Makan KFC dan Tradisi Perayaan Natal Unik Lainnya

Tak terasa kita sudah sampai di penghujung tahun. Hari Natal pun sudah semakin dekat. Berbagai dekorasi bernuansa Natal terpampang di mana-mana, mulai dari gerai dan toko-toko, restoran, maupun mall-mall yang mengadakan acara Natal.

Para umat Kristen di seluruh dunia juga sudah mulai mempersiapkan diri merayakan hari kelahiran Yesus. Ada yang makan-makan bersama keluarga, bertukar kado, menghias pohon Natal, dan banyak lagi.

Namun selain bertukar kado dan menghias pohon Natal, ternyata ada banyak tradisi unik untuk merayakan Natal di berbagai negara. Apa saja ya? Simak terus artikelnya sampai habis!

Makan KFC

Makan KFC source: giphy.com

Di Jepang, ada tradisi makan ayam goreng KFC di hari Natal. Tradisi ini dimulai beberapa dekade lalu lewat pemasaran KFC yang bernama Kurisumasu ni wa Kentakkii yang berarti Kentucky untuk Natal.

Hal ini kemudian menjadi tradisi Natal di Jepang yang dirayakan oleh jutaan keluarga. Setiap musim Natal, diperkirakan ada sekitar 3,6 keluarga Jepang yang membeli ayam goreng KFC. Penjualan harian di bulan Desember bisa meningkat 10 kali lipat dari biasanya. Menu spesialnya bahkan harus dipesan 1 minggu sebelumnya. Banyak orang yang rela mengantri berjam-jam untuk merayakan Natal dengan menyantap ayam KFC.

Bubur almond

Bubur almond
source: giphy.com

Di Finlandia, selain rumah dan toko yang terang dengan lampu-lampu Natal, pemakaman setempat juga ikut benderang karena dihiasi dengan lilin atau lampu Natal. Biasanya keluarga-keluarga di Finlandia akan berkunjung ke pemakaman keluarga untuk mengenang keluarga mereka yang sudah tiada.

Selain itu, ada juga hari raya St. Lucia pada 13 Desember. Pada hari raya tersebut, gadis tertua di tiap keluarga harus mengenakan jubah putih dan melayani keluarganya dengan roti, kopi, kue, atau anggur. Saat Natal, makan siang tradisional di Finlandia adalah bubur dengan kacang almond yang disembunyikan di dalamnya. Konon, siapa yang menemukan almond tersebut akan mendapat keberuntungan untuk sisa tahun itu.

Sarang Laba-Laba

Sarang Laba-Laba source: giphy.com

Kalau di negara lain pohon Natal dihias dengan lampu warna-warni, di Ukraina pohon Natal dihias dengan sarang laba-laba yang terbuat dari benang halus.

Tradisi ini dimulai dari legenda perayaan Natal dimana seorang gadis kecil dan keluarganya yang miskin tidak mempunyai biaya yang cukup untuk mendekorasi rumah mereka. Namun pada hari Natal di pagi hari, cahaya matahari yang menembus masuk dengan ajaib membuat sarang laba-laba berubah menjadi warna emas dan perak. Kisah ini memunculkan kepercayaan bahwa orang yang melihat sarang laba-laba di pagi Natal akan mendapat keberuntungan.

Perayaan selama setengah tahun

Perayaan selama setengah tahun source: giphy.com

Kapan perayaan Natal biasanya dimulai? Di Filipina, jawabannya bukan bulan Desember. Perayaan Natal di Filipina berlangsung selama setengah tahun. Dekorasi sudah dimulai sejak bulan September dan terus berlanjut hingga minggu pertamma bulan Januari.

Setiap hari mulai tanggal 16 Desember, umat Kristiani di Filipina merayakan tradisi Simbang Gabi atau Misa de Gallo yaitu kebaktian atau misa yang digelar di pagi buta. Di malam Natal, keluarga di Filipina menyantap makanan malam Natal yang disebut Noche Buena. Mereka juga menghias rumah dengan lentera kertas yang disebut ‘parol’.

Menyantap ikan mas

Menyantap ikan mas source: giphy.com

Kalau ditanya film Natal apa yang paling kamu sering nonton? Kemungkinan kamu akan menjawab Home Alone. Di Polandia, film ini sudah menjadi bagian dari tradisi Natal. Tiap malam Natal, keluarga di Polandi menonton Home Alone sambil menyantap ikan mas sebaga hidangan utama.

Ikan ini dipelihara di bak mandarin beberapa hari sebelum Natal. Sisiknya dianggap sebagai simbol keberuntungan. Wow, unik ya!

Mengusir Kallikantzaroi

Mengusir Kallikantzaroi source: giphy.com

Di Yunani, orang-orang menghadiri kebaktian tengah malam selama liburan untuk merayakan Natal. Mereka akan menabur air suci dari salib yang dibungkus daun basil untuk mengusir Kallikantzaroi.

Kallikantzaroi adalah roh jahat yang masuk ke dalam rumah lewat cerobong asap dan menyebabkan kerusakan. Selain dengan air suci, menjaga api agar terus menyala selama 12 hari menjelang Natal juga dipercaya merupakan cara terbaik untuk mencegah datangnya Kallikantzaroi.

Berkomunikasi dengan makhluk halus

Berkomunikasi dengan makhluk halus source: giphy.com

 

Rusia juga punya salah satu tradisi Natal yang sangat unik dan kental dengan unsur mistis, yakni dengan berkomunikasi dengan makhluk halus. Hali ni dilakukan dengan melakukan berbagai ritual keagamaan dan kepercayaan Slavia kuno.

Uniknya lagi, hari Natal di Rusia tidak jatuh pada tanggal 25 Desember melainkan pada tanggal 7 Januari yang didasarkan pada penanggalan Julian. Menarik sekali bukan?

Nah kamu bisa menyaksikan salah satu tradisi ini secara langsung dengan berlibur ke negaranya saat libur Natal. Supaya liburanmu aman tentram dan bisa berdiskusi dengan warga sekitar mengenai tradisi ini, perlancar dulu bahasa Inggrismu di Cakap ya!

Baca Juga:

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google