Sejarah Sumpah Pemuda: Salah Satu Momen Penting yang Menyatukan Bangsa

sejarah sumpah pemuda

Sumpah Pemuda merupakan salah satu momen bersejarah di Indonesia yang keberadaannya mampu menyulut semangat persatuan bangsa. Peristiwa Sumpah Pemuda yang terjadi tepat pada tanggal 28 Oktober 1928  memiliki sejarah dan perjalanan yang cukup panjang. Sejarah Sumpah Pemuda lahir dalam sebuah kongres bernama Kongres Pemuda II yang diadakan di Batavia (nama yang sekarang dikenal dengan Jakarta). 

Kongres Pemuda II merupakan lanjutan dari Kongres Pemuda I. Kongres tersebut diadakan oleh para pemuda Indonesia dengan tujuan untuk menumbuhkan rasa nasionalisme bangsa. Lalu apa yang terjadi selanjtunya?

Momen Tercetusnya Peristiwa Sumpah Pemuda

Sejarah Sumpah Pemuda bermula dari adanya kesadaran para pemuda yang ingin bersatu melawan para penjajah. Para pemuda Indonesia dari berbagai wilayah kemudian mulai membentuk sebuah perkumpulan. 

Hal baik yang menjadi langkah lanjutan terbentuknya peristiwa Sumpah Pemuda adalah kongres yang dibuat oleh para kumpulan pemuda-pemudi Indonesia. Kongres pertama berhasil dibuat dan dihadiri oleh perwakilan putra-putri daerah. Kongres ini bertujuan untuk mempersatukan dan mempererat hubungan antarbangsa. Namun, Kongres Pemuda I dirasa belum cukup kuat dan belum berhasil mencapai tujuan. Sehingga setelahnya, terciptalah Kongres Pemuda II, di sinilah peristiwa Sumpah Pemuda akhirnya diikrarkan.

Peran penting terbentuknya Kongres Pemuda II diinisiasi oleh Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI) yang berinisiatif untuk mengadakan kongres lanjutan dari kongres pertama. 

Lahirnya Sumpah Pemuda

Pada saat itu, PPPI berinisiatif untuk mengadakan Kongres Pemuda II di tiga gedung berbeda dalam tiga kali rapat. Kongres Pemuda II ini berlangsung pada tanggal 27 sampai dengan tanggal 28 Oktober 1928.

Rapat pertama diadakan pada hari Sabtu 27 Oktober 1928 bertempat di Gedung Katholieke Jongelingen Bond (KJB). Pada rapat tersebut, sang tokoh penting Sumpah Pemuda, Mohammad Yamin memberikan pidatonya tentang lima faktor yang dapat mempersatukan bangsa Indonesia, yaitu sejarah, bahasa, pendidikan, hukum adat, dan kemauan.

Rapat Kedua diadakan berselang satu hari dari rapat pertama, yaitu pada hari Minggu tanggal 28 Oktober 1928. Bertempatkan di Gedung Oost Java Bioscoop membahas mengenai pendidikan. Bagaimana semestinya pendidikan haruslah seimbang antara pendidikan sekolah dan pendidikan di rumah.

Rapat Ketiga berlangsung di hari yang sama dengan rapat kedua, yaitu hari Minggu tanggal 28 Oktober 1928. Namun, meskipun berada di hari yang sama, rapat ini diadakan di tempat yang berbeda, yaitu di Gedung Indonesische Clubhuis, Jalan Kramat Raya 106 (gedung tersebut sekarang dikenal dengan Gedung Sumpah Pemuda). Rapat ketiga ini, membahas dan menjelaskan mengenai nasionalisme dan demokrasi. 

Setelah melalui proses dan rangkaian rapat yang cukup panjang, dalam rapat terakhirlah Sumpah Pemuda akhirnya berhasil digagaskan, diciptakan, dan diikrarkan bersama-sama oleh para pemuda-pemudi Indonesia pada saat itu.  

Isi Teks Sumpah Pemuda

Hal lain yang tidak kalah penting dari mengetahui sejarah lahirnya Hari Sumpah Pemuda adalah isi teks yang diikrarkan. Ada tiga hal yang menjadi poin-poin utama dalam ikrar Sumpah Pemuda, yaitu tanah air, bangsa, dan bahasa yang satu, Indonesia. Berikut rumusan yang diucapkan sebagai sumpah setia para pemuda Indonesia yang isinya tertuang dalam Sumpah Pemuda.

Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia.

Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia

Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Sejarah Sumpah Pemuda dan isi teks yang diikrarkan menjadi salah satu perjalanan yang membawa bangsa Indonesia dalam persatuan dan kesatuan. 

Untuk turut memeriahkan, kamu bisa mengadakan beberapa kegiatan bermanfaat di Hari Sumpah Pemuda tahun ini. Melakukan berbagai kegiatan positif dan bermanfaat dapat meningkatkan produktivitas dan membantumu menemukan skill-skill baru. Yuk gali dan kembangkan potensi dari skill-skill yang kamu miliki melalui Cakap Upskill. Akan ada banyak hal baru yang bisa kamu temukan di sana!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks