Memahami Penggunaan Have Been, Has Been, & Had Been

penggunaan have been

Kamu sulit membedakan penggunaan have been, has been, dan had been? Ketiga auxiliary verb tersebut memang sekilas sama, wajar apabila kamu bingung ketika menggunakannya. Oleh karena itu, kamu dapat mempelajarinya di bawah ini.

Penggunaan Have Been

source: giphy.com

Penggunaan have been disesuaikan dengan tenses yang digunakan. Umumnya, have been digunakan dalam present perfect continuous tense. Namun begitu, have been juga digunakan dalam tenses bentuk nominal lainnya. Berikut penjelasannya.

1. Penggunaan Have Been dalam Present Perfect Continuous Tense

Present continuous tense digunakan untuk menjelaskan kegiatan yang telah dimulai masa lalu dan masih berlangsung hingga saat ini.

Dalam present perfect continuous tense – baik bentuk verbal maupun nominal – have been digunakan karena subjek kalimatnya I, you, they, we. Berikut contoh kalimatnya:

  • We have been watching this movie since we were in high school. (Kami telah menonton film ini sejak kami SMA.)
  • They haven’t been feeling well lately. (Mereka merasa tidak enak badan belakangan ini)

2. Penggunaan Have Been dalam Future Perfect Continuous Tense

Future perfect tense merupakan tenses Bahasa Inggris yang menekankan pada aksi yang akan berakhir pada waktu tertentu di masa depan.

Berbeda dengan tenses pertama yang masih disesuaikan dengan subjeknya, pada tense ini semua kalimat menggunakan have been, baik subjeknya tunggal maupun jamak. Berikut contoh kalimatnya:

  • Rudy will have been working when you arrive after buying the breakfast. (Rudy akan bekerja saat kamu tiba setelah membeli sarapan)
  • I will have been sleeping if you come at 11 p.m. (Aku akan tidur jika kamu datang pukul 11 malam)

Buat Akun Cakap Sekarang, Dapatkan Cakap Club Gratis 14 Hari

3. Penggunaan Have Been dalam Past Future Perfect Tense 

Past future perfect tense digunakan untuk membicarakan suatu aksi yang tidak terjadi di masa lalu. Sama seperti tense sebelumnya, tense ini juga selalu menggunakan have been meskipun subjeknya tunggal. Berikut contoh kalimatnya:

  • I would have been watching Blackpink if you didn’t come late. (Aku seharusnya sudah menonton Blackpink jika kamu tidak datang terlambat)
  • She would have been giving up if we didn’t support her tonight. (Dia akan sudah menyerah jika kita tidak mendukungnya malam ini)

4. Penggunaan Have Been dalam Present Perfect Tense

Present perfect tense adalah sebuah tenses yang fungsinya adalah untuk menunjukkan suatu hasil. Have been hanya digunakan dalam present perfect tense bentuk nominal atau tidak mengandung tindakan. Berikut contoh kalimatnya:

  • We have been her employees in this company for 3 years. (Kami telah menjadi karyawannya di perusahaan ini selama tiga tahun)
  • You have been beautiful since you were born. (Kamu telah cantik sejak kamu lahir)

5. Penggunaan Have Been dalam Future Perfect Tense

Future perfect tense digunakan untuk mengungkapkan bahwa suatu aktivitas sudah akan selesai pada suatu titik waktu di masa yang akan datang. Have been hanya digunakan dalam future perfect tense bentuk nominal. Berikut contoh kalimatnya:

  • I will have been watching Netflix when you come to my house. (Aku akan menonton Netflix saat kamu datang ke rumahku)

Penggunaan Has Been

source: giphy.com

Penggunaan has been tidak sebanyak have been. Umumnya, has been digunakan untuk subjek he, she, it. Berikut penjelasannya.

1. Penggunaan Has Been dalam Present Perfect Continuous Tense

Present continuous tense digunakan untuk menjelaskan kegiatan yang telah dimulai masa lalu dan masih berlangsung hingga saat ini.

Dalam present perfect continuous tense – baik bentuk verbal maupun nominal – has been digunakan karena subjek kalimatnya he, she, it. Berikut contoh kalimatnya:

  • She has been watching this movie since she was in high school. (Dia telah menonton film ini sejak dia SMA.)
  • Rudy hasn’t been feeling well lately. (Rudy merasa tidak enak badan belakangan ini)

Genjot Skor TOEFL dengan Ikut Kelas Persiapan Tes di Cakap

2. Penggunaan Has Been dalam Present Perfect Tense

Present perfect tense adalah sebuah tenses yang fungsinya adalah untuk menunjukkan suatu hasil. Has been hanya digunakan dalam present perfect tense bentuk nominal atau tidak mengandung tindakan. Berikut contoh kalimatnya:

  • Lizzie has been her employees in this company for 3 years. (Lizzie telah menjadi karyawannya di perusahaan ini selama tiga tahun)
  • She has been beautiful since she was born. (Dia  telah cantik sejak dia lahir)

Penggunaan Had Been

source: giphy.com

Perbedaan had been dengan have been dan has been adalah had been digunakan untuk kejadian masa lampau. Hanya dua tense yang menggunakan had been yakni past perfect continuous tense dan past perfect tense. Berikut penjelasannya.

1. Penggunaan Had Been dalam Past Perfect Continuous Tense

Past Perfect Continuous Tense digunakan untuk mengungkapkan sebuah aksi yang terjadi di masa lalu dan telah selesai pada suatu titik tertentu di masa lalu pula. Berikut contoh kalimatnya:

  • She had been watching the movie even her boyfriend didn’t come. (Dia tetap menonton film itu meskipun pacarnya tidak datang)
  • I had been eating when I saw police outside my neighbor’s house. (Aku sedang makan ketika melihat polisi di luar rumah tetanggaku)
  •  

2. Penggunaan Had Been dalam Past Perfect Tense

Past Perfect Tense digunakan untuk menunjukkan suatu kejadian yang terjadi sebelum waktu tertentu di masa lampau. Had been hanya digunakan dalam present perfect tense bentuk nominal atau tidak mengandung tindakan. Berikut contoh kalimatnya:

  • Before she moved, Lizzie had been her employees in this company for 3 years. (Sebelum ia pindah, Lizzie telah menjadi karyawannya di perusahaan ini selama tiga tahun)

Itu dia penjelasan mengenai penggunaan have been, has been, dan had been. Untuk mengasah grammar Bahasa Inggris, kamu bisa daftar belajar Bahasa Inggris di Cakap. Di sana, kamu bisa interaksi langsung dengan tutornya. Dijamin cas cis cus!

Baca Juga:

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat