Love Language: Macam-Macam Bahasa Cinta yang Sesuai Denganmu

love language adalah

Istilah love language mungkin sudah tidak asing bagi beberapa orang. Love language atau bahasa cinta adalah cara seseorang untuk mengekspresikan cinta kepada orang lain. Ada banyak tipe-tipe love language pada setiap orang, jika kamu memiliki pasangan, kamu harus mulai mengenal dan memahami love language seperti apa yang pasanganmu inginkan.

Love language dapat menggambarkan preferensi personal terkait perlakuan pasangan yang bisa membuat seseorang merasa dicintai. Konsep love language pertama kali dikenalkan oleh Dr. Gary Chapman dalam bukunya Five Love Language. Yap, ada 5 macam love language yang harus kamu tahu agar kamu dapat men-treat pasanganmu dengan tepat. Cek satu-satu, yuk!

Word of Affirmation

love language adalah
Photo from Unsplash

Tipe love language yang pertama adalah word of affirmation. Bahasa cinta ini cocok untuk kamu atau pasanganmu yang cenderung menyukai pujian, kata-kata manis, atau ungkapan cinta yang membuat seseorang merasa dicintai. Seseorang dengan tipe love language word of affirmation akan merasa bahagia hanya dengan mendengar “I love you”, “kamu yang terbaik”, atau “kamu satu-satunya”.

Physical Touch

love language adalah
Photo from Pixabay

Jika word of affirmation membuat orang merasa dicintai dan bahagia dengan kata-kata manis, maka lain halnya dengan  physical touch. Orang dengan tipe love language ini akan merasa dicintai dan membutuhkan sentuhan fisik. Bahasa cinta physical touch bisa diekspresikan lewat pelukan, rangkulan, atau genggaman tangan.

Act of Service

love language adalah
Photo from Freepik

Seseorang yang memiliki love language act of service biasanya akan lebih menyukai aksi nyata atau tindakan langsung. Kata-kata manis yang menghibur tidak begitu berarti bagi orang yang memiliki tipe love language ini, “talk less do more”. Contoh sederhana, jika kamu merasa haus, pasanganmu akan langsung peka dan memberikan/membelikan minuman kesukaanmu.

Quality Time

love language adalah
Photo from Freepik

Jenis love language selanjutnya adalah quality time. Orang-orang dengan tipe love language ini akan merasa bahagia dan merasa dicintai jika pasangannya bisa meluangkan dan menghabiskan waktu bersama. Salah satu hal penting yang paling dibutuhkan orang dengan love language quality time adalah komunikasi yang baik.

Receiving Gifts

love language adalah
Photo from Freepik

Nah, yang terakhir adalah receiving gifts. Tidak harus selalu sesuatu yang mahal, kok. Tipe love language receiving gifts akan sangat menghargai dan merasa senang jika diberi hadiah atau kado. Rasa bahagia akan muncul karena ketulusan dan effort lebih yang diberikan pasangan dengan memberikan hadiah.

Gimana? Sekarang kamu sudah tahu bukan apa itu love language? Tugasmu selanjutnya adalah memastikan kamu dan pasanganmu saling menerima dan memberikan love language yang tepat ya, Sobat Cakap! Agar kamu lebih paham tentang love language, kamu bisa mengikuti quiz love language.

Tes Love Language Disini!

Memahami love language pasangan penting dalam suatu hubungan. Sebab, kamu akan lebih peka untuk memahami ketika pasangan sedang menggunakan bahasa cintanya. Nah, kamu sendiri sudah tau apa bahasa cintamu? Yuk, cari tahu di quiz love language test Indonesia gratis berikut ini!


Nama
Email
Phone
Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.