Spotify Wrapped 2019: Yang Dunia Dengarkan Tahun Ini

Akhir tahun telah tiba! Waktunya…. Spotify Wrapped! Ya, Spotify baru saja merilis Spotify Wrapped 2019. Kamu mungkin sudah melihatnya seliweran di Instagram Story teman-temanmu. Atau mungin kamu malah sudah membagikan hasil Spotify Wrapped kamu di Instagram Story.

Buat yang belum tahu, aplikasi musik Spotify tiap tahun merilis fitur yang memberikan rangkuman musik dan konten yang didengarkan oleh penggunanya. Di sini, kamu bisa bernostalgia dan melihat kilas balik artis, musik, dan podcast yang kamu sukai.

Kamu bisa melihat #1 Artist kamu dan berapa lama kamu mendengarkan artis tersebut, Top 5 Artists kamu di tahun 2019, top genre kamu, lagu-lagu favoritmu di tahun 2019, genre podcast yang paling banyak kamu dengarkan, dan berapa lama yang kamu habiskan di Spotify dari tahun ke tahun.

Begitu muncul, fitur ini langsung digandrungi oleh orang-orang dan menjadi viral di media sosial. Siapa sih yang gak penasaran dan ingin bernostalgia di penghujung tahun begini? Tapi selain fitur personalized, Spotify juga merilis versi rangkuman globalnya. Kira-kira siapa ya Artist of the Decade-nya?

Most-Streamed Artist

sumber : giphy.com

Post Malone merupakan artis yang paling banyak didengarkan tahun ini, dengan lebih dari 6,5 juta pendengar dari seluruh dunia. Ini pertama kalinya sang rapper masuk ke daftar Spotify Wrapped. Kamu mungkin familiar dengan Post Malone dari lagunya bersama Swae Lee “Sunflower” yang adai di film Spiderman: Into the Spiderverse. Lagu ini masuk Top 3 lagu yang paling banyak didengar tahun ini lho.

Ada yang bisa tebak siapa artis kedua yang paling banyak didengarkan di seluruh dunia? Pasti kamu udah sering denger lagunya berkali-kali deh di radio. Terkenal dari gayanya yang anti-mainstream dan musiknya yang ikonik, artis ini sudah memenangkan American Music Awards dan menerima banyak nominasi untuk Grammy Awards 2020 mendatang.

Siapa lagi kalo bukan Billie Eilish! Jenjang karier pelantun lagu “Bad Guy” ini memang melesat cepat dan dalam waktu singkat telah mencatatkan beberapa rekor. Albumnya “When We All Fall Asleep, Where Do We Go?” yang baru dirilis tahun ini saja sudah menembus 6 miliar pendengar, salah satu album yang paling banyak didengarkan tahun ini.

Penyanyi ketiga yang paling banyak didengar di Spotify adalah penyanyi dengan “siulan” nada tingginya sering disandingkan dengan Mariah Carey. Ariana Grande! Tahun ini, Ariana merilis albumnya “thank u, next”, membawanya sebagai artis nomor tiga teratas yang paling banyak didengar secara global. Ini tahun keduanya masuk ke dalam top 10 Spotify Wrapped. Lagunya “7 rings” juga masuk ke daftar 5 lagu teratas yang paling banyak didengar lho. Gak sampai situ aja, Ariana menjadi artis perempuan yang paling banyak didengar di dekade ini. Wow!

Lagu yang paling banyak diputar

Lagu yang paling banyak diputar
source: giphy.com
  1. “Señorita” – Shawn Mendes & Camila Cabello
  2. “bad guy” – Billie Eilish
  3. “Sunflower” – Post Malone, Swae Lee
  4. “7 rings” – Ariana Grande
  5. “Old Town Road – Remix” – Lil Nas X & Billy Ray Cyrus

Bangkitnya Podcast

Podcast tahun ini mengalami pertumbuhan yang pesat. Terlihat dari bermunculannya podcast baik podcast lokal maupun podcast luar negeri. Berdasarkan statistik yang dirilis Spotify, pendengar podcast meningkat lebih dari 50% dibanding awal tahun. Durasi waktu mendengarkan podcast juga meningkat 39% dari kuartal ke kuartal.

Dengerin podcast emang enak. Hanya tinggal siapin telinga, kamu bisa mendengarkannya di mana saja. Mau di ranjang, di kantor, di kamar mandi, di transportasi umum, ataupun di mobil, podcast jadi media yang mudah didengarkan terutama buat orang-orang yang sibuk dengan aktivitasnya. Genre podcast yang paling banyak diputar tahun ini adalah komedi. Wah melepas penat nih!

Baca Juga : Belajar Bahasa Inggris Lewat 5 Podcast di Kanal Ini

Fakta Menarik Lainnya

  • Artis yang paling banyak didengarkan dekade ini: Drake
  • Lagu yang paling banyak diputar dekade ini: “Shape of You” – Ed Sheeran
  • Lagu yang paling sering diputar meski tidak dirilis di dekade ini: “Bohemian Rhapsody” – Queen
  • Top breakout genre: Modern Bollywood, diikuti oleh Lo-fi beats
  • Zodiak yang paling aktif di Spotify: Scorpio
  • K-Pop band paling banyak di-streaming: BTS, menjadi grup K-Pop pertama yang melewati angka 5 miliar pendengar.
  • Mood yang paling banyak didengarkan dunia: feel good, lit, relax, happy, dan confident.

Bagaimana dengan di Indonesia

sumber : giphy.com

Selain merilis versi global, Spotify juga merilis playlist versi tiap negara, salah satunya Indonesia. Siapa saja yang masuk ke dalam daftar Top Artists?

Artis yang paling banyak diputar:

  1. BTS
  2. Alan Walker
  3. Ed Sheeran
  4. Tulus
  5. Fiersa Besari

Lagu yang paling banyak diputar:

  1. “Señorita” – Shawn Mendes & Camila Cabello
  2. “On My Way” – Alan Walker & Sabrina Carpenter
  3. “Cinta Luar Biasa” – Andmesh
  4. “I love You 3000” – Stephanie Poetri
  5. “Waktu yang Salah” – Fiersa Besari & Thantri

Artis Indonesia yang paling banyak diputar:

  1. Tulus
  2. Fiersa Besari
  3. Sheila on 7
  4. Andmesh
  5. Glenn Fredly

Grup musik paling banyak diputar:

  1. BTS
  2. BLACKPINK
  3. Sheila on 7
  4. Maroon 5
  5. Fourtwnty

Artis K-Pop yang paling banyak diputar:

  1. BTS
  2. BLACKPINK
  3. TWICE
  4. EXO
  5. Red Velvet

Ada penyanyi atau grup favoritmu gak? Siapa top artist-mu dan genre apa yang paling banyak kamu dengarkan? Kamu bisa cek semuanya di akun Spotify-mu ya!

Biar kamu bisa paham arti lagu-lagu paling populer ini, jangan lupa buat melatih kemampuan bahasa Inggrismu di Cakap. Oke?

Baca Juga:

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google