Ini Manfaat Bercocok Tanam untuk Anak dan Orang Tua

manfaat menanam tanaman

Sejak pandemi Covid-19, kegiatan bercocok tanam di rumah semakin digandrungi masyarakat. Bercocok tanam dipilih menjadi salah satu kegiatan untuk mengisi waktu luang maupun mengobati kerinduan pada alam. Mengingat, ada aturan pembatasan aktivitas dan mobilitas di luar rumah selama pandemi Covid-19.

Namun, selain untuk mengisi waktu luang, sebenarnya kegiatan bercocok tanam di rumah memiliki berbagai manfaat. Mulai dari si kecil hingga parents bisa mendapatkan manfaat di balik kegiatan bercocok tanam ini. 

Manfaat Bercocok Tanam untuk Si Kecil

source: giphy.com

Melalui kegiatan bercocok tanam, si kecil dapat belajar untuk bertanggung jawab. Rutinitas untuk menyiram tanaman, memberi vitamin, pupuk, atau nutrisi pada tanamannya dapat menumbuhkan rasa tanggung jawab pada diri si kecil.

Di sisi lain, si kecil bisa belajar mengenai kegigihan. Dengan bercocok tanam, si kecil bisa mempelajari bahwa butuh usaha dan proses dalam membuat sebuah tanaman bertumbuh dengan baik. 

Apalagi, tidak semua benih yang disemai dapat bertumbuh. Jadi, si kecil juga bisa belajar untuk menghadapi kegagalan serta menghargai sebuah proses untuk mendapatkan hal yang dia inginkan.

Makin Pandai Didik Anak dengan Gabung Kelas Parenting, Gratis!

Manfaat Bercocok Tanam untuk Parents

source: giphy.com

Sedangkan, bagi parents, kegiatan bercocok tanam dapat dimanfaatkan untuk membangun bonding dengan si kecil. Parents bisa mengajarkan si kecil mengenal dunia tanaman sejak dini sambil membangun hubungan yang baik dengannya. 

Terlebih lagi, jenis tanaman yang dapat ditanam bersama si kecil sangat beragam. Parents bisa mengajarkan si kecil dengan menanam bunga, buah, sayuran, hingga bumbu-bumbu dapur. Jadi, selain memberikan ilmu pada si kecil, parents bisa menghemat biaya dapur. 

Menyadari banyaknya manfaat dibalik kegiatan bercocok tanam di rumah ini, Cakap menyelenggarakan kelas daring bersama Kebun Kumara di Cakap Upskill. Kebun Kumara sendiri sudah dikenal sebagai kebun pembelajaran permakultur yang didedikasikan untuk membantu penduduk kota mencapai gaya hidup berkelanjutan. 

Disamping itu, Kebun Kumara sering mengadakan workshop edukatif seputar bercocok tanam bagi anak-anak hingga orang dewasa. Untuk itu, Cakap mengajak Kebun Kumara berbagi informasi mengenai dunia bercocok tanam di Cakap Upskill.

Kelas yang membahas manfaat menanam bumbu di rumah bersama si kecil ini telah berlangsung pada tanggal 10 April 2021 lalu. Selama 1 jam, Sarah Adipayanti, Education Manager Kebun Kumara, memaparkan cara jitu menghemat biaya dapur sambil memperkenalkan si kecil pada dunia tanaman. 

Tidak lupa, Sarah juga mempraktikkan cara menanam yang benar serta bahan-bahan yang diperlukan untuk menunjang pertumbuhan tanaman dengan baik. Setelah itu, kelas ini ditutup dengan sesi tanya-jawab bersama peserta yang hadir.

Namun, selain kelas daring seputar bercocok tanam ini, Cakap juga menghadirkan kelas daring lainnya. Parents bisa langsung menambah ilmu parenting dengan belajar di Cakap Upskill. Di sana, parents bisa mendapatkan ilmu parenting dari pemateri profesional secara gratis!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks