Onsen, Lepas Stress di Pemandian Air Panas Khas Jepang

onsen

Jepang tidak hanya terkenal akan bahasanya, namun juga dengan budayanya. Salah satu budaya Jepang yang terkenal adalah budaya berendam di onsen atau pemandian air panas. Budaya ini pasti sering kamu lihat di film, anime, atau manga.

Saking populernya, pemandian air panas a la onsen ada banyak di berbagai negara. Jika suatu saat kamu liburan ke Jepang dan mau coba jajal onsen, maka kamu harus tau aturan dan tipe-tipe onsen. Ayo cari tau itu semua di bawah ini!

Apa itu Onsen?

source: giphy.com

Onsen merupakan tempat berendam air panas asal Jepang yang eksis dari zaman dahulu hingga sekarang. Bahkan, liburan ke onsen menjadi tradisi di Jepang. Orang Jepang percaya bahwa onsen dapat meningkatkan kesehatan tubuh.

Onsen berbeda dengan sento meskipun keduanya sama-sama pemandian air panas. Perbedaannya, air panas di onsen dipasok langsung dari gunung vulkanik yang tersebar di Jepang, sedangkan air panas di sento adalah air panas buatan.

Ketika kamu berlibur di Jepang, coba berendam di beberapa onsen yang terkenal di sana. Berikut ini beberapa onsen terkenal di Jepang:

  • Kusatsu Onsen
    Kusatsu Onsen terletak di Prefektur Gunma. Onsen ini dikenal bisa mengobati berbagai penyakit kecuali patah hati. 
  • Hakone Onsen
    Letaknya hanya dua jam dari Ibukota Jepang, Tokyo. Di sini bahkan ada beberapa homestay atau hotel yang menyediakan private onsen.
  • Yufuin Onsen
    Di sini kamu bisa berendam sambil melihat pemandangan gunung, sebab Yufuin Onsen dikelili oleh gunung-gunung di Kyushu.

Masih banyak onsen yang populer di Jepang. Buat tau yang lainnya, kamu bisa daftar kelas bahasa Jepang di Cakap. Selain belajar bahasa, kamu juga bisa belajar budayanya, salah satunya onsen ini.

Yuk Jelajah Budaya Jepang sambil Belajar Bahasanya di Cakap!

Tata Krama Onsen

source: giphy.com

Orang Asia terkenal dengan sikap sopan santunnya, termasuk orang Jepang. Sikap yang sopan santun ini pun diterapkan ke dalam onsen. Berikut ini beberapa tata krama yang berlaku di onsen:

1. Tidak Boleh Bertato

Peraturan ini merupakan salah satu peraturan onsen yang populer. Di Jepang, tato identik dengan kelompok Yakuza sehingga pengelola onsen merasa pengunjung bertato akan meresahkan pengunjung lainnya.

Meskipun begitu, pengunjung bertato masih bisa merenggangkan beban pikiran dengan menggunakan private onsen. 

2. Melepas Seluruh Pakaian

Pengunjung diwajibkan untuk melepas seluruh pakaiannya. Tidak ada sehelai kain pun yang diizinkan masuk ke dalam onsen. Bukan tanpa alasan, peraturan ini dijalankan agar dapat menjaga kebersihan air. Tidak perlu khawatir, onsen dibedakan sesuai gender kok!

3. No Gadget

Smartphone, camera, dan lain sebagainya, dilarang dibawa masuk ke dalam onsen. Peraturan ini dibuat untuk meminimalisir kemungkinan orang yang mengambil gambar secara diam-diam. Biasanya disediakan loker untuk menyimpan barang-barang pribadimu.

Masih ada beberapa peraturan lagi, namun kamu bisa cari tau ketika kamu berkunjung ke sana. Sebab, biasanya pengelola akan menjelaskan peraturan-peraturan kecil lainnya, seperti mengikat rambut, bilas badan, dan lain lain.

Tapi, peraturan dan tulisan lainnya di Jepang terkadang menggunakan huruf-huruf bahasa Jepang, guys. Jadi, pastikan kamu menguasai setidaknya dasar-dasar bahasa Jepang biar gak ribet pas di sana. Cicil pengetahuanmu dari sekarang dengan gabung grup bahasa Jepang di Cakap. Belajar jadi lebih hemat dan kondusif!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

#MakinCakap Sekarang!

Kategori

Top Picks