Selain Beijing, Ini 4 Kota yang Harus Dikunjungi di Cina

Chinese Temple

Cina merupakan negara yang begitu luas dengan budaya dan alam yang begitu beragam. Maka tak heran jika sudah beberapa kali ke sana, tapi kok rasanya masih ada saja yang belum didatangi.

Salah satu kota yang paling banyak dikenal orang adalah Beijing. Wajar, kota tersebut merupakan ibukota Negeri Panda. Tapi sebenarnya, ada banyak lho kota-kota lainnya yang menyimpan keindahan yang tak kalah menariknya dengan Beijing.

Untuk kamu yang berencana untuk pergi ke Cina, boleh nih dicatat untuk membantu kamu memilih destinasi wisata! Berikut rekomendasi 4 kota indah yang wajib kamu kunjungi saat berpergian ke China.

Guǎng zhōu (广州)

Guǎng zhōu (广州) source: giphy.com

Salah satu dari 3 kota terbesar di Cina, Guanzhou menjadi pilihan destinasi wisata yang populer di kalangan para pelancong karena sistem transportasinya yang nyaman. Guangzhou juga punya julukan yaitu “The City of Ram”. Dengan budaya daerahnya yang kuat, sejarah yang panjang, serta legenda indah yang masih kental, tak heran Guangzhou menjadi favorit banyak turis.

Apa saja yang bisa dikunjungi di Guangzhou? Ada banyak sekali! Ada Kuil Keluarga Chen, salah satu situs bersejarah yang paling populer di Guangzhou. Di kuil ini, kamu bisa melihat-lihat arsitektur rakyat Guangdong yang luar biasa indah.

Selain itu, ada juga Canton Tower yang hingga kini masih menjadi salah satu bangunan tertinggi di Cina. Yang membuat menara ini menarik adalah desainnya yang eksotis dan unik. Di malam hari, menara ini akan menyala berwarna pelangi di tengah hiruk pikuk kota. Dari dalam gedung, pengunjung bisa menikmati keindahan kota Guangzhou.

Háng zhōu (杭州)

Háng zhōu (杭州) source: giphy.com

Kota yang dipilih menjadi tuan rumah Asian Games 2022 nanti. Kamu pecinta teh? Berarti kota Hangzhou wajib kamu kunjungi. Teh dari kota ini merupakan terkenal sudah mendunia dan menjadi daya tarik wisatawan. Di mana bisa mencicipi teh khasnya dengan cara tradisional? Anda bisa berkunjung ke National Tea Museum, atau melihat perkebunan teh di kawasan West Lake.

Tak hanya itu, Hangzhou juga menyimpan pemandangan yang memanjakan mata, ragam budaya dan tempat bersejarah. Jika ke sana, jangan lupa pula untuk menyusuri The Grand Canal, kanal kuno terpanjang di dunia dengan usia lebih dari 2.000 tahun yang membentang dari Hangzhou hingga Beijing.

Shēn zhèn (深圳)

Shēn zhèn (深圳) source: giphy.com

Kalau dibandingkan kota-kota lainnya, meman Shenzhen tidak terlalu populer sehingga sering dilewatkan oleh banyak turis. Namun, kota ini populer lho di kalangan wisatawan lokal! Salah satunya adalah karena Shenzhen menjadi kota yang menghubungkan Cina dengan Hong Kong. Jadi bisa banget tuh kalau kamu mau lanjut ke Hong Kong, mampir dulu ke kota ini!

Aktivitas apa aja yang bisa dilakukan di Shenzhen? Kalau kamu hobi belanja, Shenzhen bakalan jadi surga buat kamu. Ada banyak tempat belanja terkenal yang bisa kamu kunjungi seperti Luohu Commercial City dan Dongmen Shopping Street.

Mau merasakan asyiknya keliling dunia? Gak perlu jauh-jauh, di Shenzhen ada Window of the World yang menampilkan sebanyak 130 replika destinasi wisata ternama di dunia. Ada Menara Eiffel, Colosseum, Pisa, Winter Palace, Opera House, Istana Gyeongbok, hingga Borobudur.

Shàng hǎi (上海)

Shàng hǎi (上海) source: giphy.com

Ini dia kota terbesar di Cina yang juga sering disebut sebagai New York-nya Cina. Sebagai pusat ekonomi dan bisnis, Shanghai merupakan kota yang begitu sibuk, dipenuhi gedung-gedung pencakar langit. Kalau kamu suka foto-foto kekinian ala street style, cocok banget nih!

Saat malam, gedung-gedung megah nan tinggi menjadi pemandangan yang elok untuk dinikmati. Atraksi turis lain yang bisa kamu kunjungi adalah wisata kapal pesiar di Sungai Huangpu. Dengan biaya mulai dari 100 yuan (sekitar 200 ribu), kamu bisa menikmati sungai dari atas kapal sambil memotret kecantikan sudut-sudut kota.

Mau foto-foto cantik dan fancy? Kamu bisa ke kawasan Shanghai French Concession. Ada banyak kafe-kafe cantik di ruas jalan yang membuat kamu serasa sedang di Eropa. Banyak jugayang menyebut kawasan ini sebaga Little France versi Cina.

Nah itu dia kota-kota yang sayang banget kalau kamu lewatkan saat jalan-jalan ke Cina. Udah gak bingung lagi dong? Sekarang tinggal kamu pilih deh yang mana yang mau kamu kunjungi duluan!

Biar gak nyasar, pelajari dulu cara menyebut nama kota-kota di atas disini. Kamu juga bisa mengasah kemampuan bahasa Mandarinmu di Kelas Bahasa Mandarinnya Cakap. Jadi pas di sana, kamu bisa makin merasakan nuansa Negeri Tirai Bambu. Mantap!

Baca Juga:

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google