Stop Malu Berbicara Bahasa Inggris dengan 5 Tips Berikut!

Stop Malu Berbicara Bahasa Inggris dengan 5 Tips Berikut!

Konon katanya, belajar bahasa Inggris itu bingung-bingung sedap. Mengapa? Karena kamu akan bingung dengen berbagai bentuk kata kerja dan kalimat tapi jika sudah menguasainya dengan baik, kamu akan merasa sangat senang karena berhasil menaklukan bahasa yang dianggap sulit itu. Sebenarnya, seperti belajar bahasa asing lainnya, kunci dari belajar bahasa Inggris adalah dengan berlatih agar terbiasa. Namun, bagaimana kalau kamu tidak memiliki teman berlatih atau jikalau punya, kamu belum memiliki keberanian untuk menuturkan bahasa Inggris di luar kelas?

Jangan khawatir, berikut cara untuk melatih diri kamu agar lebih percaya diri dalam berbahasa Inggris di luar kelas.

Chatting

Stop Malu Berbicara Bahasa Inggris dengan 5 Tips Berikut!
sumber: giphy

Jika berbicara secara langsung masih terasa berat, kamu bisa mencoba lewat tulisan. Misalnya dengan chatting. Sebagian dari kamu mungkin sudah bergabung dalam sebuah groupchat untuk berinteraksi dengan orang-orang yang sehobi denganmu, menjadi lebih aktif dalam percakapan dapat membangun rasa percaya diri secara perlahan. Namun, jika kamu benar-benar tidak tergabung dalam suatu komunitas berbahasa Inggris, kamu bisa bergabung dengan Cakap Chat agar dapat chatting dan belajar dengan penutur asli bahasa Inggris.

Cari Teman Berbincang Bahasa Inggris? Cakap Chat Aja

Musik

Stop Malu Berbicara Bahasa Inggris dengan 5 Tips Berikut!
sumber: giphy

Memiliki kemampuan menulis dan membaca memang baik namun kamu juga perlu memiliki kemampuan untuk berbicara. Salah satu hal yang ditakutkan untuk menuturkan bahasa Inggris adalah rasa takut untuk salah melafalkan suatu kata. Cara untuk melatihnya adalah dengan mendengarkan music, mempelajari liriknya, dan nyanyikan.

Kamu tidak perlu memiliki suara yang bagus asalkan kamu tahu cara melafalkan kata demi kata di dalam lagu tersebut. Kamu bisa memulai dari lagu yang mudah seperti lagu-lagu lawas yang bertempo sedang. Contohnya the Beatles atau ABBA. Lalu kamu dapat meningkatkan tempo dan tingkat kesulitan liriknya seperti lagu pop atau mungkin jika memang sudah jago, kamu bisa ke musih hip hop.

Membaca dengan Lantang

Stop Malu Berbicara Bahasa Inggris dengan 5 Tips Berikut!
sumber: giphy

Membaca buku adalah cara yang bagus untuk mempelajari bahasa baru, tetapi jika kamu tidak membaca dengan keras, maka kamu tidak memaksimalkan waktu belajarmu. Lain kali, ketika kamu membaca buku berbahasa Inggris di kamar, bacalah dengan suara yang cukup keras. Tidak usah berteriak tapi cukup terdengar.

Hal ini agar kamu benar-benar terbiasa untuk berbicara dalam bahasa Inggris. Kamu akan terbiasa melafalkan kata demi kata. Jika kamu merasa ragu, kamu bisa mendengarkan audiobook-nya juga untuk menyocokan.

Jangan Bergantung dengan Bahasa Ibu

Stop Malu Berbicara Bahasa Inggris dengan 5 Tips Berikut!
sumber: giphy

Kamu mungkin merasa kurang nyaman ketika harus berbicara bahasa Inggris sehingga kamu selalu beralih kembali ke bahasa Indonesia setiap kali kamu menemukan kata yang sulit. Penting untuk terus berusaha melafalkan kata atau pola kalimat yang sulit. Tidak masalah jika kamu membuat kesalahan karena kamu masih belajar. Jika bingung, tidak apa untuk bertanya.

Forum Belajar Bahasa Inggris

Stop Malu Berbicara Bahasa Inggris dengan 5 Tips Berikut!
sumber: giphy

Bergabung dalam forum belajar bahasa Inggris dapat sangat membantumu terbiasa berbahasa Inggris. Kamu bisa mencoba Cakap Live yang merupakan salah satu fitur dalam aplikasi Cakap.

Belajar Bahasa Inggris Jadi Lebih Praktis Dengan Aplikasi Cakap. Download Sekarang!

Di sana, kamu dapat berdiskusi tentang topik tertentu bersama teman-teman yang juga pelajar bahasa Inggris. Kamu pun akan didampingi oleh pengajar bahasa Inggris profesional dari Cakap sehingga kamu tidak perlu khawatir jika membuat kesalahan. Kamu akan dibimbing sepanjang diskusi berjalan.

Rasa percaya diri dan keberanian untuk berbahasa Inggris sangat dibutuhkan karena akan percuma jika kamu sudah belajar bahasa Inggris lalu tidak ada keberanian untuk berbicara. Belum lagi jika kamu ingin menghadapi tes TOEFL atau IELTS. Lima poin di atas bisa menjadi tips persiapan TOEFL dan IELTS karena selain melatih kemampuan berbicara, kamu juga secara tidak langsung melatih kemampuan mendengarkan dan membaca.

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google