5 Permainan untuk Membantu Belajar Bahasa Inggris

5 Permainan untuk Membantu Belajar Bahasa Inggris

Ada banyak sarana yang dapat kamu gunakan untuk membantumu berlatih bahasa Inggris. Kamu bisa menggunakan musik, film, podcast, gambar, atau buku. Salah satu sarana yang paling menyenangkan untuk membantu belajar adalah dengan permainan. Bukan permainan biasa tapi video game. Namun tidak semua permainan dapat membantumu melatih kemampuan berbahasa Inggris. Apa saja permainan itu? Berikut 5 permainan yang dapat membantu belajar bahasa Inggris:

Yu-Gi-Oh!

5 Permainan untuk Membantu Belajar Bahasa Inggris
sumber: giphy

Yu-Gi-Oh! (遊☆戯☆王) dalam bahasa Indonesia berarti “Raja Permainan” ini merupakan sebuah manga dari Jepang. Manga ini mengisahkan tentang Yugi Mutou yang berhasil memecahkan teka-teki yang disebut dengan “Millennium Puzzle”. Manga ini ditulis dan diilustrasikan oleh Kazuki Takahashi.

Serial Yu-Gi-Oh! Sangat populer hingga dibuat anime. Tidak hanya anime, permainan duel kartunya pun sangat populer. The Yu-Gi-Oh! Trading Card Game (遊☆戯☆王オフィシャルカードゲーム—GiŌ Ofisharu Kādo GēmuYu-Gi-Oh! Official Card Game) adalah permainan kartu yang dibuat dan dipublikasikan oleh Konami berdasarkan serial Yu-Gi-Oh!

Mengapa permainan ini dapat membantumu belajar bahasa Inggris atau bahkan belajar bahasa Jepang? Karena di dalam kartu Yu-Gi-Oh! Terdapat deskripsi tentang karakter yang ada di dalam kartu. Deskripsi tersebut mencakup kegunaan dan kekuatan dari karakter yang kamu mainkan. Kalaukamu tidak tahu arti dari isi kartu tersebut, bagaimana kamu bisa memenangkan permainan?

Bila kamu sedang belajar bahasa Inggris atau kursus bahasa Inggris, permainan ini menuntutmu untuk membuka kamus agar kamu tahu arti dari keterangan yang ada di dalam kartu Yu-Gi-Oh!

Permainan ini juga bisa dimainkan secara online dengan pemain dari seluruh dunia. Ini juga bagus untuk melatih kemampuan bahasa Inggrismu. Kamu tidak perlu takut untuk berkomunikasi dengan mereka. Kamu akan mendapatakn teman bermain sekaligus berlatih bahasa Inggris.

Age of Empires

5 Permainan untuk Membantu Belajar Bahasa Inggris
sumber: giphy

Age of Empires atau disingkat dengan AoE adalah sebuah seri game popular yang bergenre Real-Time Strategy (RTS). Real-Time Strategy (Strategi Waktu Nyata) merupakan sebuah genre permainan komputer yang memiliki ciri khas berupa permainan perang yang menuntut pemainnya untuk menyusun kekuatan negara, mengumpulkan sumberdaya, dan membangun pasukan tempur.

Permainan Age of Empires ini dikembangkan oleh Ensemble Studios dan dipublikasikan oleh Microsoft Games. Hingga sat ini, sudah ada tiga bagian seri dan masing-masing sudah memiliki paket ekspansi. Secara keseluruhan, Age of Empires sudah memiliki enam buah game.

Di dalam permainan ini, kamu akan berada dalam sebuah peristiwa bersejarah seperti berada di era Kerajaan Romawi, era perang salib, atau memasuki era masa kejayaan raja-raja di Asia. Kamu harus membangun kerajaanmu sendiri dan nantinya kamu menggunakan kekuatan yang dimiliki untuk menyerang kerajaan lain dan memperluas teritori yang kamu punya.

Mengapa Age of Empires merupakan permainan yang cocok untuk kamu yang sedang kursus bahasa Inggris atau belajar bahasa Inggris? Dalam permainan ini kamu akan disuguhkan kisah bersejarah dari para pemimpin terhebat di dunia dan kisah-kisah tersebut disajikan dalam bahasa Inggris.

Nah, mau tidak mau, kamu diharuskan membaca kisah dan/atau mendengarkan kisah tersebut agar kamu bisa menyelesaikan misi dengan baik. Tidak hanya kisah-kisah di awalpermainan, kamu juga akan disuguhkan percakapan antar karakter yang dapat membantumu dalam menyelesaikan misi. Menarik, bukan?

Baca Juga: Ingin Kursus Bahasa Inggris Online? Di Cakap saja!

