Tips dan Prinsip Parenting yang Mampu Mengembangkan Karakter & Kecerdasan Anak

Banyak hal yang harus dipelajari sebelum para pasangan suami istri menjadi orang tua. Kehidupan sebelum dan sesudah memiliki anak, merupakan kehidupan dan fase baru yang harus dijalani dengan sebaik mungkin. Maka tak heran jika di era modern ini, banyak calon orang tua muda yang mempelajari ilmu parenting anak sebelum mereka memiliki momongan.

Setelah sebelumnya membahas mengenai toxic parenting dan hal-hal yang seharusnya jangan dilakukan dalam cara mendidik anak, sekarang saatnya Moms and Dads memahami apa itu parenting yang sesungguhnya. Lebih dari itu, Moms and Dads juga akan belajar tips dan prinsip parenting anak. So, check this out!

Parenting

parenting-anak
Photo by Vlada from Pexels

Istilah parenting bukanlah sesuatu yang baru dan asing. Banyak orang yang sudah mendengar istilah tersebut, bahkan tidak sedikit orang yang sudah memahami seluk beluknya. Parenting adalah pola asuh atau cara orang tua mendidik anak-anaknya. Ada banyak hal yang tercakup dalam parenting itu sendiri, yaitu bagaimana orang tua melindungi, merawat, dan memperhatikan tumbuh kembang si Kecil.

Anak ibarat kertas putih yang siap diwarnai apa saja oleh orang tuanya. Maka dari itu, peran orang tua dalam membentuk karakter dan kecerdasan anak sangatlah berpengaruh.

Tips Parenting Anak

tips-parenting-anak
Photo by Olia from Pexels

Orang tua sangat berperan dalam tumbuh kembang dan membantu meningkatkan kemampuan anak. Berikut adalah tips-tips parenting yang dapat membantu meningkatkan kecerdasan anak:

Memaksimalkan Pemanfaatan Teknologi

Moms, mendidik anak di era modern ini tentu tidak dapat dipisahkan dengan pentingnya peran teknologi. Teknologi menjadi bagian penting yang bisa membantu Moms and Dads meningkatkan kecerdasan anak. Manfaatkan teknologi sebaik mungkin untuk menjelaskan dan memberikan materi kepada anak.

Hindari Pertemanan Anak yang Toxic

Jangan salah Moms, meskipun seharusnya anak bisa bermain dengan siapa saja, tetapi peran orang tua dalam memantau pertemanan anak sangat penting, lho. Tips parenting anak untuk membantu meningkatkan kecerdasan anak juga bisa dimulai dengan ini. Pastikan bahwa anak-anak terhindar dari pertemanan yang toxic, agar anak tidak masuk ke dalam pergaulan yang salah. Pastikan bahwa Moms and Dads mendukung mereka untuk mendapatkan pertemanan sehat yang mampu memberikan dampak positif, baik dalam perilaku maupun pendidikan.

Berikan Banyak Pertanyaan pada Anak

Nah, tips parenting anak yang satu ini dijamin akan membantu meningkatkan kecerdasan anak. Dengan menanyakan banyak hal, maka Moms and Dads telah melatih problem solving pada anak dan meningkatkan ketajaman imajinasi mereka. Anak pun akan mencoba mencari jawabannya, dengan begitu, mereka juga akan sering menanyakan banyak hal kepada orang tuanya.

Sekolah dan Guru Berperan Penting

Untuk meningkatkan kecerdasan anak, Moms and Dads perlu memilih sekolah yang mampu mendukung bakat anak. Tips parenting anak yang satu ini bisa dimulai dengan mencarikan sekolah terbaik yang memiliki program yang dapat membantu mengembangkan potensi anak. Mengapa demikian? Karena waktu yang anak habiskan di sekolah cukuplah banyak, sehingga pastilah sekolah memiliki peranan yang besar dalam membentuk pola pikir dan perkembangan akademis anak.

Prinsip parenting

parenting
Photo from Pixabay

Ada beberapa prinsip pola asuh yang harus diterapkan dan dipegang teguh para orang tua secara konsisten.

Prinsip dan cara mendidik anak yang baik dapat membentuk karakter yang positif pada anak. Untuk itu, ada beberapa prinsip parenting anak yang bisa Moms and Dads terapkan, berikut ulasannya:

Memanjakan Anak Secukupnya

Ada beberapa orang tua yang tidak bisa membedakan antara kasih sayang dan memanjakan anak secara berlebih. Menuruti kemauan anak, memang bukan suatu kejahatan. Namun, memanjakan anak secara berlebih akan membuat mereka selalu bergantung dan tidak melatih kemandiriannya.

Prinsip parenting anak yang satu ini mengarahkan orang tua untuk memanjakan anak secukupnya dan seperlunya saja. Hal tersebut akan membentuk karakter anak lebih disiplin dan bekerja keras sebab apa yang diinginkan harus diusahakan terlebih dahulu. 

Selalu Ada dan Selalu Meluangkan Waktu

Bagi anak, peran dan kehadiran orang tua merupakan hal yang sangat penting. Oleh karena itu, sesibuk apa pun pekerjaan yang dijalani orang tua, mereka harus selalu ada dan meluangkan waktu kapan pun anak membutuhkan peran mereka. Anak yang kekurangan kasih sayang, sangat berpotensi melakukan tindakan yang kurang baik hanya demi mendapatkan perhatian orang tuanya.

Buat Peraturan Penghuni Rumah

Setiap hal membutuhkan peraturan agar dapat berjalan secara efektif, begitu pula rumah tangga dan sistem parenting anak. Buatlah peraturan beserta penjelasannya bagi para penghuni rumah. Dengan adanya peraturan, maka anak akan belajar mengendalikan diri untuk tidak melanggarnya.

Tips dan prinsip parenting anak di atas bisa Moms and Dads terapkan dalam mengasuh anak-anak di rumah.

Untuk menambah ilmu dan wawasan Moms and Dads seputar dunia parenting, Moms and Dads bisa join dengan komunitas Parents Lyfe Club. Di sana akan ada banyak hal menarik dan bermanfaat yang bisa diterapkan dalam mendidik anak.

Baca Juga: