Ayo Pahami Lafal Niat Puasa Ramadhan Beserta Artinya

niat puasa ramadhan beserta artinya

Doa niat puasa Ramadhan merupakan hal pertama yang wajib dilakukan saat seseorang akan menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Setiap puasa, memiliki niat yang berbeda, tergantung dengan puasa apa yang akan dijalani. Kali ini, yang akan dibahas ialah doa niat puasa Ramadhan beserta artinya.

Dibandingkan dengan niat puasa yang lain, doa niat puasa Ramadhan sedikit lebih panjang dan biasanya setelah mengucapkan niat menggunakan bahasa Arab, dilanjutkan dengan artinya dalam bahasa Indonesia. Oh iya, untuk kamu yang berpuasa di rumah aja, pastikan kegiatan ramadhan di rumah yang kamu lakukan dapat menambah amalan ya!

Daftar Isi

Doa Niat Puasa Ramadhan Beserta Artinya

source: giphy.com

Berikut bacaan niat puasa Ramadhan beserta artinya dalam bahasa Indonesia:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانِ هذِهِ السَّنَةِ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu sauma ghadin an’adaa-i fardi syahri Ramadhana hadzihissanati fardhu lillahi ta’ala

Artinya: Aku niat berpuasa esok hari untuk memenuhi kewajiban puasa di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta’ala.

Puasa Ramadhan Rukun Islam Ketiga

Puasa Ramadhan merupakan rukun Islam yang ketiga, setiap umat muslim di dunia wajib melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan, terkecuali bagi yang sedang berhalangan. 

Hal itu sudah tertulis jelas dalam Al-Quran Surah Al-Baqarah: 183 yang berbunyi, “Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Saatnya Si Kecil Unjuk Gigi di Lomba Mengaji. Menangkan Hadiah Total 11,5 Juta Rupiah!

Hukum Doa Niat Puasa Ramadhan

Doa niat puasa Ramadhan hukumnya wajib atau lebih tepatnya fardhu a’in, apabila kalian tidak membaca niatnya baik secara lisan maupun dalam hati, maka puasanya tidak sah. 

Ada sebuah hadist yang mendasari kewajiban niat puasa, hadist tersebut diriwayatkan oleh Hafsah, bahwasanya Nabi Muhammad SAW bersabda, “Barang siapa yang tidak berniat puasa di malam hari sebelum terbit fajar maka tidak ada puasa baginya,” (HR. Abu Daud, Ahmad, dan Ibnu Majjah).

Melafalkan Doa Niat Puasa Ramadhan Setelah Shalat Tarawih

Itulah alasan mengapa setelah shalat tarawih di mushola atau masjid, biasanya imam dan jamaah yang lain bersama sama melafalkan doa niat puasa Ramadhan. Jadi, apabila saat sahur lupa mengucapkan niat atau bahkan kesiangan dan tidak sempat sahur, puasanya tetap sah karena sudah membaca doa niat puasa Ramadhan di malam harinya.

Sekarang kamu sudah tahu kan bacaan niat puasa ramadhan beserta artinya? Jangan lupa ya, niat puasa sebelum waktu imsak tiba!

Nah, untuk menemani waktu puasa dan menjadikannya lebih mengasyikkan, kamu bisa ikut meramaikan Cakap Raya Fest. Dari lomba mengaji sampai jalan-jalan ke luar negeri, semua ada di Cakap Raya Fest. Ayo cek informasi lengkap seputar Cakap Raya Fest!

Baca Juga: 

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks