Studio Ghibli Punya 4 Film Animasi Terbaik! Kepo?

studio ghibli

Bagi kamu penikmat anime pasti pernah denger tentang Studio Ghibli (株式会社 ス タ ジ オ ジ  – Kabushiki gaisha Sutajio Jiburi) deh. Itu lho, platform online surganya film animasi Jepang alias anime yang bagus-bagus. Sejak didirikan tahun 1985, film yang tersedia gak hanya dinikmati anak-anak, tapi juga orang dewasa hingga saat ini.

Kok bisa? Jelas, kualitas serta pesan moral yang ada di tiap film dikemas dengan apik. Meski rata-rata ditujukan untuk anak-anak, sebenarnya genre anime di sana lebih dari itu. Biasanya kan film anak ya jalan ceritanya juga mudah dimengerti. Nah, yang ini beda!

Film-filmnya justru disajikan dengan nuansa literatur atau isu sosial yang ada di Jepang. Bahkan sampai sejarah negara itu lho. Dan isu-isu tersebut lebih sering diceritakah lewat simbol atau metafor.

Yang suka banget sama karya sastra negara Asia, jangan cuma nonton film seri silat mandarin atau film Cina yang serem-serem aja nih. Mending cobain nonton animasi Jepang dari Studio Ghibli! Mari dicek guys 4 film terbaiknya berikut ini.

1997 – Princess Mononoke

source: giphy.com

Ikut petualangan Ashitaka di film ini dijamin deg-degan. Pertama, dia dikutuk oleh dewa babi hutan. Lalu, di perjalanan mencari bantuan untuk menghilangkan kutukan, dia malah bertemu dengan peperangan. Akhirnya, dia berusaha membantu perangnya Princess Mononoke melawan Lady Eboshi di desanya. Jadi intinya, kamu harus berani memperjuangkan segala bentuk kebenaran guys.

2001 – Spirited Away

source: giphy.com

Menang kategori Best Animated Feature Film of the Year di penghargaan Oscar 2003, film ini udah pasti keren. Ceritanya, Chihiro, seorang gadis kecil, masuk ke dunia penuh monster dan penyihir. Orang tuanya berubah wujud menjadi sesuatu yang menyeramkan. Chihiro pun berusaha menyelamatkan keluarganya dari dunia imajinasi yang mengerikan itu. Bisa gak ya kira-kira?

2004 – Howl’s Moving Castle

source: giphy.com

Sophie, gadis berumur 18 tahun mengalami kejadian aneh. Dia diubah menjadi wanita yang telah berumur oleh penyihir jahat. Setelah bertemu dengan penyihir baik bernama Howl dari Flying Castle, mereka pun menjalin pertemanan. Bersama-sama, mereka mencari cara untuk mengembalikan wajah muda Sophie. Tonton kalau penasaran!

2013 – The Tale of the Princess Kaguya

source: giphy.com

Kerap dikenal dengan bahasa Jepangnya, Kaguya Hime no Monogatari. Kisahnya tentang seorang anak perempuan bercahaya yang ditemukan pasangan suami istri tua di rebung bambu. Ukurannya hanya segenggaman tangan. Tapi, mereka tetap membawa anak itu pulang dan merawatnya. Setelah tumbuh dewasa, paras cantiknya banyak diketahui orang-orang. Gak jarang pula bangsawan atau sekumpulan laki-laki mengintip Kaguya di sekitar rumahnya. Creepy sih. Makanya, Kaguya harus melakukan sesuatu. Apa hayo?

Wajib banget kepoin semua film-film itu. Seseru itu guys, sampai menang kategori Oscar coba. Ditambah lagi, mereka punya pesan moral yang bisa jadi inspirasi hidupmu lho. Selain itu, rekomendasi film disney terbaik pun juga ada di blog Cakap bagi kamu yang doyan nontonin animasi disney untuk nostalgia. Ayo binge-watching bareng!

Baca juga:
Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google