Manfaat Mengenalkan dan Mengasah Kemampuan Seni pada Anak

manfaat seni

Bidang seni merupakan salah satu bidang yang mampu mengasah keterampilan anak di luar pembelajaran internal atau mata pelajaran wajib. Kadang orang tua lebih memilih untuk meningkatkan keterampilan anak di bidang eksak atau bidang lainnya daripada bidang seni, padahal ada banyak manfaat yang bisa didapatkan anak saat mereka belajar seni.

Pada dasarnya anak-anak sudah mengenal seni dari beberapa kegiatan sehari-hari yang mereka lakukan, seperti menggambar, menyanyi, menari, dan beberapa kegiatan yang mungkin sering tidak disadari bahwa itu termasuk seni.

Mengenalkan seni kepada anak sejak dini dapat membantu mereka meningkatkan imajinasi sehingga anak akan lebih kreatif dan mampu membuat karya-karya luar biasa yang bermutu nantinya. Yuk kenali manfaat belajar seni untuk anak!

Meningkatkan Kreativitas dan Daya Cipta

source: giphy.com

Seperti yang telah dibahas di atas, salah satu manfaat seni untuk anak adalah meningkatkan kreativitas. Anak yang belajar seni akan cenderung lebih kreatif, mereka mampu menuangkan kreasi dan eksplorasi dalam imajinasinya ke dalam berbagai bentuk, baik gambar, goresan, maupun tulisan.

Mengenalkan seni pada anak juga dapat mengurangi kebosanan, karena segala hal yang ada pada seni selalu bisa menjelma permainan yang menyenangkan dan menarik perhatian.

Anak Akan Lebih Fokus dan Terkonsentrasi

source: giphy.com

Dunia seni menuntut siapa saja yang ada di dalamnya untuk fokus menyelesaikan apa yang sedang ia buat atau kerjakan. Contohnya, jika anak sedang membuat seni gambar atau lukis, mereka harus fokus pada objek yang sedang mereka gambar agar dapat menciptakan gambar/lukisan yang sempurna.

Atau dalam seni peran, anak harus mampu mengolah konsentrasi dalam memainkan sebuah peran. Manfaat seni yang satu ini bisa membantu anak-anak untuk terbiasa mengolah fokusnya bukan hanya saat berada di bidang seni, tetapi juga saat dalam sekolah atau kehidupan sehari-hari.

Melatih Disiplin dan Tanggung Jawab

source: giphy.com

Manfaat belajar seni selanjutnya adalah melatih tanggung jawab. dalam sebuah projek seni atau pelatihan seni, biasanya akan ada kerja sama kelompok, baik saat pementasan (teater sederhana) ataupun pentas musik, di sana anak akan dilatih bagaimana caranya bertanggung jawab untuk menyelesaikan tugas bersama kelompok dan mampu menghasilkan sebuah karya dan pementasan yang sukses.

Melatih Keterampilan

source: giphy.com

Satu lagi manfaat seni bagi anak, yaitu mengasah dan meningkatkan keterampilan. Anak yang menyukai seni cenderung lebih terampil, mereka mampu menyelesaikan tugasnya dengan cakap dan cekatan.

Kegiatan seni sederhana seperti membuat karya dengan tanah liat, melukis, dan menggunakan kuas dapat melatih keterampilan dan koordinasi antara tangan dan mata.

Belajar seni memiliki segudang manfaat yang berguna bagi anak. Beberapa cara yang bisa Moms and Dads lakukan untuk mulai mengenalkan dan meningkatkan perkembangan seni pada anak di usia dini adalah menonton pentas teater, pergi ke galeri/museum seni, berlatih musik dan menghafal lagu-lagu anak, atau menggambar. 

Kabar baik untuk para orang tua yang ingin mengenalkan seni pada anak sejak dini. Cakap mempunyai program Cakap After School, yakni ekstrakulikuler gratis yang mengajak anak untuk mengenal berbagai bentuk seni, mulai dari prakarya, musik, lukis dsb. Untuk mengikuti program Cakap After School, Moms and Dads harus mengajak anak untuk join Cakap for Kids terlebih dahulu. 

Cakap juga punya komunitas parenting yang bisa menjadi ladang ilmu bagi para orang tua untuk mendidik anak-anaknya, yuk Moms and Dads join Parents Lyfe Club sekarang juga dan temukan banyak manfaat join komunitas parenting di sana!  

Baca Juga:

 

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks