Ingin Cantik Seperti Wanita Tiongkok? Ini 5 Rahasianya!

Ingin Cantik Seperti Wanita Tiongkok? Ini 5 Rahasianya!

Wanita Tiongkok telah dipuja karena kulit mereka yang sempurna selama ribuan tahun. Mungkin tidak mengejutkan bahwa mereka menganggap bahwa perawatan kulit adalah hal yang serius. Bahkan sampai hari ini mereka masih melakukan beberapa kebiasaan kecantikan abadi ini. Budaya Mandarin tak hanya sebatas seni dan bahasa Mandarin tapi juga mencakup kebiasaan-kebiasaan yang telah dilakukan selama ribuan tahun.

Tiongkok juga terkenal akan pengobatan herbal yang sudah dilakukan selama ribuan tahun. Pengobatan herbal ini tak hanya untuk kesehatan tapi juga untuk kecantikan. Berbagai perawatan kulit alami menjadi kunci kecantikan wanita Tiongkok selama berabad-abad. Apa saja hal yang menjadi perawatan kunci wanita Tiongkok agar tetap cantik?

Air beras

Ingin Cantik Seperti Wanita Tiongkok? Ini 5 Rahasianya!
sumber: bombisgroup.com

Selama berabad-abad, wanita di Tiongkok telah menggunakan air beras untuk mengencangkan kulit mereka. Untuk membuat air beras, kamu cukup merendam beras yang tidak dipoles dalam air sampai airnya terlihat putih seperti susu. Celupkan bola kapas ke dalam air dan oleskan ke wajahmu.

Bukan hal yang aneh bagi wanita dan pria Tionghoa dan Korea untuk membersihkan wajah mereka menggunakan air beras, seperti tradisi yang diturunkan dari generasi sebelumnya. Air beras memiliki manfaat mencerah dan anti-inflamasi, dan beberapa juga mengeklaim dapat membantu meratakan tekstur kulit dan meningkatkan kekencangan kulit.

Teh

Ingin Cantik Seperti Wanita Tiongkok? Ini 5 Rahasianya!
sumber: giphy

The putih, the hijau, dan the oolong dipercaya dapat mengurangi efek penuaan dan menurunkan berat badan. Khasiat dari teh sudah diketahui selama berabad-abad dan selalu  memainkan peran penting dalam rutinitas kecantikan wanita Tiongkok.

Teh mengandung banyak antioksidan yang akan membantu menahan tanda-tanda penuaan, beberapa teh juga dapat membantu mempercepat metabolismemu dan membantu penurunan berat badan. Teh tidak hanya lezat tetapi juga penuh dengan manfaat kesehatan.

Warga Tiongkok sangat menyukai teh dan khasiatnya sehingga mereka meminumnya setiap waktu. Karena kecintaannya terhadap teh, muncul stereotip bahwa orang Tiongkok mengonsumsi banyak teh herbal. Teh yang dibuat tidak hanya terbuat dari daun teh tapi juga dari buah-buahan kering, bunga, dan akar-akaran.

Kacang Hijau

Ingin Cantik Seperti Wanita Tiongkok? Ini 5 Rahasianya!
sumber: tcmworld.com

Kacang hijau telah digunakan selama berabad-abad di Tiongkok untuk digunakan masker wajah. Satu-satunya penguasa wanita dalam sejarah Tiongkok, Permaisuri Wu, terkenal karena kecantikannya yang tak lekang oleh waktu dan rahasianya adalah penggunaan kacang hijau secara teratur. Menurut mitos dia sangat cantik dan awet muda bahkan pada usia 80 tahun.

Untuk membuat masker kacang hijau, kamu bisa menggiling kacang hijau dan menambahkan air untuk membuat pasta. Lalu tempelkan pasta tersebut ke wajahmu dan diamkan selama sekitar setengah jam. Masker kacang hijau dapat membantu menghilangkan wajah yang membengkak dan bisa bekerja dengan baik untuk mengobati jerawat.

Kacang hijau memang dikenal sebagai salah satu bahan baku makanan masakan Tiongkok namun ternyata, kacang hijau juga sangat baik untuk kulit karena kaya akan antioksidan dan fitonutrien sehingga dapat membantu meredakan jerawat dan penyakit kulit lainnya seperti luka dingin dan ruam.

Goji Berry

Ingin Cantik Seperti Wanita Tiongkok? Ini 5 Rahasianya!
sumber: yesofcorsa.com

Beberapa tahu terakhir, ketenaran goji berry sedang meningkat sebagai salah satu bagian dari diet. Namun di Tiongkok, goji berry telah dikonsumsi selama berabad-abad. Goji berry sangat tinggi antioksidan, termasuk vitamin C, beta-karoten, dan dapat  mengobati tanda-tanda penuaan dini yang disebabkan oleh polutan. Goji berry juga dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melepaskan racun dari kulit.

Sebuah kisah kuno mengatakan bahwa seorang pria hidup selama 252 tahun dengan memasukan goji berry ke supnya setiap hari. Legenda lain menceritakan bahwa para biksu adalah yang pertama kali menemukan buah merah ini di pegunungan Tibet. Dikatakan bahwa mereka yang memasukkannya ke dalam makanan mereka, dapat hidup lebih lama daripada mereka yang tidak Goji berry sangat padat nutrisi. Warna merah terang dari goji berry berasal dari kandungan beta-karoten yang tinggi. Goji berry juga penuh dengan asam amino.

Pijat

Ingin Cantik Seperti Wanita Tiongkok? Ini 5 Rahasianya!
sumber: giphy

Padatnya kesibukan sehari-hari, mulai dari bekerja hingga kursus bahasa Mandarin membuat tubuh merasa lelah dan pijat merupakan salah satu solusi untuk merilekskan tubuh. Tetapi tahukah kamu bahwa pijat merupakan salah satu rahasia kecantikan wanita Tiongkok?

Pijat wajah dan tubuh secara teratur membantu meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi bengkak, dan mendorong regenerasi sel. Pijat dapat membantu mendetoksifikasi kulit, mengaktifkan produksi kolagen alami, bahkan menghilangkan bekas luka dan bahkan mengurangi gejala eksim dan psoriasis.

Ternyata kebudayaan Tiongkok memiliki banyak sekali kunci rahasia kecantikan wanitanya. Kamu pun bisa melakukan rutinitas kecantikan sambil belajar bahasa Mandarin agar semakin cantik dan cerdas. Kamu bisa membaca buku  atau mendengarkan lagu bahasa Mandarin sambil mengenakan masker kacang hijau dan meminum teh. Dipijat sambil mendengarkan alunan musik tradisional Tionghoa pun sangat menenangkan. Jadi, tips mana yang akan kamu lakukan lebih dulu?

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google