Olympics 2020: Pentingnya Berbahasa Inggris dalam Ranah Komunikasi

olympics 2020

Olympics 2020 yang diadakan di Tokyo Jepang telah menjadi magnet bagi masyarakat dunia. Tak terkecuali Indonesia, beberapa hari ke belakang ini, Indonesia sedang dibaluti momen kebahagiaan atas pencapaian luar biasa para atletnya.

Ada banyak cabang olahraga yang dimainkan dalam olimpiade 2020 ini. Mulai dari cabang olahraga lari, badminton, voly, memanah, hingga cabang olahraga air juga dimainkan. Selain berbagai cabang olahraga dan para atlet yang mumpuni, ada hal lain yang tak kalah menarik untuk disoroti loh, yaitu bahasa dan komunikasi. Mengapa demikian? Yuk temukan jawabannya dalam artikel ini!

Bahasa Inggris sebagai Bahasa Komunikasi Para Atlet

source: giphy.com

Seperti yang sama-sama diketahui bahwa bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan sebagai bahasa pengantar.

Bicara tentang Olympics 2020 yang merupakan olimpiade internasional, pasti tak lepas kaitannya dengan bahasa. Bahasa Inggris yang merupakan bahasa internasional digunakan sebagai bahasa pengantar komunikasi bagi para atlet, pelatih, wasit, dll.

Kenapa Para Atlet Sebaiknya Bisa Berbahasa Inggris?

Beberapa hal di bawah ini menjadi sebuah jawaban dan pencerahan dari sebuah pertanyaan ‘mengapa para atlet sebaiknya bisa berbahasa Inggris?”

Komunikasi

Olympics 2020 ini diikuti oleh berbagai negara dengan latar bahasa yang berbeda. Hal itu tentu menjadi PR tersendiri dalam berkomunikasi. Tidaklah mungkin bagi mereka untuk berkomunikasi dengan bahasa yang berbeda-beda, karenanya bahasa Inggris hadir sebagai solusi dari masalah komunikasi.

Oleh sebab itu, para atlet dan jajarannya diharapkan dapat berbahasa Inggris sehingga dalam menjalin komunikasi tidak terjadi kesalahpahaman dan komunikasi pun bisa berjalan dengan lancar.

Wawancara Media Asing

Olympics 2020 tentu menyita banyak perhatian media, baik media lokal maupun media internasional. Salah satu alasan mengapa para atlet diharapkan bisa berbahasa Inggris adalah agar saat mereka melakukan wawancara dengan media asing, mereka jauh lebih percaya diri. Meskipun ada tim penerjemah, namun pasti akan ada kepuasan tersendiri jika dapat menjawab wawancara secara langsung.

Pelatihan di Luar Negeri

Ajang Olimpiade Tokyo 2020 merupakan ajang besar yang memiliki persiapan tidak sebentar. Bagi beberapa atlet, pelatihan di luar negeri mungkin saja dilakoni demi menunjang kemampuannya. Saat menjalani pelatihan di luar negeri, mau tidak mau para atlet harus membekali diri dengan kemampuan bahasa Inggris. 

Mengapa demikian? Hal tersebut tentu bertujuan agar pelatihan yang dilakoni berjalan dengan baik. Mereka juga bisa memahami dan menyerap teknik-teknik dan ilmu-ilmu yang diajarkan saat melakukan pelatihan di luar negeri dengan tepat sasaran.

Istilah Olahraga dalam Bahasa Inggris

Hal lain yang menjadi alasan pentingnya bisa berbahasa Inggris adalah memahami istilah-istilah olahraga yang digaungkan dalam bahasa Inggris. Berikut terangkum beberapa istilah olahraga dalam bahasa Inggris yang sering digunakan dalam Olimpiade Tokyo 2020.

Athlete

Atlet

Inning

Babak

Coach

Pelatih

Draft

Pemilihan pemain

Foul

Pelanggaran

Playoffs

Babak penentuan

Tiebreaker

Menentukan pemenang dari hasil seri

Comeback

Mengejar poin

Bench

Pemain cadangan

Hit

Memukul bola

Major league

Liga besar

Kickoffs

Tendangan awal

Referee

Wasit

Championship

Kejuaraan

Exercise

Latihan

Nah itu dia beberapa list pentingnya belajar bahasa Inggris karena hal tersebut pasti akan sangat berguna, terlebih di masa-masa olympics 2020 ini. Untuk mencari tahu seberapa baik pengetahuanmu mengenai olympics 2020, kamu bisa ikutan quiz how well do you know about olympics 2020.

Ingin meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris agar percakapan semakin lancar? Yuk ikut kursus Bahasa Inggris online di Cakap. Cakap menyediakan materi Bahasa Inggris yang dikemas dengan metode pembelajaran yang menarik dan interaktif. Bersama teacher professional, kamu bisa lebih mudah dan cepat memahami materi. Yuk daftar Cakap sekarang!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks