Sertifikat TOEFL, Persyaratan CPNS 2021 yang Wajib Dipenuhi

sertifikat TOEFL

Sertifikat TOEFL merupakan salah satu persyaratan CPNS 2021 yang wajib dipenuhi. Meski begitu, ternyata masih banyak yang belum mengetahui apa itu TOEFL dan bagaimana cara mendapatkannya. Oleh karena itu, berikut penjelasan mengenai sertifikat TOEFL untuk persyaratan CPNS 2021.

Daftar Isi Sertifikat TOEFL, Persyaratan CPNS 2021

Apa itu Sertifikat TOEFL?

source: giphy.com

Sertifikat TOEFL atau Test of English as Foreign Language adalah sebuah sertifikat yang membuktikan kecakapan keterampilan Bahasa Inggrismu. Sertifikat TOEFL biasanya diperuntukkan bagi negara-negara yang tidak menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa utama.

Menurut ETS (English Test Service), masa berlaku sertifikat TOEFL yang diakui oleh dunia adalah dua tahun. Jadi, selama dua tahun kamu bisa mengikut kursus Bahasa Inggris agar skor di sertifikat TOEFL kamu bisa meningkat. 

Tiga Jenis Sertifikat TOEFL

Untuk mendapatkan sertifikat TOEFL, tentunya kamu perlu mengikuti tesnya. Ada tiga jenis tes TOEFL yang dikeluarkan oleh ETS, diantaranya:

TOEFL PBT (Paper Based Test)

TOEFL PBT adalah jenis tes yang pertama kali dikeluarkan oleh ETS di mana kertas digunakan sebagai alat tes. Ada tiga bagian yang diuji dalam TOEFL PBT yaitu TOEFL Listening, TOEFL Structure, dan TOEFL Reading. Rentang skor TOEFL PBT adalah 217 sampai 677.

TOEFL CBT (Computer Based Test)

TOEFL CBT adalah jenis kedua TOEFL yang masih jarang dipakai di Indonesia. Materi yang diujikan adalah Listening, Structure, Reading, dan Writing dengan rentang skor 0-300 dan durasi yang tidak berbeda dengan jenis pertama.

TOEFL IBT (Internet Based Test)

TOEFL IBT adalah jenis tes paling baru yang dikeluarkan oleh ETS. Materi yang diujikan tidak berbeda dengan jenis sebelumnya. Perbedaannya adalah durasinya yaitu sekitar 4 jam dan rentang skornya yaitu 0-120.

Genjot Skor TOEFL Kamu dengan Ikut Kelas Persiapan TOEFL di Cakap

Kenapa Harus Mendapatkan Sertifikat TOEFL?

source: giphy.com

Kamu harus mendapatkan sertifikat TOEFL karena sertifikat TOEFL merupakan salah satu persyaratan CPNS 2021 di beberapa instansi yang wajib dipenuhi. Dengan proses seleksi yang ketat, tentunya kamu harus lulus tes toefl dan memenuhi seluruh syarat yang telah ditentukan.

Pada tahun 2019, ada beberapa instansi yang mewajibkan sertifikat TOEFL sebagai syarat pendaftaran. Ada kemungkinan besar instansi-instansi ini kembali mewajibkan sertifikat TOEFL. Kira-kira ada instansi incaranmu? Coba cek di bawah ini.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)

50 formasi di Kementerian ESDM mewajibkan sertifikat TOEFL (Paper Based/ITP/TOEFL Prediction/TOEFL Like-Test) yang masih berlaku sebagai syarat daftar. Skor toefl minimal yang diterima adalah 450 atau setara dengan 133 pada Computer Based TOEFL, dan 45 pada Internet Based TOEFL.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)

Sejumlah 1.048 formasi di Kementerian PUPR memiliki syarat melampirkan sertifikat TOEFL paling lama satu tahun dari tanggal pelaksanaan tes. Skor minimal yang diterima adalah 450 untuk TOEFL ITP/PBT dan 53 untuk TOEFL iBT.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo)

Pelamar untuk jabatan dengan kualifikasi pendidikan Sarjana (S1) dan Pascasarjana (S2) pada formasi umum, lulusan terbaik, dan penyandang disabilitas wajib menyertakan sertifikat TOEFL PBT dengan skor minimal 450.

Yuk, Cari Tahu 5 Instansi Lain yang Mewajibkan Sertifikat TOEFL

Bagaimana Cara Mendapatkan Sertifikat TOEFL?

source: giphy.com

Setelah mengetahui instansi mana saja yang mewajibkan sertifikat TOEFL sebagai persyaratan CPNS 2021, sekarang waktunya kamu mengetahui bagaimana cara mendapatkan sertifikat TOEFL. Berikut beberapa cara lulus tes toefl yang perlu kamu lakukan:

Mengikuti Kelas Persiapan TOEFL

Rata-rata nilai atau skor TOEFL dalam persyaratan CPNS adalah 450 hingga 500 untuk TOEFL ITP/PBT. Nah, untuk mendapatkan skor tersebut, kamu perlu mengikuti kelas persiapan TOEFL di Cakap.

Dalam kelas persiapan TOEFL Cakap, kamu bisa belajar dengan metode dua arah di mana kamu dapat berinteraksi langsung dengan tutor melalui fitur video call. Dengan begitu, kamu bisa menguasai materi-materi yang diujikan dalam tes TOEFL.

Mendaftar Tes di Lembaga Terpercaya

Untuk mendapatkan sertifikat TOEFL tentunya kamu perlu mengikuti tesnya. Saat ini sudah ada lembaga-lembaga terpercaya yang menyediakan tes TOEFL dengan biaya relatif murah yakni Rp500.000. Kamu mencari informasi terkait lembaga-lembaga ini dengan mudah di internet.

Itu dia penjelasan mengenai sertifikat TOEFL yang menjadi persyaratan CPNS 2021. Genjot skor TOEFL kamu dengan mengikuti kelas persiapan TOEFL di Cakap. Dengan begitu, kamu bisa lebih siap ketika mengerjakan soal tes TOEFL. Yuk, coba sekarang, gratis!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks