Rendang, Makanan Asal Indonesia yang Mendunia

sejarah rendang

Ketika jam makan siang, rendang pasti menjadi salah satu opsi kamu untuk kamu santap. Selain mudah menemukan menu ini di setiap sisi jalanan, rendang juga memiliki rasa yang khas yang susah dilupakan. Sepertinya tidak ada satu orang pun yang tidak menyukai rendang. Bagi semua orang juga, rendang adalah makanan spesial yang bisa merubah mood kamu jadi menyenangkan. Lalu, kenapa rendang bisa begitu spesial bagi semua orang dan apa penyebabnya, simak ulasannya berikut ini;

Asal Usul Rendang

asal-usul-rendang source: giphy.com

Rendang berbahan dasar daging dengan cita rasa pedas yang menggunakan campuran dari berbagai bumbu dan rempah-rempah. Dimasak dengan dipanaskan berulang-ulang dalam api yang kecil dan santan kelapa selama kurang lebih 8 jam hingga kering dan berwarna coklat kehitaman. Nah, jika kamu melihat makanan serupa rendang namun santannya belum mengering, makanan tersebut bukan rendang, melainkan kalio. Banyak sekali dugaan mengenai asal usul rendang, salah satunya pada jurnal “Rendang: The Treasure of Minangkabau” yang ditulis oleh Muthia Nurmufid dan kawan-kawan menyebutkan bahwa rendang dipengaruhi oleh masakan India yang memiliki banyak rempah, hanya saja masyarakat minang memasaknya berulang-ulang kali hingga airnya hilang. Sesuai dengan namanya, rendang memiliki asal usul dengan bahasa minang yaitu ‘merandang’ yang artinya lambat. Proses memasak yang memakan waktu lama hingga tidak adanya cairan pada masakan membuat masakan ini menjadi nama Rendang. Dalam tradisi minangkabau lekat kaitannya dengan banyak kuliner, terlebih rendang yang dianggap sebagai makanan kehormatan dalam acara adat seperti perayaan adat, pernikahan dan acara penting lainnya. Bagi masyarakat Minang, Rendang memilik filosofi yang memiliki arti Kesabaran, Kebijakan dan Ketekunan. Tentunya Rendang, menjadi kebanggaan masyarakat minang dimana pun mereka berpijak, rendang juga menjadi identitas sebagai makanan khas Indonesia di mata dunia.

Kenapa Rendang ada Dimana-mana

asal-usul-rendang source: giphy.com

Pernah berpikir kenapa selalu ada rendang dimana pun kita pergi, di setiap sisi jalan dalam pusat pertokoan? Berdasarkan jurnal yang sama tadi, orang minang senangkali berpergian jauh, atau merantau untuk berdagang atau melakukan kegiatan lainnya. Sebagai makanan yang menjadi kebanggaan mereka, rendang selalu mereka bawa sebagai tradisi adatnya. Selain rasanya yang enak, rendang juga tahan lama dibanding makanan lainnya. Melihat kebiasaan tersebut, masyarakat asli yang didatangi oleh orang minang senang dengan rendang dan akhirnya orang-orang yang memiliki keahlian memasak rendang melihat ini sebagai usaha yang bisa dikembangkan. Jadilah banyak rumah makan nasi padang di Indonesia bahkan hingga ke malaysia dan Singapura.

Rendang di Malaysia dan Singapura berbeda dengan yang ada di tradisi minangkabau, disana rendang masih menyisakan sisa kuah santan atau yang disebut kalio oleh orang minang. Kebanyakan masakan khas melayu memang banyak menggunakan kari sehingga rendang menyesuaikan dengan selera warga wilayah setempat.

Alasan Rendang Terkenal di Dunia

rendang-terkenal-di-dunia source: giphy.com

Tahun 2017 lalu, rendang menjadi makanan paling enak nomor satu sedunia menurut voting pembaca internasional CNN  Dalam berita tersebut memuat 50 makanan terenak di dunia dan rendang menjadi pilihan makanan yang paling disukai banyak orang. Menurut para pembaca rendang memiliki rasa yang khas, dengan daging yang empuk namun tidak mudah hancur. Terlebih resep yang diperlukan sangat simple meski memasaknya dalam waktu yang lama. Alasan tersebutlah yang membuat rendang banyak digemari orang, dan jangan lupa kalau rendang mampu bertahan lama. Masakan rendang yang terkenal membuat beberapa negara juga menyajikan seperti malaysia, bahkan sempat berseteru dengan indonesia mengenai asal muasal rendang. Ketika istana negara sedang menerima kunjungan dari negara lain, rendang sering disajikan untuk para tamu. Banyak sekali ulasan food bloger dunia yang membahas rendang, salah satunya Mark Wiens. Menurutnya Mark Wiens dalam blognya migrationology, mengatakan bahwa “Rendang is truly an outstandingly delicious Indonesian food.” Dia juga paham bahwa rendang yang otentik ada di Indonesia yang kering  dan tidak ada kuah santan. Respon pembaca dari blognya pun banyak yang setuju dengan pendapat Mark Wiens bahwa Rendang adalah sajian makanan terenak di dunia.

Rendang sangat khas bagi siapa pun yang mengkonsumsinya. Kamu akan menjadi orang yang rugi jika sampai sekarang belum pernah menyicipi rendang. Makanan yang menjadi salah satu identitas Indonesia khususnya orang minangkabau. Kita juga harus bangga dengan rendang karena menjadi salah satu favorit makanan dunia dan kita juga harus tetap melestarikan salah satu warisan budaya itangible Indonesia yaitu rendang. Yuk mulai sekarang kita kurangi mengkonsumsi fastfood dan pergi ke rumah makan padang untuk membeli seporsi nasi rendang yang enak.

Baca Juga:

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google