13 Instansi Wajib Syarat TOEFL untuk CPNS dan Minimal Skornya

syarat toefl cpns
7 Instansi Ini Wajibkan TOEFL sebagai Syarat Daftar CPNS, Apa Aja?

Sejumlah instansi mewajibkan pelamarnya untuk memiliki kemampuan bahasa Inggris yang dibuktikan dengan sertifikat TOEFL. Buat kamu yang belum familiar dengan istilah TOEFL silahkan bacar penjelasan berikut terlbih dahulu:

Oke. Kita Lanjut ya, Skor minimal TOEFL untuk CPNS tidak selalu sama, penentuan skor minimal bergantung pada apa yang sudah ditetapkan oleh masing-masing instansi.

Lalu, instansi apa saja kiranya yang mewajibkan TOEFL? Dan berapa skor TOEFL minimal yang menjadi standarnya? Berikut 7 instansi yang mewajibkan TOEFL sebagai syarat daftar CPNS.

Table of Contents

Apakah TOEFL wajib untuk CPNS 2023?

Berdasarkan informasi resmi, sertifikat TOEFL menjadi wajib di beberapa instansi. Para peserta yang mengikuti tersebut diwajibkan untuk melampirkan bukti dan memenuhi syarat minimal skor TOEFL tertentu yang ada pada instansi yang dipilih. Namun, hal ini tidak diwajibkan ke semua instansi. Instansi-instansi yang akan kami jelaskan berikutlah yang mewajibkan TOEFL untuk CPNS.

13 Instansi dengan Syarat TOEFL untuk CPNS

1. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)

Sejumlah formasi di Kementerian ESDM mewajibkan sertifikat TOEFL (Paper Based/ITP/TOEFL Prediction/TOEFL Like-Test) yang masih berlaku sebagai syarat daftar. Skor TOEFL minimal yang diterima adalah 450 atau setara dengan 133 pada Computer Based TOEFL, dan 45 pada Internet Based TOEFL.

2. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)

Kementerian PUPR memiliki banyak formasi yang menjadikan sertifikat TOEFL  sebagai syarat daftar. Sertifikat bahasa Inggris tersebut berlaku paling lama satu tahun dari tanggal pelaksanaan tes.

Rincian minimum skor TOEFL minimalnya adalah sebagai berikut:

  • TOEFL ITP minimal 450
  • TOEFL IBT minimal 53
 

3. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo)

Sertifikat dan tes TOEFL untuk CPNS juga diwajibkan oleh beberapa formasi di Kemenkominfo dengan syarat sertifikat TOEFL tersebut diambil dalam kurun waktu maksimal 2 tahun sejak diterbitkan. Pelamar untuk jabatan dengan kualifikasi pendidikan Sarjana (S1) dan Pascasarjana (S2) pada formasi umum, lulusan terbaik, dan penyandang disabilitas wajib menyertakan sertifikat bahasa Inggris dengan skor TOEFL minimal sebagai berikut:

  • TOEFL Prediction minimal skor 400
  • TOEFL IBT minimal skor 32
  • TOEFL ITP/PBT minimal skor 400
  • TOEFL CBT minimal skor 97

Persyaratan ini tidak berlaku bila formasi jabatan yang kamu pilih penempatanya berada di LPP TVRI dan LPP RRI

Belajar di Kelas Persiapan TOEFL Cakap, Raih Target Nilai TOEFL Kamu!

4. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA)

Semua jabatan di Kementerian PPPA mewajibkan Paper Based TOEFL/TOEFL ITP dengan skor TOEFL minimal 400 (setara dengan 133 pada Computer Based TOEFL, dan 45 pada Internet Based TOEFL).

Syarat ini tidak berlaku untuk pelamar penyandang disabilitas dan putra/putri Papua dan Papua Barat.

5. Kementerian Perindustrian

Kementerian Perindustrian membuka banyak formasi yang mewajibkan adanya sertifikat TOEFL. Persyaratan ini khususnya berlaku bagi para pelamar dengan jabatan guru, dosen, maupun jabatan yang penempatannya berada di Direktorat Jendral Ketahanan, Perwilayahan, dan Akses Industri Internasional. Skor minimal TOEFL CPNS yang berlaku di Kementerian Perindustrian dirincikan sebagai berikut:

  • TOEFL minimal 475 untuk formasi guru dan dosen
  • TOEFL minimal 500 untuk formasi di unit kerja Direktorat Jenderal Ketahanan, Perwilayahan, dan Akses Industri Internasional.
 

6. Kementerian Luar Negeri (Kemenlu)

Syarat skor Kemenlu lebih tinggi dari kementerian-kementerian lainnya. Khusus untuk Diplomat, skor TOEFL minimal adalah 550 untuk TOEFL PBT/ITP/EPT dan TOEFL Prediction. Sementara skor TOEFL Minimal untuk TOEFL IBT 80 dan TOEFL CBT minimal 214.

7. Arsip Nasional Republik Indonesia

Persayaratan adanya sertifikat TOEFL juga berlaku di Arsip Nasional Republik Indonesia. Tiap pelamar wajib memiliki sertifikat TOEFL dengan skor minimal 450 untuk dapat memenuhi syarat pendaftaran CPNS.

Selain ketujuh instansi tersebut, berikut tabel lengkap instansi yang memerlukan TOEFL untuk CPNS.

Nama Instansi
Minimal Skor TOEFL
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) 450
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) 450
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) 400
Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) 450
Kementerian Perindustrian 475 & 500
Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) 550
Arsip Nasional Republik Indonesia 450
Kementerian BUMN 400
Badan Koordinasi Penanaman Modal 450
Badan Kepegawaian Negara 450
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 400
Kejaksaan Republik Indonesia 450 – 500
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta 400

Cara Mendapatkan Sertifikat TOEFL untuk CPNS

Setelah mengetahui instansi mana saja yang mewajibkan sertifikat TOEFL sebagai syarat CPNS, sekarang waktunya kamu mengetahui bagaimana cara mendapatkan sertifikat TOEFL. Berikut beberapa cara lulus tes toefl yang perlu kamu lakukan:

Ambil Simulasi Tes TOEFL Gratis Sekarang Sebelum Ujian!

Mengikuti Kelas Persiapan TOEFL

Rata-rata nilai atau skor syarat TOEFL CPNS adalah 450 hingga 500 untuk TOEFL ITP/PBT. Nah, untuk mendapatkan skor tersebut, kamu perlu mengikuti kelas persiapan TOEFL di Cakap.

Dalam kelas persiapan TOEFL Cakap, kamu bisa belajar dengan metode dua arah di mana kamu dapat berinteraksi langsung dengan tutor melalui fitur video call. Dengan begitu, kamu bisa menguasai materi-materi yang diujikan dalam tes TOEFL.

Mendaftar Tes di Lembaga Terpercaya

Untuk mendapatkan sertifikat TOEFL tentunya kamu perlu mengikuti tesnya. Saat ini sudah ada lembaga-lembaga terpercaya yang menyediakan tes TOEFL dengan biaya relatif murah yakni Rp500.000. Kamu mencari informasi terkait lembaga-lembaga ini dengan mudah di internet.

Kamu mau daftar yang mana nih? Sudah punya sertifikat TOEFL? Kalau belum, kamu bisa belajar terlebih dahulu dengan mengikuti persiapan TOEFL atau Tes Simulasi TOEFL di Cakap. Jadi tahun depan kamu sudah siap deh untuk melamar CPNS di formasi yang kamu inginkan!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.