil.

Nah, selain teamwork, kemampuan bahasa Inggrismu wajib diasah. Di mana-mana udah pakai bahasa Inggris lho. Apalagi kalau mau ngelamar kerja, bikin portofolio aja lebih menarik dalam Inggris. Tanpa ribet, tanpa boring. Cuma di Cakap, kamu akan dapat pengalaman belajar yang asyik bersama guru yang oke.

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google