Makanan dan Minuman Anti Stres-Stres Club

makanan sehat

Mumet karena banyak kerjaan atau sedang dilanda masalah itu gak enak banget. Bawaannya stres, gak bisa tidur, mau marah-marah terus, ya nggak sih? Apalagi kalau nafsu makan udah berkurang. Bisa bahaya juga ke tubuh lho.

Semua orang pasti pernah mengalami stres. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, pasti ada aja hal yang bikin stres itu muncul. Tapi, kamu bisa mengatasinya dengan berbagai cara. Misalnya dengerin lagu anak bahasa inggris, khususnya bagi anak yang stres karena banyak PR atau bosan di rumah dan jadi sering ngambek.

Nah, untuk para remaja atau orang dewasa, coba dengerin storytelling, baca buku, ataupun nonton film horror deh. Tiba-tiba ada jumpscare, terus gak sengaja teriak? Stresnya bisa jadi dilupain.

Tapi, ada ultimate way yang semua orang bisa lakuin nih. Apa lagi kalau bukan makan? Ternyata, makanan dan minuman juga ada yang manjur untuk mencegah stres. Kalau kata generasi zaman now anti social-social club, nih Cakap punya rekomendasi makanan yang juga anti stres-stres club.

Dark Chocolate n’ Ice Cream

source: giphy.com

Dua makanan ini populer banget. Selain enak dan hampir disukai semua orang, termasuk umum juga lho untuk mencegah stres. Dark chocolate atau cokelat pahit dapat menurunkan tekanan darah serta hormon kortisol. Alhasil, pikiranmu jadi lebih tenang. Cokelat gak cuma buat simbol Valentine, tapi juga penghilang stres yang terbilang mujarab.

Sama halnya dengan es krim. Karena terbuat dari susu, asam amino tryptophan yang terkandung di dalamnya mampu membuat otak tenang. Cobain aja makan es krim pas lagi stres, rasanya tuh suasana lebih adem dan bahagia kan? Udah manis, rasanya bervariasi, khasiatnya bagus pula.

Si oranye, Jeruk

source: giphy.com

“Ah, kan vitamin C doang isinya jeruk.” Hey, jangan salah. Stres menyebabkan kadar vitamin C terkuras. Justru itu, jeruklah solusinya. Karena banyak vitamin C-nya, cocok untuk menambah kadar vitamin yang hilang tadi. Jeruk kan seger, hawanya jadi ikutan seger lho sehabis makan itu. Banyak makan buah juga bagus untuk menjaga kesehatan, ya nggak?

Yogurt

source: giphy.com

Selain menguras vitamin C, stres timbul akibat bakteri jahat. Udah tahu dong kalau yogurt itu tempat tinggalnya bakteri yang dapat membunuh bakteri jahat dalam tubuhmu? Itulah mengapa yogurt bagus untuk pencegahan stres. Probiotik yang terkandung mampu menciptakan hormon serotonin alias bikin mood cemerlang.

Oatmeal

source: giphy.com

Makanan ini juga bantu otak menciptakan hormon serotonin lho. Adanya beta-glukan memberi rasa kenyang yang tahan lebih lama. Bagusnya, oatmeal dijadikan menu sarapan supaya meningkatkan konsentrasi serta semangat beraktivitas. Segala sesuatu yang dilakukan dengan enjoy akan menjauhkanmu dari stres, guys.

Tea time! (Green Tea dan Chamomile Tea)

source: giphy.com

Jenis teh ini gak kalah tenar sama makanan atau minuman yang lainnya. Green tea mengandung L-theanine dan kafein yang seimbang. L-theanine (asam amino) berguna untuk membuatmu lebih relaxed, sedangkan kafeinnya membantu meningkatkan fokus. Chamomile tea juga begitu. Selain mampu menenangkan pikiran dan saraf, tidurmu jadi lebih nyenyak lho. Gak usah takut insomnia kalau minum chamomile. Suasana hati lagi gak enak terus minum yang anget-anget kayak gini dijamin adem ayem.

Awas, kepedesan (Spicy Food)

source: giphy.com

Siapa kira makanan pedas bisa ngilangin stres? Ternyata, senyawa kapsaisin (capsaicin) yang menimbulkan rasa pedas dan panas dalam cabai itu berpotensi bikin kamu lebih berenergi. Nah, senyawa itu akan menciptakan hormon endorfin yang hasilnya bagus, yaitu menghilangkan stres serta meredakan rasa sakit. Bayangin aja, kepala mumet, siang bolong makan mie cabainya 10, enak kali ya? Hm.

Keep calm and stay positive, guys. Jangan sering-sering mikirin sesuatu terlalu berlebihan, nanti gampang stres. Tumbuhkan kepercayaan diri juga penting untuk menjaga kondisi pikiran dan tubuh yang sehat. Yuk bakar semangat beraktivitas lagi dengan makan dan minum anti stres!

Baca juga:

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google