Sejarah Diskon dan Pengaruhnya Pada Kenaikan Nilai Mata Uang Dunia Yang Perlu Anda Tahu

sejarah diskon - cakap

Berbicara tentang diskon, tentu istilah yang satu ini sudah bukan merupakan istilah asing di telinga anda. Apalagi untuk anda yang sangat hobi belanja. Lantas tahukah Anda bagaimana asal mula sejarah diskon itu ada? Dan bagaimana hubungan diskon dengan mata uang dunia

Tak dapat dipungkiri semua orang pasti menyukai yang namanya diskon. Dengan adanya diskon maka pengeluaran untuk belanja anda bisa lebih hemat karena adanya harga yang lebih terjangkau. Dengan begitu banyak orang yang mengatakan bahwa diskon merupakan suatu kebutuhan berharga saat berbelanja apa saja.

Definisi dan Sejarah Diskon

Diskon merupakan sebuah metode potongan harga atau mengurangi harga suatu barang dari harga awalnya menjadi lebih murah. Istilah diskon ini sudah dikenal sejak lama sekitar tahun 1887.  Pencipta adanya diskon pertama kalinya adalah sebuah perusahaan Coca-Cola. Tepatnya orang yang menciptakan ide adanya diskon harga ini adalah pimpinan atau pendiri dari perusahaan Coca-Cola itu sendiri yang tak lain adalah Asa Candler.

Awalnya, diskon yang diberikan atau diciptakan oleh Asa Candler ini adalah sebuah ide untuk melakukan promosi penjualan perusahaannya. Awalnya teknik promosi ini dilakukan dengan cara yang sangat sederhana. Yakni hanya dengan membagikan sebuah selebaran bertulis tangan yang merupakan voucher diskon Coca-Cola seharga 5 sen, yang mana harga ini lebih murah dari harga awal Coca-Cola itu sendiri.

Teknik promosi ini pun dinilai berhasil dengan bukti Coca-Cola yang sudah menguasai pasar penjualan dunia. Namun tentu saja diskon harga Coca-Cola tersebut disesuaikan dengan nilai mata uang dunia masing-masing negara. Ditahun-tahun berikutnya sekitar tahun 1900-an, kebijakan atau teknik promosi dengan menggunakan diskon ini tidak hanya merambah dari perusahaan minuman Coca-Cola saja akan tetapi juga sudah mulai digunakan oleh perusahaan sereal. dapat dipungkiri adanya teknik promosi dengan menggunakan kupon diskon tersebut akhirnya menjadi lebih besar lagi perkembangannya. Apalagi di saat dunia mengalami krisis ekonomi global di tahun 1930, penerapan kupon diskon untuk promosi menjadi sangat berhasil.

Sepuluh tahun kemudian, sudah ada banyak sekali pusat belanja yang menggunakan teknik penjualan menggunakan diskon tersebut. Tak dapat dipungkiri dengan adanya ide brillian dari seorang Asa Candler tersebut, sudah ada banyak sekali perusahaan yang akhirnya sangat diuntungkan dalam kemajuan penjualannya. 

Keuntungan Adanya Diskon Dan Hubungannya Dengan Kenaikan Nilai Mata Uang Dunia

Setelah tahu sejarah diskon yang telah dijelaskan di atas maka kini anda semakin tahu bahwa diskon yang saat ini banyak dinikmati masyarakat merupakan hasil ide brilian dari sebuah perusahaan minuman kecil yang efeknya sungguh luar biasa besar bagi dunia penjual sejak dulu hingga sekarang. 

Dan yang terpenting, tentu sebagai konsumen anda juga merasa sangat diuntungkan dengan adanya diskon harga tersebut bukan? Lantas tahukah ada apa saja keuntungan yang bisa didapatkan dengan adanya diskon harga tersebut?

  1. Dari pihak penjual tentu dengan adanya diskon yang diberikan ini akan menaikkan level penjualan barang yang ada. Hal ini karena akan semakin banyak orang yang tertarik untuk belanja pada si penjual tersebut. Meskipun secara keseluruhan, laba akan berkurang dalam setiap satuan barang, akan tetapi dengan banyaknya barang yang terjual hal itu tetap akan menguntungkan penjual. 
  2. Bagi pembeli sudah tidak perlu diragukan lagi. Tentu dengan adanya diskon akan sangat menguntungkan pembeli. Pembeli bisa lebih menghemat pengeluaran belanja. Dan juga bisa mendapatkan barang sesuai dengan yang diinginkan. 
  3. Menstabilkan keadaan ekonomi dunia. Mata uang dunia memiliki skala yang berbeda-beda dalam kenaikan dan penurunannya. Dengan adanya metode diskon pada setiap penjualan yang ada maka sudah jelas hal tersebut akan membantu menyeimbangkan kenaikan harga barang akibat krisis ekonomi global. 

Faktanya, dengan adanya diskon semua pihak akan saling menguntungkan. Baik dari pihak pembeli, penjual, maupun nilai ekonomi suatu negara itu sendiri. Dengan begitu bisa dikatakan bahwa diskon menjadi suatu teknik penjualan yang akan sangat dibutuhkan bagi banyak jenis perusahaan penjualan yang ada saat ini.

Membahas tentang diskon, tentu saja di Cakap kamu juga bisa menikmati diskon atau potongan khusus untuk kursus bahasa asing seperti Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin, dan Bahasa Jepang. Kamu bisa langsung cek disini dan bebas memilih paket yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google