Liburan di Rumah? Why Not! Ini Daftar Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan

mengisi liburan di rumah

Menghabiskan liburan di rumah saja? Why not! Meskipun di rumah, kamu tetap bisa melakukan banyak aktivitas seru dan produktif kok. Lebih dari itu, kamu juga bisa menghabiskan liburan seru secara intens bersama keluarga.

So, buat kamu yang masih belum punya planning liburan, pantengin 5 aktivitas seru untuk mengisi liburan di rumah berikut ini!

Membaca Koleksi Buku Lama dan Menulis Cerita

mengisi liburan di rumah
Photo from Unsplash

Karena membaca dan menulis merupakan dua hal yang relevan dan bisa dibilang satu paket, so keduanya akan dipaparkan dalam satu penjelasan yang sama di sini. Buat kamu yang ingin mengisi liburan di rumah, yuk coba kunjungi perpustakaan kecil atau rak buku di rumahmu. Barangkali ada buku baru yang belum sempat kamu baca atau mungkin ingin mengulang bacaan di buku atau novel lama juga boleh.

Selain membaca buku, kamu juga bisa lho menulis cerita. Kalau ada pernyataan “Tapikan menulis itu susah, nggak bisa!”, maka bisa saja karena kamu belum mencoba. Coba tulis hal sederhana yang menurutmu mudah, seperti diary atau puisi.

Membuat Hasta Karya

mengisi liburan di rumah
Photo from Unsplash

Membuat kerajinan tangan dari bahan-bahan alam atau bahan yang sudah tidak terpakai bisa menjadi pilihan untuk mengisi liburan di rumah. Kalau kamu bingung ingin membuat apa dan bagaimana caranya, tenang, kamu bisa nonton video tutorialnya di berbagai platform.

Membuat hasta karya adalah cara tepat mengisi liburan yang bermanfaat. Kamu bisa menyulap barang-barang biasa menjadi seni yang lebih bernilai dan bermakna. Kamu juga bisa membuat handicraft sederhana dan kreatif, seperti origami.

Mencoba Resep Masakan Baru

mengisi liburan di rumah
Photo from Unsplash

Buat yang belum bisa masak, kegiatan ini pas banget untuk dijadikan ajang belajar. Sedangkan untuk yang sudah jago masak, kegiatan ini bisa meningkatkan skill memasakmu. Kamu bisa mengisi liburan di rumahmu dengan mencoba resep masakan baru. Agar lebih seru pastikan kamu ikut terlibat dalam semua kegiatan memasak tersebut yah, mulai dari membeli bahan di pasar sampai menyajikan makanan di piring cantikmu.

Nonton Film Bareng Keluarga

mengisi liburan di rumah
Photo from Freepik

Nonton film bareng keluarga? Terdengar menyenangkan! Kamu bisa mengajak orang tua, kakak, dan adikmu untuk nonton film bareng. Pilih film dengan genre yang sesuai dan pas untuk ditonton bersama. 

Jika kamu memiliki LCD proyektor, kamu bisa menggunakannya agar nonton di rumah makin asyik dan berasa lagi di bioskop! Dijamin deh kegiatan mengisi liburan di rumah yang satu ini bakal bikin kamu sekeluarga happy!

Menata Halaman/Taman Rumah Agar Lebih Asri

mengisi liburan di rumah
Photo from Unsplash

Untuk mengisi liburanmu di rumah, kamu bisa melakukan hal ini! Seberapa pun kecil atau besarnya halaman/taman yang ada di rumahmu, jika tidak diurus dengan baik maka akan percuma. Liburan kali ini menjadi waktu yang tepat untuk menghias tamanmu. Buat kamu yang berencana menghabiskan liburanmu di rumah, coba tata kembali tanaman yang ada di taman atau halaman rumahmu, bila perlu tambah lagi dengan tanaman baru.

Dengan kegiatan di atas, dijamin deh liburanmu nggak akan sepi dan ngebosenin meski hanya di rumah saja. Apalagi ini bulan Desember, momen yang tepat untuk lebih memfokuskan dirimu bersama keluarga di rumah.

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.