Moms, Tau Apa itu Sekolah Ramah Anak?

sekolah ramah anak

Sekolah bukan hanya tempat si kecil menempuh pendidikan, namun juga tempat ia bertumbuh dan berkembang. Sebab, sebagian besar waktu si kecil dihabiskan untuk bersekolah. Oleh karena itu, penting rasanya bagi parents untuk memilih sekolah yang aman dan nyaman untuk anak.

Meskipun sekolah identik sebagai tempat yang menyenangkan, namun nyatanya masih ada sederet kasus bullying yang terjadi di sekolah. Dilansir dari Panduan Sekolah Ramah Anak, Data KPAI menunjukkan bahwa sebanyak 10% kasus kekerasan di sekolah dilakukan oleh guru.

Nah, Sekolah Ramah Anak adalah program pemerintah yang menjamin agar tidak ada kekerasan di sekolah. Namun, program ini tergolong baru sehingga masih ada parents yang belum mengetahui sebenarnya apa itu Sekolah Ramah Anak.

Pengertian Sekolah Ramah Anak

source: giphy.com

Dilansir dari Panduan Sekolah Ramah Anak yang dikeluarkan oleh Kemenpppa, Sekolah Ramah Anak adalah program untuk mewujudkan kondisi aman, bersih, sehat, peduli, dan berbudaya lingkungan hidup, yang mampu menjamin pemenuhan hak dan perlindungan anak dari kekerasan, diskriminasi, dan perlakuan salah lainnya, selama anak berada di satuan pendidikan, serta mendukung partisipasi anak terutama dalam perencanaan, kebijakan, pembelajaran dan pengawasan.

Jadi, Sekolah Ramah Anak maksudnya bukan membentuk sekolah baru. Melainkan mengkondisikan sebuah sekolah menjadi nyaman bagi anak. Ada beberapa prinsip yang mendasari pembentukan Sekolah Ramah Anak, antara lain:

1. Non diskriminasi

Prinsip ini tujuannya adalah menjamin kesempatan agar setiap anak dapat menikmati hak anak untuk pendidikan tanpa diskriminasi berdasarkan disabilitas, gender, suku bangsa, agama, dan latar belakang orang tua.

2. Kepentingan Terbaik bagi Anak

Menjadi pertimbangan utama ketika pengelola dan penyelanggara pendidikan mengambil keputusan yang berkaitan dengan anak didik.

3. Hidup, Kelangsungan Hidup, dan Perkembangan

Menciptakan lingkungan yang menghormati martabat anak dan menjamin pengembangan untuk setiap anak.

4. Penghormatan terhadap Anak

Penghormatan hak anak untuk mengekspresikan pandangan dalam segala hal yang mempengaruhi anak di lingkungan sekolah

5. Pengelolaan yang Baik

Menjamin transparansi, akuntabilitas, partisipasi, keterbukaan informasi di satuan pendidikan.

Nah, parents harus memastikan kalau sekolahnya si kecil telah mengimplementasikan program Sekolah Ramah sehingga hak anak di sekolah bisa terjamin. Tapi, apakah parents udah tau hak anak di sekolah? Kalau belum simak di bawah ini!

Anak Jadi Lebih Kreatif dengan Belajar Bahasa Inggris. Yuk Ajak Gabung Cakap!

Hak Anak di Sekolah

source: giphy.com

Tidak hanya di rumah, anak juga memiliki hak di sekolah. Berikut ini beberapa hak anak di sekolah:

Hak untuk Mendapat Materi

Si kecil berhak untuk mendapatkan materi pelajaran dari gurunya di sekolah. Namun terkadang ada beberapa guru yang mangkir dari pekerjaannya. Nah, si kecil berhak untuk meminta pertanggung jawaban guru kalau ada kejadian seperti ini.

Hak untuk Bertanya

Bertanya merupakan salah satu bentuk partisipasi murid di sekolah. Si kecil memiliki hak ini lho, Parents. Saat ada materi pelajaran yang kurang ia pahami, si kecil berhak untuk bertanya pada guru.

Hak atas Perlindungan dan Keamanan

Sekolah seharusnya menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi si kecil untuk belajar. Maka, parents harus pastikan apakah si kecil mendapatkan rasa aman ketika ia berada di sekolah.

Selain hak, anak juga memiliki kewajiban. Salah satu kewajiban anak di sekolah adalah belajar sehingga ia menjadi anak yang cerdas dan kritis. Namun begitu, belajar di sekolah aja tidak cukup untuk mengembangkan potensi dirinya.

Parents perlu ajak si kecil untuk mengembangkan bakatnya dengan gabung kursus bahasa Inggris anak di Cakap. Dengan kurikulum cambridge, bakat anak pasti akan berkembang. Selain itu, si kecil bisa belajar di rumah. Jadi, parents gak perlu khawatir deh!

Baca Juga:

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google