Daftar Peraih Medali di Olympics dan Paralympics Tokyo 2020

paralympics tokyo 2020

Setelah sempat mengalami penundaan akibat pandemi covid-19, Olympic dan Paralympic Games akhirnya diadakan tahun ini pada musim panas di Tokyo, Jepang. Masing-masingnya diberi tajuk “2020 Summer Olympics” dan “2020 Summer Paralympics” dan berlangsung sejak akhir bulan Juli hingga awal September 2021. Nah, Indonesia menang apa saja sih dalam rangkaian pertandingan olahraga tersebut? Simak artikelnya sampai habis ya!

2020 Tokyo Summer Olympics 

Olimpiade Musim Panas 2020 berlangsung sejak tanggal 23 Juli sampai 8 Agustus 2021 di Tokyo. Indonesia ikut bertanding dalam delapan cabang olahraga yaitu panahan, atletik, bulu tangkis, dayung, menembak, selancar, renang, dan angkat besi. Ada total 28 atlet yang menjadi kontingen Indonesia dengan jumlah masing-masing 16 dan 12 atlet untuk putra dan putri. 

Dalam pertandingan antar negara ini Indonesia berhasil membawa pulang total lima medali, baik emas, perak, dan perunggu. Greysia Polii dan Apriyani Rahayu dalam cabang olahraga bulu tangkis berhasil membawa pulang medali emas pertama dan satu-satunya untuk Indonesia dalam ajang ini. 

Berikut adalah daftar perolehan medali untuk Indonesia dalam Olimpiade Tokyo 2020:

Nama AtletCabang Olahraga
Medali Emas
Greysia PoliiApriyani Rahayubulu tangkis (ganda putri)
Medali Perak
Eko Yuli IrawanAngkat besi (61 kg putra)
Medali Perunggu
Windy Cantika AisahAngkat besi (49 kg putri)
Rahmat Erwin AbdullahAngkat besi (73 kg putra)
Anthony Sinisuka GintingBulu tangkis (tunggal putra)

2020 Tokyo Summer Paralympics

Paralimpiade Musim Panas 2020 berlangsung mulai dari tanggal 24 Agustus 2021 dan baru saja berakhir 5 September 2021 lalu. Indonesia mengikuti tujuh cabang olahraga yaitu atletik, bulu tangkis, sepeda, angkat berat, menembak, benerang, dan tenis meja. Total ada 23 kontingen Indonesia yang ikut bertanding, dengan jumlah masing-masing 15 dan 9 atlet untuk putra dan putri. 

Indonesia berhasil membawa pulang total sembilan medali emas, perak, dan perunggu. Bulu tangkis pun masih jadi penyumbang medali emas bagi Indonesia untuk kategori ganda putri dan ganda campuran dengan total perolehan dua medali emas. 

Berikut adalah tabel perolehan medali atlet Indonesia dalam Paralimpiade Tokyo 2020:

Nama AtletCabang Olahraga
Medali Emas
Leani Ratri OktilaKhalimatus SadiyahBulu tangkis (ganda putri)
Hary SusantoLeani Ratri OktilaBulu tangkis (ganda campuran)
Medali Perak
Ni Nengah WidiasihAngkat berat (41 kg putri)
Dheva AnrimusthiBulu tangkis (tunggal putra)
Leani Ratri OktilaBulu tangkis (tunggal putri)
Medali Perunggu
Saptoyoga PurnomoAtletik  (100 meter putra)
David JacobsTenis meja (tunggal putra)
Suryo NugrohoBulu tangkis (tunggal putra)
Fredy SetiawanBulu tangkis (tunggal putra)

Fakta Menarik Olimpiade dan Paralimpiade 2020

Secara keseluruhan dari ajang Olympics dan Paralympics Tokyo 2020 ini, Indonesia membawa pulang tiga medali emas, empat perak, dan tujuh perunggu. Menariknya, ketiga medali emas yang dibawa pulang oleh Indonesia berasal dari cabang olahraga bulu tangkis. 

Indonesia dinilai sangat bersinar dalam paralimpiade kali ini karena berhasil memenangkan 9 medali, yang merupakan terbanyak sepanjang sejarah. Sementara itu, medali emas pertama dalam ajang ini dimenangkan oleh Leani Ratri Oktila dan Khalimatus Sadiyah dalam cabang olahraga bulu tangkis. Medali tersebut merupakan medali emas pertama Indonesia setelah 41 tahun sejak terakhir diperoleh tahun 1980. 

Itulah dia fakta-fakta menarik mengenai Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020. Tahu nggak sih? Selain jago olahraga, para atlet juga harus memiliki kemampuan bahasa internasional yang baik, terutama bahasa Inggris. Jadi, bagi kamu yang jago olahraga dan ingin menjadi atlet internasional, jangan lupa untuk belajar bahasa inggris dari sekarang ya!

Baca juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks