Memiliki Pendidikan yang Terbaik, Apa Saja Fakta Pendidikan di Finlandia?

Animated College

Sudah banyak orang yang mengetahui bahwa Finlandia adalah salah satu negara yang memiliki sistem pendidikan yang bagus di dunia. Banyak perbedaan dari sistem pendidikan yang ada di Finlandia dengan Indonesia.

Finlandia sendiri merupakan negara bagian Eropa Utara yang berbatasan langsung dengan 3 negara yaitu Swedia, Norwegia, dan Russia. Negara ini juga termasuk negara termakmur dan memiliki pendapatan tinggi.

Dikutip dari ehef.id “Menurut laporan dari PISA ( Program for International Student Assesment) tahun 2017, Finlandia mendapat peringkat cukup tinggi dalam kemahiran para pelajar nya di bidang problem solving, reading dan science.” Hal ini memang sudah diakui oleh dunia.

Apa aja sih sistem yang membuat pendidikan di Finlandia sangat bagus? Yuk kita simak..

Bebas Biaya Pendidikan

sumber: giphy.com

Seluruh sekolah yang ada di Finlandia memberi potongan biaya sekolah sebanyak 100% kepada seluruh muridnya. Bahkan sekolah swasta dilarang untuk memberi biaya pendidikan yang tinggi. Hal tersebut dikarenakan, pemerintah finlandia yang sudah menetapkan peraturan untuk sekolah dilarang memberi biaya pendidikan yang tinggi. Oleh karena itu, orang tua siswa di Finlandia tidak pusing untuk mencari sekolah yang bagus untuk anaknya.

Kualitas Guru yang Sangat Menjamin

sumber: giphy.com

Pada tahun 2010, sekitar 6.600 orang ingin mendaftar untuk menjadi guru, yang yang diterima hanya 600 orang saja. Untuk menjadi guru di Finlandia tidaklah mudah. Kalian harus mencapai gelar master dahulu dan juga menjadi 10 besar lulusan terbaik di suatu universitas. Seorang guru memiliki gaji yang setara dengan seorang pengacara.

Sekolah Hanya 5 Jam Sehari

sumber: giphy.com

Di Indonesia, siswa sekolah dasar biasanya belajar selama 6-8 jam sehari. Waktu yang sangat lama menurut kebanyakan orang. Kalau di Finlandia, siswa sekolah dasar hanya menghabiskan waktu selama 4-5 jam di sekolah, sedangkan SMP dan SMA menggunakan sistem kuliah dimana siswa hanya masuk ketika ada pelajaran saja. Menurut orang Finlandia, dengan jam yang singkat akan meningkatkan efektifitas pembelajaran siswa. Oleh karena itu banyak anak di Finlandia yang cerdas.

Tidak Ada PR dan UN

sumber: giphy.com

Di Finlandia, para siswa hampir tidak mengenal PR atau Homework. Karena mereka sangat jarang untuk diberikan tugas. Dengan begitu mereka bisa melakukan hal-hal yang lain seperti hobby dan bermain. Tidak hanya PR, di Finlandia ternyata juga tidak ada Ujian National. Mereka sangat mempercayai kemampuan guru dalam mengevaluasi kemampuan siswa. Kedua hal tersebut membuat para siswa tidak tertekan dan mampu belajar dengan efektif.

Tidak Menggunaan Sistem Ranking

sumber: giphy.com

Jika kalian ke Finlandia, kalian tidak akan menemukan list ranking para murid di skolahnya. Hal tersebut membuat murid yang ada di sekolah bisa berteman dengan yang lainnya tanpa memandang perbedaan. Tidak ada murid yang bodoh maupun yang pintar di dalam sekolah.

Itulah alasan mengapa Finlandia menjadi salah satu negara dengan sistem pendidikan yang bagus di dunia. Bahkan banyak orang dari luar Finlandia yang ingin melanjutkan study ke sana. Ada banyak alasan mereka ingin ke Finlandia, Diantaranya adalah banyaknya universitas unggulan, memiliki keindahan alam, keamanan yang terjamin, banyak program beasiswa, dan Finlandia menggunakan bahasa Inggris yang umum di kehidupan sehari-hari. Jadi jika kalian ingin melanjutkan atau mencoba belajar di Finlandia, kalian harus menguasai bahasa Inggris dahulu ya.

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google