5 Makna Puasa Ramadan, Ada yang Berkaitan dengan Kesehatan?

makna-puasa-ramadan

Menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan merupakan kewajiban bagi para umat muslim. Namun, puasa di bulan Ramadan tidak hanya perihal menahan lapar dan dahaga, lho. Ada banyak makna puasa yang bisa menaikkan spiritualitas dan meningkatkan disiplin diri.

Lantas apa saja ya makna puasa Ramadan yang harus kamu tahu? Yuk, cari tahu biar hari-hari di bulan puasamu makin optimal!

Melatih Kesabaran dan Meningkatkan Rasa Syukur

 

ramadan
Photo from Freepik

Mari mulai dari poin pertama, yaitu melatih kesabaran dan meningkatkan rasa syukur kepada Allah SWT. Melakukan ibadah puasa juga berarti belajar sabar dan mengontrol emosi. Berpuasa akan membuatmu lebih menahan diri atas hal-hal buruk, seperti berkata kasar, marah, dan tindakan negatif lainnya.

Selain bisa melatih kesabaran, makna puasa juga bisa dilihat dari rasa syukur terhadap Allah. Karena masih dipertemukan dengan bulan Ramadan tahun ini. Di mana kita sama-sama tahu bahwa menjalankan amal ibadah di bulan Ramadan, pahalanya akan dilipatgandakan. Tidak hanya itu, momen-momen berbuka puasa juga akan membuatmu merasa bersyukur karena dapat berbuka dan melepas rasa lapar dan dahaga. 

Memperkuat Iman dan Keyakinan

 

puasa-ramadan
Photo from Freepik

Ibadah puasa adalah salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan. Menjalankannya berarti telah melaksanakan apa yang telah diharuskan dalam keyakinan agama Islam. Hal lain yang bisa meningkatkan keimanan kita di bulan Ramadan adalah anjuran untuk membaca Al-quran, melakukan ibadah sunnah lainnya, seperti sholat tarawih. 

Berbagi dan Mempererat Tali Silaturahmi

 

puasa
Photo from Freepik

Makna puasa Ramadan selanjutnya adalah berbagi dan mempererat tali silaturahmi. Bulan Ramadan merupakan momen yang tepat untuk berbagi kepada sesama yang membutuhkan. Kamu bisa memulainya dengan hal-hal sederhana, seperti memberikan makanan atau takjil untuk berbuka puasa. Berbagi dan menebarkan simpati akan membuat Ramadanmu makin bermakna. 

Tidak hanya itu, Ramadan juga waktunya mempererat tali silaturahmi dengan saudara-saudara jauh. Misalnya dengan mengadakan acara buka bersama keluarga besar dan saling berkunjung ke rumah masing-masing.

Belajar Disiplin

 

makna-puasa
Photo from Pexels

Di bulan yang baik ini, kamu juga akan belajar disiplin. Kamu akan belajar mengatur keseimbangan dalam kehidupan. Contoh sederhananya adalah bagaimana mengatur waktu antara ibadah dan kegiatan sehari-hari selama bulan Ramadan. Kapan harus belajar, bekerja, bermain, dan beribadah. Bahkan, puasa juga membuatmu menjalankan pola makan yang teratur. Dari caramu mengatur dan membagi waktu di bulan Ramadan, secara tidak langsung akan membuatmu belajar akan kedisiplinan.

Puasa Dapat Menyehatkan Tubuh

 

makna-ramadan
Photo from Pexels

Makna puasa yang satu ini mungkin belum banyak dibahas. Faktanya, puasa dapat menyehatkan tubuh lho, Sobat Cakap. Saat puasa, tubuh akan secara alami melakukan detoksifikasi. Menjalankan ibadah puasa memberikan kesempatan pada alat pencernaan untuk beristirahat dan membebaskan tubuh dari racun. Jadi, selain dapat pahala, kamu juga akan mendapatkan keuntungan lain berupa tubuh yang lebih sehat.

So, itu dia 5 makna puasa di bulan Ramadan yang harus kamu tahu, biar puasamu makin semangat!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.