Pergi Liburan? Ini 10 Tips Ampuh Packing Anti Ribet

Asyik, liburan udah di depan mata! Dijamin udah pada gak sabar liburan nih. Waktu di sekolah atau di kantor pun jadi udah kurang fokus gara-gara kepikiran liburan melulu. Kamu udah ada rencana liburan belum? Mau ke mana nih? Ada yang ke luar kota, ada yang ke luar negeri, ada juga yang di rumah aja.

Buat kamu yang berlibur ke luar kota atau ke luar negeri, tentunya sebelum berangkat harus berkemas terlebih dahulu dong ya. Duh tapi packing bikin males banget deh! Repot. Harus pilah-pilih barang yang dibawa biar kopernya gak overload. Padahal pengen bawa baju-baju favorit biar fotonya keren-keren.

Packing gak harus pusing lho. Nih biar gak panik pas berkemas, baca dulu 10 tips ampuh packing anti ribet.

Buat daftar barang yang ingin dibawa

Buat daftar barang yang ingin dibawa
source: giphy.com

Hal pertama yang harus kamu lakukan: buat daftar barang yang ingin kamu bawa. Selain untuk menghindari adanya barang yang tertinggal, adanya daftar juga membuat kamu lebih mudah menentukan barang mana yang penting untuk dibawa dan mana yang tidak.

Paspor? Udah. Tiket? Udah. Dompet? HP? Gosok gigi? Udah semua. Jadi lebih tenang deh!

Jangan ditumpuk, gulung aja

Jangan ditumpuk, gulung aja
source: giphy.com

Salah satu cara bagus untuk menghemat tempat sekaligus supaya bajumu tidak lecek adalah dengan menggulung satu per satu alih-alih menumpuknya di atas satu sama lain.

Coba bayangkan, kalau ditumpuk, satu baju aja udah makan lumayan banyak tempat. Satu koper besar paling hanya muat 4 baju dalam satu lapis. Tapi kalau digulung, satu lapis saja bisa memuat 5-8 baju.

Gunakan tas vacuum

Gunakan tas vacuum
source: giphy.com

Bawa barang-barang besar kayak jaket tebal? Gunakan tas vacuum atau vacuum bag. Metode pengemasan seperti ini akan sangat membantumu untuk menghemat tempat. Waktu pulang, vacuum bag juga berguna untuk membawa pakaian kotor.

Urutan susunan

Urutan susunan
source: giphy.com

Pertama letakkan sepatumu di sepanjang pinggiran koper. Kemudian kemas pakaian berukuran besar seperti celana panjang dan rok. Pakaian yang ini gak perlu digulung. Letakkan saja secara terbentang di bagian paling bawah koper. Pakaian ini berfungsi sebagai pembungkus untuk sisa-sisa barang yang akan kamu masukkan.

Lalu gulung sisa pakaianmu dan letakkan di atasnya. Terakhir, kemas benda-benda kecil seperti kosmetik, aksesoris, dokumen, dan sebagainya.

Kosmetik khusus travelling

Kosmetik khusus travelling
source: giphy.com

Mau pergi berlibur, harus tampil maksimal dong. Tapi bawa kosmetik sampai berbotol-botol yang ada malah bikin koper penuh. Terus bawanya gimana dong? Sebelum berlibur, beli tempat kosmetik khusus travel yang berukuran kecil, lalu pindahkan kosmetik-kosmetikmu ke tempat tersebut.

Untuk mencegah bedak padat (compact powder) dan eye shadow-mu retak saat di perjalanan, letakkan alas wol di antara bedak padat dan tutupnya.

Packing barang-barang kecil

Packing barang-barang kecil
source: giphy.com

Saat mengemas benda-benda kecil seperti USB, buku saku, jepit rambut, kaos kaki, kacamata hitam, dan lain-lain, letakkan barang-barang tersebut di dalam benda lain seperti sepatu, kotak obat, folder dokumen, atau kantong koper supaya tidak berserakkan.

Tips bawa gadget

Tips bawa gadget
source: giphy.com

Bawa gadget tentu harus dong ya. Biar gak bosen selama di perjalanan dan juga buat foto-foto pas di tempat wisata. Kalau kamu biasanya gimana nih menata barang-barang elektronik beserta kabel-kabelnya?

Suka gemes kan kalo kabelnya kusut-kusut semua. Nah biar gak repot, satukan semua barang elektronik seperti charger, adaptor, headphone di dalam tas ziplock. Jadi gadget­-mu gak akan berserakkan di dalam koper.

Bawa obat secukupnya

Bawa obat secukupnya
source: giphy.com

Jangan bawa semua obatmu! Emang mau jadi P3K? Bawa obat secukupnya aja sesuai dengan durasi liburanmu. Pilih obat-obat yang penting aja, misalnya obat masuk angin, sakit perut, sakit kepala atau obat lainnya jika kamu memiliki kebutuhan khusus. Taruh obatmu di tas ziplock supaya lebih aman.   

Jangan sisakan tempat kosong

Jangan sisakan tempat kosong
source: giphy.com

Saat berkemas, kamu mungkin berpikir untuk menyisakan tempat kosong untuk oleh-oleh. Tapi sisa ruang kosong bakal membuat bajumu jadi kusut di perjalanan. Jadi pastikan tidak ada tempat kosong ya dalam kopermu. Untuk oleh-oleh, nanti kamu bisa atur lagi saat berkemas ketika akan pulang.

Travel hack lainnya

Travel hack lainnya
source: giphy.com

Biar gak kusut, gulung kabel charger atau earphone dengan dompet kecil atau benda lainnya.

Supaya botol sabun atau shampo gak tumpah, taruh plastic pembungkus di antara lubang dan penutupnya lalu ikat dengan karet. Jadi, walaupun tutupnya terbuka, tidak ada cairan yang tumpah ke pakaianmu.

Dan yang paling penting, jangan lupa timbang kopermu dulu sebelum pergi untuk memastikan beratnya tidak melebihi yang sudah ditentukan ya.

Biar perjalananmu asyik, belajar bahasa Inggris dulu yuk. Jadi bisa ngobrol dan tanya-tanya sama orang lokal kalau kamu nyasar. Kalau kamu berencana pergi ke Cina atau Jepang, bisa belajar bahasa Mandarin atau Jepang juga di sini. Selamat berlibur!

 

Baca Juga:

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google