Civilization

sumber: giphy

Sid Meier’s Civilization atau biasa disebut dengan Civilization, sebuah permainan komputer bergenre strategi yang pemainnya harus berusaha membangun peradaban dari masa prasejarah (4.000 SM) hingga ke masa modern dan masa depan.

Dalam permainan ini, kamu akan menjadi seorang pemimpin dari peradaban tersebut. Dimulai dari satu atau dua penetap, kamu harus bisa membangun dan mengembangkan daerah kekuasaanmu tersebut. Kamu akan menjelajah, berperang, dan membangun hubungan diplomatik dengan pemain lain. kamu juga bisa membangun kota, perekonomian, hingga strategi perang.

Sedikit banyak, permainan ini mirip dengan Age of Empires namun berbeda. Bedanya Civilization dengan Age of Empires adalah kamu bermain secara bergantian. Setelah kamu melakukan sesuatu, kamu harus mempersilahkan kawan atau lawanmu untuk melakukan sesuatu. Sedangkan dalam Age of Empire, semua dilakukan secara bersamaan.

Mengapa permainan ini cocok untuk kamu yang sedang kursus bahasa Inggris atau belajar bahasa Inggris? Dalam permainan ini kamu akan saling bercakap dengan sesame pemain untuk berdiplomasi atau menyerang. Kamu juga harus bisa memahami keterangan dari benda-benda yang akan kamu kembangkan atau bangun.

Civilization merupakan salah satu permainan bergenre strategi yang paling popular sepanjang masa dan memiliki penggemar setia. Seri resmi dari permainan ini pun sudah ada enam seri dengan berbagai paket ekspansi. Berminat mencoba?

Pokemon

5 Permainan untuk Membantu Belajar Bahasa Inggris
sumber: giphy

Masih ingat dengan Pokemon?

Pokemon (ポケモン) merupakan salah satu waralaba media milik perusahaan permainan Nintendo. Pokemon atau Pocket Monsters diciptakan oleh Satoshi Tajiri pada tahun 1995. Berawal dari sebuah permainan untuk konsol Game Boy, Pokemon pun merambah ke dunia anime, film, dan lainnya. Pokemon adalah salah satu permainan yang paling laris di dunia.

Permainan yang bergenre fantasi dan petualangan ini akan membawamu ke dunia di mana Pokemon dan manusia hidup secara berdampingan. Kamu akan berpetualang keliling dunia untuk menjadi pelatih Pokemon terhebat di dunia. Selain melawan para pelatih Pokemon lain kamu pun akan diminta untuk membantu seseorang atau sebuah kota untuk melawan sesuatu, biasanya sekelompok mafia atau Pokemon lain.

Mengapa Pokemon merupakan salah satu permaianan yang dapat membantumu belajar bahasa Inggris? Sepanjang permainan akan ada banyak karakter yang mengajakmu berbincang dan di dalam perbincangan tersebut terselip informasi penting untuk menaikan tingkat Pokemon-mu atau informasi tentang letak bonus.

Kamu pun diharuskan untuk berbicara dengan karakter lain untuk mendapatkan informasi. Tata bahasa yang disajikan di permainan ini memang tidak terlalu sulit dan sangat membantu untuk mengembangkan daftar kosakata bahasa Inggris yang kamu miliki. Belum lagi kamu juga diharapkan untuk membaca dan mempelajari informasi tentang Pokemon yang kamu miliki. Nah, sekarang masih mau main Pokemon dengan asal-asalan?

Baca Juga: Apa Bedanya British English dengan American English?

Elevate

5 Permainan untuk Membantu Belajar Bahasa Inggris
sumber: googleusercontent.com

Elevate sebenarnya cenderung lebih masuk ke kategori aplikasi ponsel pintar untuk membantu melatih kemampuan kognitifmu. Elevate memiliki beragam permainan kecilyang dapat melatih kemampuan menyimak, berbicara, menulis, membaca, dan berhitung. Semua dalam satu aplikasi.

Lalu, Bagaimana Elevate dapat membantumu dalam belajar bahasa Inggris? Seluruh permainan dalam Elevate menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Di sama kamu juga akan diuji pengetahuanmu akan kosakata, tata bahasa, ejaan, dan lainnya. Permainan ini sangat mudah untuk diaplikasikan dan harus dilakukan secara rutin. Elevate dapat digunakan secara gratis atau berbayar.

Baca Juga: Belajar 16 Tenses Bahasa Inggris

Bermain tidak selalu berakibat buruh. Bila kamu memainkan permainan yang tepat, tidak hanya menyenangkan, kamu juga bisa belajar banyak hal termasuk belajar bahasa Inggris. Permainan apa yang ingin kamu coba?

Related Post

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google