Indonesia Positif COVID-19, Berikut 7 Panduan Persiapan yang Dapat Dilakukan

Indonesia Positif Corona

Dari pihak pemerintah telah mengumumkan bahwa Indonesia positif terjangkit virus corona (Covid-19). Sejauh ini ada dua warga negara yang diisolasi. Agar tidak semakin menyebar, ada beberapa persiapan yang dapat dilakukan untuk mencegah risiko terjangkit virus.

Apa saja panduan yang bisa kita lakukan untuk menghadapi virus corona?

 

Up-to-date Dengan Informasi Terbaru

Kita dapat memantau portal berita WHO sebagai salah satu informasi untuk perkembangan korona. Selain itu, untuk melihat detil datanya bisa memantau Info Worldometers

Persediaan Air dan Makanan

Apa yang harus dibeli ketika ada Covid-19? Tentu saja kita dihimbau untuk menyediakan air dan makanan yang cukup. Selain itu pasok juga obat-obatan generik tanpa perlu resep dokter di rumah. Contohnya obat sakit perut, obat batuk dan pilek, cairan elektrolit, dan vitamin.

 

Menghindari Tempat Tertentu

Untuk warga Indonesia, dilarang untuk bepergian ke Tiongkok dan beberapa negara tertentu yang memiliki banyak jumlah terjangkitnya virus. Sebaiknya di Indonesia sendiri, kita harus berhati-hati di tempat yang ramai. Hindari kontak dengan orang yang sedang sakit khususnya pasien yang memiliki gejala infeksi saluran pernapasan.

 

Menggunakan Masker

Perlu diketahui, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) tidak menyarankan orang sehat untuk menggunakan masker. Mengapa? Karena masker hanya dipakai oleh orang yang sakit atau orang yang memiliki gejala. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko orang lain terinfeksi. Berbeda halnya, masker tetap diperlukan oleh petugas kesehatan.

 

Menjaga Kebersihan

 

Ada beberapa langkah untuk mencegah agar tidak terkena virus, seperti rajin cuci tangan dengan air dan sabun, hindari menyentuh mata, hidung, mulut dengan tangan apalagi sesudah bersalaman atau menyentuh benda-benda yang sering disentuh orang lain, menutup mulut saat batuk atau bersin.

Khusus Anak, Apakah Boleh Keluar Rumah?

Anak dibolehkan keluar rumah seperti jika ingin bersekolah apabila tidak sakit. Jika anak sedang sakit, sebaiknya tetap berada di rumah untuk beristirahat. Jika anak diharuskan untuk bersekolah, sebagai orangtua bisa menghimbau anaknya untuk tetap dalam pantauan dari pihak sekolah.

Virus corona bukan hanya di tempat umum, tapi juga dapat mewabah di sekolah. Oleh karena itu, jika seandainya sekolah dibatalkan, anak dapat diajak untuk tetap belajar melalui program pembelajaran online (e-learning). 

Apakah Perlu Bekerja di Rumah?

WHO menyarankan agar tempat kerja selalu dalam keadaan bersih dan higienis. Para pekerja dapat bekerja di rumah tergantung kebijakan perusahaan. Mungkin, ada perusahaan yang memungkinkan para pekerja untuk bekerja di rumah secara online.

sumber : https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200302151257-255-479785/10-panduan-persiapan-saat-indonesia-positif-corona 

Baca Juga : Hal-hal Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Corona Virus

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google