Masih Malu untuk Berbicara dalam Bahasa Asing? Ini Tipsnya!

Masih Malu untuk Berbicara dalam Bahasa Asing? Ini Tipsnya!

Salah satu cara cepat belajar bahasa asing memang dengan berlatih, namun jika kamu sudah merasa rajin berlatih, apakah kamu sudah terbiasa untuk berkomunikasi dalam bahasa asing yang sedang dipelajari? Apakah program yang sedang kamu lakukan benar-benar efektif untuk membuatmu fasih berbicara dalam bahasa asing dengan orang lain?

Mungkin kamu sudah memiliki kemampuan untuk membaca, menyimak, dan menulis. Namun, untuk berbicara, itu merupakan hal yang berbeda. Mengapa? Karena kamu harus memastikan untuk dapat berbicara dengan pelafalan yang benar, jelas, dan intonasi yang tepat untuk menghindari kesalahpahaman.

Cara untuk melatih kemampuan berbicara dalam bahasa asing yang paling efektif saat ini adalah dengan mengobrol. Masalahnya, tidak semua orang memiliki teman ngobrol yang juga dapat membantunya memperlancar kemampuan berbahasa asing. Untuk hal ini, mengobrol online adalah solusinya.

Mengobrol adalah cara yang menyenangkan dan ramah untuk belajar bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya dari penutur asli. Kamu dapat mengetik, voice chat, atau video chat untuk melatih berbagai keterampilan berbahasa asing. Kamu juga bisa mendapatkan wawasan baru tentang bahasa gaul dalam bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya.

Mengapa Mengobrol Sangat Cocok untuk Belajar Bahasa Asing?

Memiliki kemampuan berbahasa Inggris atau bahasa asing lainnya memang bukan suatu hal yang mudah. Mungkin kamu sudah merasa cukup nyaman untuk menulis dan membaca tapi apakah kamu sudah cukup nyaman untuk berbicara dan mendengarkan? Belum lagi jika kamu khawatir akan penilaian orang lain akan kemampuan berbahasa asing-mu.

Di situlah mengobrol dalam bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya menjadi sebuah solusi belajar bahasa. Mengobrol membuat percakapan bahasa Inggris tidak terlalu menakutkan. Meskipun obrolan di internet bukan pengganti untuk percakapan langsung, namun itu adalah cara yang baik untuk merasa nyaman berbicara dalam bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya dan mengatasi rasa takutmu.

Forum bahasa asing online adalah lingkungan bertekanan rendah. Artinya, kamu dapat memiliki catatan tepat di depanmu dan tidak akan ada yang tahu. Kamu bisa menuliskan catatan kosakata atau kalimat yang ingin dilatih untuk membantumu berbincang di sana. Kamu dapat berbicara dengan banyak orang tanpa meninggalkan rumah.

Manfaat Bergabung dengan Komunitas Pembelajaran Bahasa Online

Kamu Tidak Sendirian

Hanya dengan mengetahui bahwa kamu tidak sendirian dapat menjadi penghiburan yang bagus bagi pelajar bahasa asing. Belajar bahasa asing dalam forum online dapat mempertemukanmu dengan pelajar bahasa asing lainnya sehingga kamu memiliki teman diskusi baru yang mungkin saja dapat membantumu belajar.

Kamu juga bisa mendapatkan kiat-kita belajar dari anggota diskusi. Apalagi jika kamu tergabung dalam Cakap Live, kamu bisa mendapatkan kiat-kiat belajar dari pengajar profesional yang juga merupakan penutur asli bahasa asing yang kamu pelajari. Cakap Live adalah fitur pada aplikasi Cakap yang memungkinkan pengajar untuk berinteraksi dengan pelajar bahasa asing secara langsung dengan berbagai topik berbeda di setiap harinya.

Jadi Lebih Dekat dengan Penutur Asli

Belajar bahasa asing dengan aplikasi Cakap, selain lebih praktis, kamu juga akan diajarkan oleh pengajar profesional. Dengan metode belajar dua arah, kamu bisa berinteraksi dengan pengajar tanpa harus keluar rumah. Cukup dengan smartphone-mu saja.

Penutur asli adalah mereka yang cukup beruntung untuk dilahirkan di negara tempat bahasa target kamu digunakan. Dulu yang mendapatkan akses ke mereka melibatkan tiket pesawat, tersesat di kota mereka, atau membayar mahal untuk ke tempat les bahasa asing yang “fancy”. Tapi itu sepertinya sudah kuno sekali. Hari ini, kamu bisa mendapatkan akses ke penutur asli hanya dengan smartphone-mu, melalui aplikasi Cakap yang dapat kamu unduh dari Play Store dan App Store.

Yuk, Download Aplikasi Cakap!

Praktis

Seperti yang telah disampaikan di atas, kini belajar bahasa asing sudah lebih praktis karena kamu hanya membutuhkan gawai atai gadget dan koneksi internet yang stabil. Kamu sudah tidak perlu lagi keluar rumah untuk belajar bahasa asing dan waktu belajarnya pun dapat disesuaikan dengan kegiatanmu. Kamu juga diberikan kebebasan untuk memilih pengajar yang kamu inginkan.

Jika kamu masih ragu, kamu bisa mencoba aplikasi Cakap secara gratis di acara Grand Launching Cakap yang bertajuk “Cakap Bahasa, Cerdaskan Bangsa.”

Kapan dan Di Mana?

Hari, tanggal : Sabtu, 6 April 2019

Tempat : Unity Stage, Summarecon Mall Serpong

Waktu : 11.00-21.00

Apa Saja Acaranya?

  • Talkshow bersama Tomy Yunus selaku CEO dari Cakap.com, Ivan Lanin (Wikipediawan Bahasa Indonesia), Tjhen Wandra (Praktisi Mandarin), Hiroaki Kato (Musisi), dan Amie Ardhini (News Anchor Beritasatu TV) sebagai Moderator.
  • Performa musik dari Rendy Pandugo
  • Penyerahan Rekor MURI “Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa dengan Interaksi Dua Arah Secara Langsung”
  • Doorprize berupa Beasiswa ke Beijing senilai hingga 38 juta rupiah

Kalau Mau Bergabung, Bagaimana Caranya?

Kamu bisa mendaftarkan dirimu DI SINI

Sudah waktunya kamu menjadi lebih cakap berbahasa asing dan lebih berani untuk mengungkapkan ekspresimu dalam bahasa asing. Tunggu apalagi? Daftar dan hadiri acaranya untuk menjadi pelajar bahasa asing dengan metode paling mutakhir!

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google