Bikin Ngiler! Ini 11 Makanan Khas Bali yang Wajib Dijajal

makanan khas bali

Bali merupakan surganya tempat wisata. Daerah ini bisa memanjakan turis dari alamnya hingga kulinernya. Salah satu makanan khas Bali yang paling populer adalah ayam betutu. Banyak turis yang merokemendasikannya ketika liburan di Bali.

Namun begitu, masih banyak lho makanan khas Bali yang kalah nikmat dari ayam betutu. Jika kamu hendak berlibur ke Bali, siapin pulpen dan catetan karena di bawah ini ada 11 rekomendasi makanan khas Bali yang wajib kamu cicipin!

Makanan Khas Bali

Sate Lilit

source: giphy.com

Sate Lilit berbeda dari sate pada umumnya. Kalau biasanya daging sate ditusuk, makanan khas Bali ini justru dililit. Selain itu, sate lilit juga menggunakan tusuk sate yang pipih, berbeda dari tusuk sate pada umumnya yang ujungnya runcing.

Bukan cuman penampilannya aja yang berbeda, cita rasa yang disajikan tidak kalah unik. Sate lilit menggunakan ikan tenggiri dan daging ayam. Sebelum dibakar, daging ikan dan ayam dihaluskan serta dibumbui dengan bawang putih dan merah, kunyit, dsb. Jadi kepo, kan?

Nasi Jinggo

source: giphy.com

Nasi Jinggo tidak berbeda dengan nasi rames yang dikelilingi oleh berbagai macam lauk pauk. Bedanya, Nasi Jinggo dibungkus menggunakan daun pisang. Hal ini yang membuat Nasi Jinggo memiliki cita rasa yang berbeda dari nasi rames lainnya.

Bubur Mengguh

source: giphy.com

Bubur adalah sarapan pagi sejuta umat di Indonesia. Ketika kamu berlibur di Bali, boleh coba Bubur Mengguh. Bubur ini berisi dari santan dan beras, ayam suwir, kuah kaldu ayam, serta urap yang dihidangkan secara terpisah. Rasa yang gurih dan segar bikin pengin nambah!

Rujak Kuah Pindang

source: giphy.com

Pedas, asin, segar merupakan tiga rasa yang menggambarkan makanan khas Bali yang satu ini. Rujak Kuah Pindang sama seperti rujak biasanya yang menggunakan buah. Bedanya, kuah rujak ini menggunakan kaldu kental dari ikan pindang.

Ikan Asap Sambal Matah

source: giphy.com

Belum ke Bali kalau belum cicip sambal matah. Meskipun sekarang sambal matah udah ada di mana-mana, mencicipi langsung di tempat asalnya pasti akan berbeda. Biar lebih sedap, kamu bisa coba ikan asap sambal matah. Paduan ikan bakar dan sambal matah siap menggoyang lidah!

Bebek Betutu

source: giphy.com

Bebek Betutu merupakan incaran para turis ketika berkunjung ke Bali. Makanan khas Bali yang satu ini dimasak selama 7 jam sehingga dagingnya super empuk dan bumbu yang meresap ke seluruh sisi daging.

Mimpi ke Luar Negeri? Cicil Dulu dengan Belajar Bahasa Inggris di Cakap!

Sate Plecing

source: giphy.com

Sate Plecing merupakan hidangan sate khas bali selain sate lilit. Rasa sate ini pedas gurih dan asin karena menggunakan bumbu plecing yang terdiri dari cabai rawit, garam, air jeruk limau, dan terasi. Ada berbagai jenis daging yaitu daging ayam, babi, dan ikan.

Babi Guling

source: giphy.com

Memasak Babi Guling tergolong unik, sebab makanan khas Bali ini dipanggang secara utuh. Namun begitu, perut Babi Guling telah diisi bumbu-bumbu khas yang membuat dagingnya lebih nikmat. Kamu bisa sambangi Babi Guling Bu Oka yang telah terkenal dengan hidangan ini.

Nasi Tepeng

source: giphy.com

Nasi Tepeng merupakan makanan khas Bali yang terdiri nasi, sayur, ayam goreng, nangka muda, telur, dan kacang merah.  Nasi Tepeng menggunakan daun pisang sehingga kenikmatannya tidak luntur. 

Lak-lak

source: giphy.com

Laper tapi belum pengin makan berat? Kamu bisa ganjel pakai Lak-lak, cemilan khas Bali yang mirip kue serabi. Cemilan ini berupa kue kecil berwarna putih yang dibuat dengan campuran tepung beras dan santan serta pewarna alami seperti pandan.

Masih banyak makanan khas Bali yang bisa kamu explore selama liburan di sana. Sambangi tempat-tempat favorit dari makanan khas Bali di atas biar kamu tetap bisa merasakan kenikmatannya.

Setelah dari Bali, mau trip ke luar negeri? Sebelum berlibur, kamu bisa belajar bahasa Inggris di Cakap. Berkomunikasi selama liburan itu sangat penting. Selain membantumu ketika tersesat, kamu bisa menjalim pertemanan dengan orang luar negeri. Makanya, segera gabung Cakap!

cakap semi private

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

#MakinCakap Sekarang!

Kategori

Top Picks