Santa Claus Beneran Ada? Simak 7 Faktanya!

santa claus

Siapa yang tidak familiar dengan sosok lelaki berpakaian serba merah dan janggut putih yang identik dengan natal, Santa Claus. Tokoh ini diceritakan sebagai lelaki gemuk yang selalu membagikan hadiah kepada anak-anak pada malam natal. Tahukah kamu bahwa Santa Claus atau Sinterklas bukan hanya sekadar dongeng? Simak fakta mengenai Santa Claus berikut ini!

1. Telah melegenda selama dua abad

Photo by Lynda Hinton on Unsplash

Kisah tentang Santa Claus termasuk legenda populer yang sudah beredar dalam banyak versi di berbagai negara dunia selama 200 tahun. Bagaimanapun gambaran sosok Santa Claus yang dikisahkan, ia selalu menjadi sosok yang dermawan dan pecinta anak-anak. 

2. Berdasarkan tokoh dunia nyata

Photo by Mike Arney on Unsplash

Sejarah Santa Claus dimulai dari kisah seorang Uskup di Turki bernama Saint Nicholas yang dikenal sebagai sosok yang dermawan. Ia kerap mendatangi rumah anak-anak pada malam hari untuk memberi hadiah dan kemudian menghilang. 

3. Namanya berasal dari Belanda

Photo by CHUTTERSNAP on Unsplash

Bangsa Belanda termasuk bangsa yang mempulerkan kisah Saint Nicholas sebagai uskup yang kerap memberi hadiah di malam natal. Nama Santa Claus sendiri diambil dari bahasa Belanda untuk Saint Nicholas yaitu Sinterklaas. 

4. Kisah dibalik penggambaran sosok Santa Claus

Photo by Srikanta H. U on Unsplash

Pada tahun 1890, Washington Irving menulis sebuah buku satire yang berjudul A History of New York. Dalam buku ini Santa Claus tidak lagi dikisahkan sebagai seorang uskup kurus melainkan pria gemuk dengan janggut dan rokok pipa. 

5. Puisi “The Night Before Christmas”

Photo by Cris DiNoto on Unsplash

Pada tahun 1822 seseorang bernama Clement Clarke Moore menulis sebuah puisi yang disebut “A Visit From St. Nicholas”. Dalam puisi tersebut Santa Claus disebut menunggangi kereta luncur yang ditunggangi oleh 8 rusa kutub terbang. 

6. Awal mula surat untuk Santa Claus

Photo by Ella de Kross on Unsplash

Salah satu tradisi natal yang populer di banyak negara adalah mengirim surat kepada Santa. Sebuah lukisan di Harper’s Weekly pada tahun 1871 diduga menjadi asal mula ide populer tersebut. Kutub Utara pun mulai dijadikan alamatnya sejak tahun 1886 karena sebuah ilustrasi. 

7. Santa Claus sebagai media pemasaran

Photo by Anderson W Rangel on Unsplash

Pada tahun 1841, sebuah toko di Philadelphia menawarkan kesempatan untuk melihat Santa secara nyata yang menarik banyak konsumen. Sejak saat ini mulai banyak toko yang menawarkan hal serupa untuk menarik pengunjung, terutama anak-anak. 

Kisah Santa Claus sangat populer terutama dalam keluarga yang telah memiliki anak-anak hingga saat ini. Santa Claus pun menjadi sosok legenda yang identik dengan nostalgia masa kecil bagi banyak orang yang sudah beranjak dewasa. 

Baca juga: 

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks