Menengok Perayaan Cap Go Meh di Berbagai Negara

perayaan cap go meh

Perayaan Cap Go Meh merupakan sebuah tradisi etnis Tionghoa yang berlangsung pada hari ke-15 setelah Tahun Baru Imlek. Perayaan ini juga dianggap sebagai puncak perayaan Tahun Baru Imlek.

Perayaan Cap Go Meh tidak hanya dirayakan di Indonesia. Dengan menyebar luasnya orang Tionghoa di berbagai belahan dunia, ada banyak negara yang merayakannya juga serta memiliki tradisinya masing-masing. Yuk, simak perayaan Cap Go Meh di berbagai negara!

Perayaan Cap Go Meh di Berbagai Negara

source: giphy.com

China

Kota-kota di China memiliki tradisinya masing-masing. Namun, ada beberapa perayaan yang kerap diselenggarakan, seperti pelepasan lampion ke udara, mengonsumsi tangyuan, dan menonton pertunjukkan barongsai. 

Umumnya, kota-kota besar seperti Beijing atau Shanghai menyelenggarakan perayaan Cap Go Meh yang meriah serta menampilkan berbagai hiburan. Perayaan Cap Go Meh di Beijing biasanya diselenggarakan di Forbidden City.

Perayaan Cap Go Meh bukan satu-satunya tradisi China. Kamu masih bisa kulik tradisi dan budaya lainnya dengan gabung kelas bahasa Mandarin di Cakap. Di sana, kamu bakal belajar bahasa sekaligus budayanya!

Singapura

Negara tetangga Indonesia ini memiliki jumlah penduduk etnis Tionghoa yang tidak sedikit. Bahkan, Singapura memberikan jatah libur dua hari untuk Tahun Baru Imlek. Nah, untuk perayaan Cap Go Meh, warga Singapura umumnya menyelenggarakan festival lampion, pertunjukkan barongsai, singa menari, di Eu Tong Sen Street dan New Bridge Road.

Vietnam

Pada akhir perayaan Tahun Baru Imlek atau Cap Go Meh, warga Vietnam menyelenggarakan tradisi Hei Neak Ta atau pawai Roh. Dalam pawai ini, beberapa orang yang terpilih akan melakukan atraksi ekstrem, seperti menusuk lidahnya dengan benda tajam.

Jelajahi Budaya dan Tradisi Tiongkok dengan Kursus Bahasa Mandarin

India

Dalam menyambut akhir perayaan Tahun Baru Imlek, warga India akan menyalakan diyas dengan ritual pooja atau ibadah. Diyas berbentuk seperti lampu tanah dan biasanya digantung di rumah atau jendela.

Inggris

Terbang ke benua Eropa, warga di Inggris juga merayakan Cap Go Meh. Biasanya perayaan Cap Go Meh dirayakan di sepanjang Shaftesbury Avenue dan Trafalgar Square. Perayaan yang diselenggarakan seperti atraksi barongsai dan penampilan beberapa kelompok musik.

Hawaii

Perayaan Cap Go Meh di Hawaii biasanya diselenggarakan dengan sebuah upacara untuk mengenang keluarga, teman, atau kerabat yang sudah meninggal dunia. Di pusat kota Honolulu, upacara dimulai dengan pertunjukkan tradisional dan dilanjutkan dengan doa serta pelepasan lentera ke udara.

Setelah menengok perayaan Cap Go Meh di berbagai negara, kamu juga perlu tahu perayaan Cap Go Meh di Indonesia yang tidak kalah meriah. Menariknya, perayaan Cap Go Meh di Indonesia baru bebas untuk diselenggarakan pada akhir 90an, lho. Yuk, cari tahu biar gak makin penasaran!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks