Nostalgia Sambil Belajar Bahasa Jepang Bersama Metal Hero, Yuk!

Nostalgia Sambil Belajar Bahasa Jepang Bersama Metal Hero, Yuk!

Mungkin tidak banyak yang mengenal istilah Metal Hero namun pasti banyak yang mengenal karakternya. Serial asal Jepang ini sangat terkenal di Indonesia, terutama di era 1990-an. Kalau dulu sobat Cakap menonton serial ini dalam bahasa Indonesia, ayo sekarang coba yang menggunakan bahasa Jepang tapi sebelum itu, mari kita nostalgia sejenak.

Apa itu Serial Metal Hero?

The Metal Hero Series (メ タ ル ヒ ー ロ ー シ リ ー ズ—Metaru Hīrō Series) adalah metaseries dari seri TV superhero tokusatsu yang diproduksi oleh Toei untuk televisi Jepang. Karakter protagonis utama dari serial ini biasanya memiliki markas atau berbasis di luar angkasa, militer, atau kepolisian. Karakter tersebut juga biasanya manusia biasa, android, atau cyborg. Jenis serial ini rata-rata bertema teknologi di mana teknologi tersebut digunakan untuk melakukan kebaikan.

Serial ini diproduksi oleh Toei dari tahun 1982 hingga 1999 bersamaan dengan serialsuperhero Tokusatsu lainnya seperti Kamen Rider dan Super Sentai. Selain Jepang, serial Metal Hero juga populer di Perancis, Brasil, Filipina, Malaysia dan Indonesia. Selama 1990-an, Saban Entertainment menggunakan beberapa serialnya untuk menghasilkan program yang mirip dengan seri Power Rangers mereka.

Serial Metal Hero yang Terkenal di Indonesia

Di era 1990-an, serial metal hero sangat populer di Indonesia dan mungkin saja salah satu dari mereka memotivasimu unutk belajar bahasa Jepang saat ini. Berikut 5 serial metal hero yang populer di Indonesia:

Space Sheriff Gavan

Nostalgia Sambil Belajar Bahasa Jepang Bersama Metal Hero, Yuk!
sumber: giphy

Mungkin kamu pernah mendengar istilah “segede gaban” untuk mengungkapkan sesuatu yang sangat besar tapi pernahkah kamu berpikir dari mana asal istilah tersebut? Ya, istilah ini dari sebuah serial Metal Hero yang berjudul Space Sheriff Gavan.

Space Sheriff Gavan (宇宙 刑事 ギ ャ バ ン—Uchū Keiji Gyaban), yang juga dikenal sebagai Space Cop Gabin. Serial ini adalah seri Tokusatsu Jepang yang diproduksi oleh Toei Company. Ini adalah seri pertama dari serial Metal Hero dan yang pertama pula untuk seri Space Sheriff. Serial ini ditayangkan di TV Asahi dari 5 Maret 1982 hingga 25 Februari 1983.

Jiban

Nostalgia Sambil Belajar Bahasa Jepang Bersama Metal Hero, Yuk!
sumber: giphy

The Mobile Cop Jiban (機動 刑事 ジ バ ン—Kidō Keiji Jiban) adalah serial televisi tokusatsu Jepang yang merupakan entri ke-8 dalam waralaba serial Metal Hero dan entri pertama yang dirilis di era Heisei (平成時代—Heisei Jidai). Serial ini juga merupakan seri pertama yang memiliki iklan mainan yang difilmkan di Videotape.

Diproduksi oleh Toei dan ditayangkan oleh TV Asahi di Jepang dari 29 Januari 1989 hingga 28 Januari 1990. Dibuat oleh Keita Amemiya, premis untuk seri ini menggabungkan unsur-unsur dari film Amerika RoboCop dan tokusatsu Robot Detective tahun 1970-an. Di Indonesia sendiri, serial ini ditayangkan di saluran Indosiar tahun 1996.

Bagi kamu yang sudah mengikuti kursus bahasa Jepang online di Cakap, ayo coba artikan kalimat ikonik dari serial Jiban berikut ini!

“これは人を愛し、正義を守る若者と少女の心のドラマである。”

(Kore wa Hito o Aishi, Seigi o Mamoru Wakamono to Shōjo no Kokoro no Dorama de aru.)

Baca Juga

Metalder

Nostalgia Sambil Belajar Bahasa Jepang Bersama Metal Hero, Yuk!
sumber: giphy

Choujinki Metalder (超人 機 メ タ ル ダ ーChōjinki Metarudā, Superhuman-Machine Metalder) adalah entri keenam dan terpendek dari waralaba seral Metal Hero. Serial ini berjalan dari 16 Maret 1987 hingga 17 Januari 1988 dan hanya memiliki 39 episode.

Metalder adalah seri pertama yang ditayangkan pada hari Minggu, bukan hari Senin. Metalder memiliki banyak kesamaan dengan Android Kikaider dan Kikaider 01 Toei, khususnya dalam tema, karakter, dan desain kostum pahlawannya. Di Indonesia, Metalder ditayangkan di saluran RCTI tahun 1996.

Winspector

Nostalgia Sambil Belajar Bahasa Jepang Bersama Metal Hero, Yuk!
sumber: rptd.ch

Special Rescue Police Winspector (特警ウインスペクター Tokkei Uinsupekutā) adalah serial TV tokusatsu asal Jepang yang merupakan bagian dari waralaba serial Metal Hero dan bagian pertama dari trilogi Seri Special Rescue Police. Serial ini berkisah tentang petualangan dan misi tim “Rescue Police ” khusus yang dikenal sebagai Special Rescue Police Winspector.

Mereka dipanggil demikian karena bertugas untuk menghentikan kejahatan dan menanggapi peristiwa berbahaya di mana pasukan polisi reguler tidak cukup. Tim ini terdiri dari satu manusia (pahlawan yang mengenakan baju besi) dan dua asisten robot. Di Indonesia, serial ini ditayangkan di saluran Indosiar tahun 1995.

Kabutaku

Nostalgia Sambil Belajar Bahasa Jepang Bersama Metal Hero, Yuk!
sumber: tvtropes.org

B-Robo Kabutack (ビ ー ロ ボ カ ブ タ ッ ク—Bī Robo Kabutakku, Beetle Robo Kabutack) adalah serial televisi Jepang dan merupakan seri keenam belas sebagai bagian dari waralaba Metal Hero. Serial ini ditayangkan dari 23 Februari 1997 hingga 1 Maret 1998.

Berkisah tentang Torahiko Kouenji adalah seorang jenius eksentrik yang menggali tulisan-tulisan kuno dari lapisan tertua bumi. Dia menerjemahkan tulisan-tulisan dan mempelajari keberadaan 13 “Potongan Bintang” (ス タ ー ピ ー ス—Sutā Pīsu) yang telah disembunyikan di seluruh planet ini. Jika seseorang harus mendapatkan semua Potongan Bintang, keinginan apa pun dapat dikabulkan.

Untuk itu, Dr. Kouenji membangun robot pencarian, yang dikenal sebagai “B-Robot”, untuk menemukan Potongan Bintang. Namun trio robot semacam itu, yang dipimpin oleh Cobrander, diaktifkan tanpa program pendidikan tidur mereka selesai dan dengan demikian mulai melakukan perbuatan buruk di seluruh kota.

Untungnya sebuah tim yang terdiri dari tiga B-Robots “baik” berteman dengan Yuzuru Kouenji, cucu Dr. Kouenji. Bersama Yuzuru dan kawan-kawannya, Sayuri Mitaka dan Kuranosuke Kichijouji, ketiga Robot-B dan geng yang baik memulai pencarian mereka dari “Potongan Bintang” sambil mengatasi kesalahan-kesalahan dari ketiga Robot-B yang “buruk”.

Baca Juga

Sebagian dari kamu mungkin menjadikan serial Metal Hero ini sebagai motivasi untuk belajar bahasa Jepang dan akhirnya mengambil kursus bahasa Jepang online di Cakap. Cita-cita masa kecil yang mungkin belum tercapai masih bisa kamu usahakan hari ini. Kalau cita-citamu ingin pergi ke Jepang, kamu dapat memulai dengan membeli paket belajar bahasa Jepang di Cakap, yang penting, kamu tidak menyerah seperti pahlawan Metal Hero yang membasmi kejahatan.

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google