Liburan di Saat Pandemi? Intip 5 Tips Persiapannya!

liburan di saat pandemi

Mendekati akhir tahun 2021, pandemi Covid-19 di Indonesia saat ini telah menunjukkan perkembangan yang positif. Oleh karena itu perjalan keluar daerah termasuk untuk kepentingan liburan pun sudah mulai diperbolehkan. Meski demikian, kamu perlu mengikuti beberapa tips berikut untuk liburan di saat pandemi berikut ini!

1. Pastikan berada dalam kesehatan yang baik

Photo by wayhomestudio – freepik

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum memutuskan untuk liburan di saat pandemi adalah kondisi kesehatan. Pastikan kamu dalam kondisi yang benar-benar sehat dan tidak sedang mengalami gangguan kesehatan apapun. Jika kamu tidak dalam kondisi yang baik, kamu mungkin bisa membahayakan dirimu sendiri dan orang lain di saat liburan. 

2. Pilih destinasi yang tepat

Photo by Eva Darron – Unsplash

Perhatikan pilihan jenis liburan yang ingin kamu lakukan dan pertimbangkan lokasinya, apakah di dalam kota atau di luar kota. Jika di luar kota, perhatikan apakah wilayah tersebut bukan zona merah dan tidak lagi menerapkan PPKM yang ketat. Selain itu, hindari tempat-tempat yang terlalu ramai atau destinasi wisata favorit di mana keramaian sulit dihindari. 

3. Ikuti peraturan perjalanan yang berlaku

Photo by frimufilms – freepik

Pemerintah Indonesia sendiri menerapkan aturan khusus untuk melakukan perjalanan, baik dengan kendaraan pribadi, maupun transportasi publik. Selain itu, kamu juga perlu mempersiapkan dokumen-dokumen yang mungkin diperlukan seperti sertifikat vaksin, atau hasil tes antigen maupun PCR. 

4. Patuhi selalu protokol kesehatan

Photo by pvproductions – freepik

Meskipun kamu telah mengikuti imbauan untuk melakukan vaksinasi covid-19 dan terbukti negatif dalam tes antigen atau PCR, kamu tetap wajib menerapkan protokol kesehatan. Gunakan selalu masker, jaga jarak, dan hindari kerumunan baik di perjalanan maupun di lokasi destinasi liburanmu. 

5. Bawa peralatan pribadi 

Photo by freepik – freepik

Saat mempersiapkan liburan pastikan kamu membawa semua peralatan pribadi untuk meminimalisasi penggunaan barang bersamaan. Pastikan juga kamu tidak lupa untuk membawa stok masker dan hand sanitizer, terutama jika destinasi liburanmu terbilang jauh dari pusat perbelanjaan. 

Demikianlah tips yang bisa kamu gunakan untuk mempersiapkan liburan akhir tahun di masa pandemi covid-19. Bagi kamu yang tidak bisa menikmati liburan akhir tahun dengan jalan-jalan ke luar kota, jangan bersedih. Kamu bisa menghabiskan waktumu dengan membaca buku atau maraton series di Netflix yang terbilang murah dan effortless. Selamat menyongsong liburan!

Baca juga: 

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks