Ini Rahasia Sukses Mendidik Anak Ala Jepang

pendidikan-anak-ala-jepang

Setiap negara memiliki tips dan cara yang berbeda dalam hal mendidik anak-anak. Jepang adalah salah satu negara yang terkenal dengan nilai-nilai disiplin yang tinggi dalam mendidik anak. Tidak hanya memiliki sistem pendidikan formal di sekolah yang mengagumkan, dalam hal mendidik anak-anak, orang tua Jepang juga memiliki cara yang luar biasa hebatnya. Tak heran apabila anak-anak di Jepang selalu memegang nilai disiplin dan tepat waktu. 

Rahasia cara belajar mendidik anak ala Jepang ini bisa dijadikan contoh dan panutan bagi para orang tua Indonesia maupun negara-negara lain. Apa saja ya kira-kira keistimewaan orang Jepang dalam mendidik anak-anaknya? Yuk intip rahasianya berikut ini!

Memelihara Kedekatan Hubungan Ibu dan Anak

Pendidikan anak ala Jepang yang biasanya diterapkan para orang tua adalah memelihara hubungan ibu dan anak. Hubungan yang erat adalah kunci ikatan keluarga yang harmonis. Meskipun Jepang merupakan negara maju, namun mereka mencoba mengurangi kecenderungan individualis anak. 

Di masa awal pertumbuhan anak, para ibu di Jepang mencurahkan waktu dan perhatiannya kepada anak-anak. Kedekatan mereka terjalin secara emosional dan pure.

Sebelum anak menginjak usia 5 tahun, para orang tua di Jepang membebaskan mereka untuk mengeksplor dan melakukan apa pun, tujuannya adalah agar anak memahami mana hal yang baik dan mana hal yang buruk. Selain itu, kebebasan bereksplorasi juga akan membantu menemukan bakat dan minatnya sedini mungkin.

Sebagaimana adanya korelasi orang tua yang dapat memengaruhi pola tingkah laku anak kelak, maka di masa ini, para orang tua Jepang menunjukkan perilaku positif yang bisa ditiru anak.

Daftar Cakap Sekarang, Dapatkan Kelas Bahasa Jepang Gratis

Keluarga Adalah Prioritas

Rahasia cara mendidik anak ala Jepang selanjutnya adalah “memprioritaskan keluarga”. Ibu di Jepang selalu menanamkan nilai kepada anaknya bahwa keluarga adalah hal utama yang sangat penting. Meskipun di poin utama berbicara mengenai kedekatan ibu dan anak, namun kedekatan antar anggota keluarga juga tidak kalah penting.

Keluarga Jepang dikenal saling memberikan support, mengasihi, dan melindungi sesama anggota keluarganya. Mereka selalu menciptakan hubungan yang hangat dan nyaman. Kehangatan dan kenyamanan yang diciptakan di lingkungan keluarga akan membuat hubungan kekeluargaan lebih erat dan kuat. 

Orang Tua adalah Panutan bagi Anak

Orang tua merupakan orang yang paling dekat dengan anak, segala tindak-tanduknya bisa ditiru dan dicontoh oleh anak-anak. Para orang tua di Jepang selalu mengedepankan tindakan dengan memberikan contoh yang baik, mereka tidak memaksa anak-anaknya untuk melakukan sesuatu yang mereka minta. Jika para orang tua ingin mengajarkan sesuatu pada anak-anaknya, mereka akan menunjukkan caranya dengan memberi contoh langsung.

Tak heran jika di Jepang banyak orang tua yang menjadi role model bagi anak-anaknya. Cara mendidik anak ala Jepang yang satu ini bisa menjadi contoh baik yang bisa ditiru.

Semua Orang Diperlakukan dengan Setara

Hal menarik lain yang bisa disorot dari cara orang tua Jepang mendidik anak-anaknya adalah memerintahkan anak-anak untuk memperlakukan semua orang dengan setara.

Tidak ada yang duduk lebih tinggi dan tidak ada yang duduk lebih rendah dalam derajatnya. Semua orang sama-sama dihargai, sama-sama dihormati. Dengan begitu, anak-anak akan memperlakukan orang lain dengan sopan dan sama tanpa memandang status dan jabatan.

Penanaman pendidikan anak ala Jepang yang satu ini dapat dilihat dari perilaku anak Jepang yang selalu peduli dan tidak meremehkan orang lain.

Raih Beasiswa Kuliah di Jepang dengan Kursus Bahasa Jepang di Cakap

Memiliki Kepedulian terhadap Perasaan Orang Lain

Anak-anak di Jepang selalu didik untuk memedulikan dan mengindahkan perasaan orang lain. Memiliki kepekaan terhadap perasaan orang lain akan sangat berguna bagi anak-anak terutama ketika mereka sudah terjun langsung ke dalam lingkungan masyarakat kelak saat dewasa.

Cara mendidik anak ala Jepang yang satu ini dapat dicontohkan langsung oleh orang tua. Para orang tua di Jepang selalu menghargai dan mengakui perasaan anak-anaknya, dengan demikian, anak akan menyerap hal tersebut dan mengaplikasikannya kepada orang lain.

Menasihati Anak Secara Pribadi

Salah satu hal yang bisa dilihat dari keberhasilan orang tua jepang mendidik anak-anaknya adalah jarang ditemukan anak yang rewel di muka umum. Ternyata inilah salah satu rahasianya “menasihati anak secara pribadi”. Orang tua di Jepang akan menasihati anak secara privat dan pribadi, sehingga baik anak maupun orang tua akan terhindar dari rasa malu. Cara tersebut dirasa efektif dibandingkan menasihati anak di muka umum.

Para orang tua Jepang mendidik anaknya dengan menerapkan seni “shitsuke” yang berarti “melatih”. Mereka selalu melatih anaknya dalam bersikap dan berperilaku baik di depan umum.

Itulah rahasia sukses mendidik anak ala Jepang yang mengandung nilai-nilai dan dampak positif bagi pertumbuhan anak. Para orang tua Indonesia atau negara lainnya bisa menjadikan cara mendidik anak ala Jepang sebagai contoh dan panutan dalam mendidik anak-anaknya.

Jepang memiliki banyak hal menarik yang bisa diulik, selain pendidikan dan budaya, hal menarik lainnya yang bisa dijelajahi adalah bahasanya. Yuk mulai belajar bahasa Jepang dari sekarang, Cakap siap menjadi tempat kursus bahasa Jepang terbaik untukmu. Belajar bahasa Jepang di Cakap sangat fleksibel, kamu tidak harus pusing membagi waktu antara kursus, kerja, dan kuliah karena di Cakap kamu bisa atur jadwal belajarmu sendiri.

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks