Puasa Asyura 10 Muharram: Pahami Niat dan Keutamaannya

puasa asyura

Muharram adalah bulan pertama dalam hitungan tahun Hijriah. Di bulan ini, umat Islam berkesempatan mengerjakan ibadah puasa sunah yang memiliki banyak keutamaan. Di setiap tanggal-tanggalnya memiliki keistimewaan tersendiri. Salah satunya adalah 10 Muharram, di tanggal 10 Muharram tersebut umat muslim dianjurkan untuk melaksanakan puasa sunah, yaitu puasa Asyura.

Apa sebenarnya puasa Asyura itu? Bagaimana lafal niatnya? Apakah ada banyak manfaat yang terkandung di dalamnya? Let’s check it out!

Puasa Asyura

source: giphy.com

Puasa asyura adalah puasa yang dilakukan tepat pada tanggal 10 Muharram. Pada tahun 2021 ini, puasa Asyura jatuh pada tanggal 19 Agustus. Puasa Asyura merupakan puasa yang dianjurkan langsung oleh Rasulullah kepada umatnya.

Sebuah hadis yang menyebutkan anjuran untuk melaksanakan puasa Asyura adalah hadis Riwayat Bukhari dan Muslim yang menyatakan “Dari Ibnu Abbas R.A, ia berkata bahwa Rasulullah berpuasa pada hari Asyura dan memberi perintah untuk berpuasa di hari itu.”

Puasa Asyura biasanya dibarengi dengan puasa Tasu’a, yaitu puasa pada tanggal 9 Muharram atau satu hari sebelum puasa Asyura.

Niat Puasa Asyura

Niat merupakan hal pertama yang dilakukan saat akan memulai puasa, ada pun niat puasa asyura adalah sebagai berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ ِعَا شُورَاء لِلهِ تَعَالَى

Latin: Nawaitu shauma ghadin an’adai sunnati Asyura lillahi ta’ala.
Artinya: Saya niat berpuasa sunah Asyura karena Allah ta’ala

Pastikan kamu membaca niat puasanya sebelum waktu imsak tiba ya, Sobat Cakap.

Keutamaan Puasa Asyura

Setelah mengetahui apa itu puasa Asyura dan bagaimana lafal niatnya, agar lebih semangat menjalaninya, kamu harus mengetahui keutamaan-keutamaan yang didapatkan dari menjalankan puasa Asyura ini. Simak ulasan berikut.

Mengikuti Sunah Nabi Muhammad

Seperti yang sudah dijelaskan di hadis sebelumnya, bahwa Nabi Muhammad SAW berpuasa di hari Asyura dan juga memerintahkan para kaumnya untuk berpuasa di hari itu. Maka sebagai sunah yang diutamakan, alangkah baiknya jika dilaksanakan.

Dapat Menghapus Dosa Satu Tahun yang Lalu

Puasa Asyura dapat menghapuskan dosa-dosa satu tahun yang lalu. Sebuah hadis dari Imam Muslim, Abu Qotadah Al Anshori, “Nabi Muhammad pernah ditanya mengenai keutamaan puasa Arafah, beliau menjawab “Puasa Arafah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan dosa setahun yang akan datang”  Beliau juga ditanya mengenai keistimewaan puasa Asyura, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa salam menjawab “Puasa Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu.” (HR Muslim).

Puasa Utama setelah Puasa Ramadhan

Puasa Muharram merupakan puasa utama yang dianjurkan setelah puasa di bulan Ramadhan.

Sebuah hadis menyatakan “Seutama-utamanya salat setelah salat wajib adalah salat di sepertiga malam, dan seutama-utamanya puasa setelah puasa Ramadhan adalah puasa di bulan Muharram.” (HR Muslim).

Itulah penjelasan mengenai puasa Asyura dan keutamaanya. Manusia tidak pernah luput dari yang namanya dosa, semoga dengan menjalankan puasa Asyura ini dapat membantu mengikis dosa-dosa di masa lalu.

Untuk menemani hari puasamu agar semakin produktif dan bermanfaat, kamu bisa asah skill kamu dan belajar banyak hal baru di Cakap Upskill. Yuk cek jadwal kelas Cakap Upskill terdekat!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks