Pub, Tempat Nongkrong Favorit Orang Inggris

Bicara soal nongkrong, pub merupakan alah satu bagian integral dari kehidupan orang Inggris yang sudah menjadi tradisi. Tempat minum sekaligus tempat berkumpul semua orang untuk bersosialisasi dan bersantai.

Bisa dibilang, pub merupakan budaya yang “Inggris” banget. Coba bertanya ke orang Inggris apa aktivitas favorit mereka sehabis pulang kerja? Kemungkinan mereka akan menjawab “nongkrong di pub dan menikmati satu atau dua gelas minuman sambil ngobrol-ngobrol dengan teman”.

Minuman yang dimaksud jelas bukan kopi, teh, apalagi air putih.  Yang dimaksud adalah bir, anggur, atau minuman beralkohol lainnya. Minum minuman keras memang sudah biasa di Inggris.

Maka jangan kaget jika saat kamu sedang liburan, kuliah, atau kerja di Inggris kamu akan diajak nongkrong ke pub oleh teman-temanmu. Tapi jangan salah, pub ini juga ramah keluarga lho.

Berbeda dengan bar, pub yang merupakan singkatan dari public house memang lebih cenderung menjadi tempat untuk sekadar kumpul-kumpul dengan rekan kerja, teman, ataupun keluarga. Kurang lebih seperti kafe di Indonesia. Minuman keras yang disediakan hanya menjadi tambahan saja.

Nongkrong-nongkrong memang asyik. Tapi kamu juga harus tahu beberapa etika mengunjungi pub biar gak salah tingkah.

Cuma ada bir doang?

 

Cuma ada bir doang? source: giphy.com

Nggak kok! Kalau kamu gak mau minum minuman beralkohol, kamu juga bisa pesan minuman ringan. Mau coba minuman beralkohol? Minuman yang biasa orang Inggris pesan adalah bir lager, ale, dan spirit. Kamu biasanya akan diberikan satu pint penuh kecuali kamu bilang kamu ingin memesan setengah pint saja. Jadi hati-hati ya saat memesan!

Cara memesan minuman

 

Cara memesan minuman source: giphy.com

Setelah masuk ke pub, kamu duduk di salah satu meja lalu menunggu pelayan datang untuk mengambil pesananmu. Tapi kok pelayannya tak kunjung keliatan ya?

Nah, ini perbedaan pub dengan kafe. Di pub, kamu sendiri yang harus memilih menu kemudian berjalan menuju meja bartender untuk memesan. Jadi jangan heran kalau tidak ada layanan meja di pub yang kamu kunjungi ya!

Setelah sampai di meja bartender, jangan seenaknya melambaikan tangan, mendorong-dorong orang lain, atau berteriak meminta untuk segera dilayani. Pelayan pub sudah terbiasa melayani banyak orang dan akan sadar siapa yang harus dilayani selanjutnya. Jadi kamu tidak perlu khawatir diserobot. Yang penting, siapkan uang tunai di tangan untuk memberi tanda kepada bartender bahwa kamu sudah siap untuk memesan.

Tidak ada toast

 

Tidak ada toast source: giphy.com

Tidak seperti budaya di Amerika, orang Inggris jarang melakukan toast. Toast biasanya hanya dilakukan dalam acara-acara spesial seperti ulang tahun, pekerjaan baru, atau tunangan. Orang Inggris lebih terbiasa mengatakan “cheers” dengan suara yang sedikit lebih besar dari biasanya sambil mengangkat gelas mereka.

Tidak perlu memberi tip

 

Tidak perlu memberi tip source: giphy.com

Berbeda dengan di Amerika, Inggris tidak memiliki budaya memberi tip di pub. Alih-alih memberi tip, kamu bisa menawarkan minuman kepada bartender yang sudah melayanimu. Jika kamu mau melakukan ini, kamu bisa bilang “… and one for yourself” yang berarti “satu lagi untuk kamu” ketika melakukan pembayaran.

Bersosialisasi

 

Bersosialisasi source: giphy.com

Pub merupakan tempat untuk berkumpul dan bersosialisasi. Jadi kamu bisa dengan mudah memulai percakapan dengan orang asing atau bahkan mendapat teman baru. Mengingat pub merupakan tempat yang santai, kamu bisa memulai percakapan dengan topik apapun mulai dari cuaca, pertandingan sepakbola, hingga berita-berita terbaru.

Bisa Pesan Makanan Juga

 

Bisa pesan makanan juga source: giphy.com

Kebanyakan pub menyediakan makanan dan camilan standar. Makanan yang umumnya disantap saat nongkrong di pub adalah keripik dan kacang. Makanan ini biasanya dinikmati bersama-sama. Tapi ada juga pub yang menyediakan makanan sekelas restoran yang disebut sebagia “gastro pub”.

Lonceng Berbunyi Tandanya

 

Lonceng berbunyi tandanya source: giphy.com

Kalau di sekolah lonceng berbunyi tanda jam masuk kelas, di pub lonceng berbunyi tandanya kesempatanmu untuk melakukan pemesanan terakhir sebelum pub tutup, yang umumnya 20 menit setelah bel pertama dibunyikan. Pub biasanya tutup sekitar jam 10.30 atau 11 malam pada hari Minggu. Saat pub tutup, pelayan akan membunyikan bel lagi.

Pub juga bisa menjadi salah satu tempat untuk berlatih kefasihan bahasa Inggrismu setelah mengambil kursus bahasa Inggris di Cakap. Selain berbaur dengan budaya lokal, kamu juga bisa memperkaya kosakata dan slang yang umumnya digunakan oleh orang Inggris.

Baca Juga:

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google