Mengupas Sejarah Hari Perempuan Internasional

hari perempuan internasional

International Women’s Day atau yang biasa kita kenal sebagai Hari Perempuan Internasional biasa kita rayakan setiap tanggal 8 Maret. Setiap tahunnya, Hari Perempuan Internasional memiliki tema tersendiri. 

Pada tahun 2021, Hari Perempuan Internasional mengusung tema #ChooseToChallenge yang memiliki makna untuk mengajak setiap individu untuk mulai menantang diri karena mulai dari tantangan akan muncul suatu perubahan.

Tapi, sebelum kamu mulai ikut aksi Hari Perempuan Internasional dan berpartisipasi menyuarakan gerakan bias dan ketidaksetaraan gender, lebih baik untuk mengetahui terlebih dahulu sejarah Hari Perempuan Internasional.

Sejarah Hari Perempuan Internasional

source: giphy.com

Sejarah Hari Perempuan Internasional berawal pada 8 Maret tahun 1857, di mana menurut Temma Kaplan dalam tulisannya “On the Socialist Origins of International Women’s Day” yang dimuat pada Feminist Studies tahun 1985, saat itu terjadi protes yang dilakukan oleh wanita buruh pekerja di pabrik tekstil, New York atas tindakan semena-mena serta upah yang rendah. Namun, setelah dilakukannya aksi unjuk rasa tersebut belum menimbulkan dampak yang signifikan.

Setelah bertahun-tahun berlalu, pada tahun 1900-an, dikutip dari situs resmi International Women’s Day, terdapat ekspansi besar-besaran pada dunia industri yang memunculkan kerusuhan serta banyak perdebatan yang terjadi di antara kaum perempuan. Penindasan yang terjadi kepada kaum perempuan membangkitkan semangat para kaum perempuan dalam penyampaian pendapat mereka secara lebih vokal sebagai langkah awal dalam menyuarakan perubahan.

Pada 1908, terjadi aksi demonstrasi besar-besaran yang melibatkan 15 ribu perempuan buruh di New York dengan tuntutan jam kerja yang lebih pendek, gaji yang lebih baik, serta menuntut hak suara bagi kaum perempuan. Kaum feminis Eropa, terutama Perancis meyakini bahwa kejadian tersebut sebagai awal dicetuskannya gagasan mengenai Hari Perempuan Internasional. Hal ini tertera pada Internationalism in the Labour Movement 1830-1940 (1988).

Skill Bahasa Inggris Tingkatkan Peluang Karier. Saatnya Kamu Mulai Belajar!

Tahun selanjutnya, pada 1909, Partai Sosialis Amerika (Socialist Party of America) melakukan deklarasi terhadap Hari Perempuan Nasional. Sehingga, pada 28 Februari 1909 menjadi hari pertama dirayakannya Hari Perempuan Nasional di Amerika Serikat. Mulai pada tahun ini juga, Hari Perempuan Nasional di Amerika dirayakan setiap hari Minggu terakhir di bulan Februari hingga tahun 1913.

Pada tahun 1910, Konferensi Buruh Perempuan Internasional diselenggarakan di Kopenhagen, Denmark, yang dihadiri oleh 100 perempuan dari 17 negara. Pada konferensi ini, diajukan usulan untuk selalu merayakan Hari Perempuan yang diselenggarakan oleh setiap negara pada hari yang sama, sebagai sebuah wadah serta media advokasi para kaum perempuan untuk menekankan tuntutan mereka. Usulan ini diungkapkan oleh seorang Kepala “Kantor Wanita” dari Partai Sosial Demokrat di Jerman bernama Clara Zetkin.

Hasilnya, usulan yang telah diutarakan disetujui, sehingga pada tanggal 19 Maret 1911, Denmark, Austria, Jerman, serta Switzerland, merayakan Hari Perempuan Internasional atau International Women’s Day (IWD) pertama kali. Aksi pertama ini digelar dengan tuntutan atas hak memilih, hak dilatih kerja, serta hak jabatan publik untuk kaum perempuan. Aksi ini juga melakukan protes atas perlakuan diskriminatif terhadap buruh perempuan di tempat kerja.

Sayangnya, semangat serta suasana meriah Hari Perempuan Internasional sempat terinterupsi oleh insiden “Triangle Fire” yang terjadi di New York, kurang dari seminggu setelah perayaan Hari Perempuan Internasional. Insiden ini memakan korban hingga 140 perempuan pekerja imigran. Sehingga, fokus advokasi pada perayaan Hari Perempuan Internasional selanjutnya ada pada kondisi kerja serta perundangan ketenagakerjaan.

Setelah banyak diskusi panjang dalam penetapan tanggal untuk merayakan Hari Perempuan Internasional, akhirnya pada tahun 1913, dunia menyetujui bahwa Hari Perempuan dirayakan setiap tanggal 8 Maret secara internasional. Proses penetapan tanggal untuk perayaan Hari Perempuan Internasional pada tanggal 8 Maret ini masih panjang, mengingat situasi serta kondisi tahun-tahun tersebut masih dalam kondisi perang yang berkepanjangan.

PBB Menetapkan Hari Perempuan Internasional

source: giphy.com

Selama bertahun-tahun selanjutnya, Hari Perempuan Internasional tumbuh semakin kokoh tiap tahunnya. Hingga perjalanan panjang Hari Perempuan Internasional berujung dengan hasil yang baik. 

Pada tahun 1975, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan dan merayakan Hari Perempuan Internasional untuk pertama kalinya. Peresmian Hari Perempuan Internasional oleh PBB terjadi pada dua tahun setelahnya, yaitu pada tahun 1977 dan masih tetap diperingati hingga tahun ini dengan acara-acara berskala besar serta dengan tema-tema menarik setiap tahunnya. 

Pelaksanaan Hari Perempuan Internasional ini ditujukan untuk menghormati peran serta prestasi perempuan-perempuan dunia. Tak lupa juga, peringatan Hari Perempuan Internasional selalu menyuarakan gerakan untuk kesetaraan gender dan menentang kekerasan seksual.

Tambah Skill Baru di Aplikasi Cakap, Gratis Setiap Hari!

Setelah mengetahui sejarahnya, saatnya kamu mulai ikut bergerak dalam memperjuangkan hak-hak perempuan di dunia. Kalau kamu lihat di sosial media, banyak sekali gerakan aksi Hari Perempuan Internasional yang menggunakan Bahasa Inggris. Literatur mengenai isu-isu perempuan juga banyak dibahas menggunakan Bahasa Inggris.

Untuk terus menambah pengetahuan kamu mengenai isu-isu perempuan di dunia yang sedang marak diperjuangkan oleh kaum-kaum feminis dengan Bahasa Inggris, kamu bisa untuk ikut kelas Bahasa Inggris Cakap. 

Di sana, kamu bisa belajar banyak mengenai Bahasa Inggris secara langsung dengan tutor handal dan berpengalaman. Yuk, daftar kelas Bahasa Inggris Cakap, agar kamu bisa menyuarakan gerakan Hari Perempuan Internasional secara lebih luas!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks