Mau Buka Tabungan Pendidikan Anak? Perhatikan Dulu Hal Ini!

tabungan pendidikan anak

Siapa sih yang tidak ingin masa depan anaknya terjamin? Setiap orang tua pasti berusaha untuk mewujudkan hal itu. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan, salah satunya dengan membuka tabungan pendidikan anak.

Dari tahun ke tahun, biaya pendidikan anak selalu meningkat. Makanya, tidak heran jika para orang tua mempersiapkan dana pendidikan anak dari jauh hari. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membuka tabungan pendidikan anak. Apa aja, ya?

Keuntungan Tabungan Pendidikan Anak

source: giphy.com

Meskipun tabungan pendidikan anak tidak memberikan hasil seoptimal instrumen investasi lain seperti reksadana atau saham, tabungan pendidikan tetap memiliki keuntungan. Berikut beberapa keuntungannya:

Proses yang Relatif Mudah

Membuka tabungan pendidikan anak tergolong lebih mudah jika dibandingkan dengan reksadana atau membeli emas. Parents cukup datang ke salah satu bank, bertemu dengan customer service, dan voila tabungan pendidikan anak berhasil dibuka.

Selain itu, proses setoran bulanan juga mudah. Dengan sistem auto-debit, parents tidak perlu datang ke bank karena setiap bulan pada tanggal tertentu dana akan otomatis diambil dari rekening afiliasi.

Lebih Aman dan Terpercaya

Sebagian orang merasa lebih percaya untuk membuka tabungan pendidikan anak ketimbang instrumen investasi lain. Hal ini disebabkan karena tabungan pendidikan anak merupakan produk lama yang dikeluarkan oleh beberapa bank ternama di Indonesia. Karena telah dikenal sejak lama, orang tua cenderung merasa lebih aman untuk menginvestasikan uangnya di tabungan. 

Bunga yang ‘Lebih’ Tinggi

Penawaran bunga yang ‘lebih’ tinggi dari tabungan biasa merupakan salah satu daya tarik dari tabungan pendidikan anak. Namun sebenarnya, instrumen investasi lain menawarkan bunga yang lebih kompetitif dibandingkan dengan tabungan pendidikan anak.

Persiapkan Masa Depan Si Kecil dengan Ajak Belajar Bahasa Inggris di Cakap!

Kriteria Umum Tabungan Pendidikan Anak

source: giphy.com

Tabungan pendidikan anak memiliki beberapa kriteria umum yang harus diperhatikan. Kriteria umum ini berpengaruh pada uang yang parents investasikan. Berikut kriterianya:

Bunga Tabungan

Bunga tabungan merupakan kriteria yang wajib untuk parents perhatikan. Sebab, tujuan menabung bisa tidak tercapai jika memilih bunga tabungan yang kecil. Jadi, pastikan memilih tabungan dengan penawaran bunga terbaik.

Selain itu, perhatikan pula penetapan ketentuan bunga tabungan. Ada jenis bunga mengambang, di mana bank dapat mengubah tingkat bunga setiap saat. Ada pula jenis bunga tetap, di mana bunga tidak akan berubah selama masa kontrak tabungan.

Jumlah Setoran Bulanan

Jumlah setoran bulanan tidak kalah penting. Sama seperti bunga, tujuan menabung bisa tidak tercapai jika jumlah setorannya kecil. Namun, parents juga harus menyesuaikan jumlah setoran bulanan dengan kondisi keuangan parents.

Mengapa? Jumlah setoran bulanan yang terlalu tinggi akan berisiko pada kondisi keuangan parents. Mimpi untuk mempersiapkan masa depan si kecil malah tidak terwujud jika parents malah terbebani setoran bulanan, seperti terlalu menghemat atau bahkan berhutang.

Asuransi Jiwa

Umur tidak ada yang tau, maka dari itu parents harus memperhatikan apakah tabungan pendidikan anak memberikan penawaran asuransi jiwa. Jadi, jika parents meninggal dunia, tabungan pendidikan anak akan tetap aman.

Untuk menjamin dana masa depan si kecil, parents harus terus meningkatkan edukasi finansial. Caranya gampang, parents tinggal gabung Cakap Upskill. Di sana parents bisa pelajari banyak hal, mulai dari finansial sampai tips parenting. Yuk, gabung sekarang!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks