Lebih Tepat Menggunakan Kata Sifat Bahasa Inggris

Lebih Tepat Menggunakan Kata Sifat Bahasa Inggris

Bahasa Inggris adalah bahasa yang memiliki penutur asli terbanyak ketiga di dunia, setelah bahasa Mandarin dan bahasa Spanyol. Selain menjadi bahasa kedua yang paling banyak dipelajari, bahasa Inggris juga merupakan salah satu bahasa resmi di hampir 60 negara berdaulat. Belajar bahasa Inggris hampir tidak memiliki kerugian.

Bagi sebagian orang, belajar bahasa Inggris merupakan hal yang rumit, terutama soal grammar atau tata bahasa. Di dalam grammar bahasa Inggris, terdapat beberapa kelas atau jenis kata seperti kata benda (noun), kata sandang (determiner), kata depan (preposition), kata kerja (verb), kata sifat (adjective), kata ganti (pronoun), kata seru (interjection), kata keterangan (adverb), kata bilangan (numeral), dan kata sambung (conjuction). Kalau sebelumnya Cakap telah membahas kata benda bahasa Inggris, kali ini Cakap akan membantu kamu untuk belajar lebih dalam tentang kata sifat bahasa Inggris.

Kata Sifat Bahasa Inggris (Adjecttive)

Lebih Tepat Menggunakan Kata Sifat Bahasa Inggris
sumber: giphy

Kata sifat atau adjective adalah kosakata yang menggambarkan objek, seperti biru, marah, dingin, kering dan keras. Secara teknis, kata sifat digambarkan sebagai pemodifikasi atau pengukur kata benda atau kata ganti, tetapi cara yang lebih mudah untuk melihat definisi kata sifat adalah bahwa kata sifat memberi tahu kita lebih banyak dan memberi kita informasi tambahan tentang objek.

Kata sifat bahasa Inggris, seperti halnya kelas kata lain, secara umum tidak dapat diidentifikasi dengan bentuknya, meskipun banyak dari kata-kata itu dibentuk dari kata benda atau kata lain dengan menambahkan imbuhan, seperti:

Akhiran Contoh
-able/-ible adorable, incredible, responsible, inconsolable
-al educational, illegal, internal, viral
-an Indonesian, urban, American
-ar cellular, popular, spectacular, vulgar
-ent intelligent, entertainment, silent, violent, environment
-ful harmful, powerful, cheerful, thoughtful
-ic/-ical athletic, energetic, magical, scientific
-ine bovine, canine, equine, feminine, masculine
-ile agile, fragile, fertile, virile
-ive informative, native, talkative
-less careless, endless, homeless, timeless
-ous cautious, dangerous, enormous, malodorous
-some awesome, handsome, lonesome, wholesome

Tidak hanya akhiran seperti yang disebutkan di atas, ada juga kata sifat yang memiliki akhiran -y, -ary, -ate, -ed, dan -ing. Namun, kata benda dan kata keterangan bisa diakhiri dengan -y, banyak kata benda diakhiri dengan -ary, kata benda dan kata kerja juga diakhiri dengan -ate, dan kata kerja juga diakhiri dengan -ed dan -ing. Ingat kamu harus berhati-hati! Untuk mengetahui apakah sebuah kata sifat atau tidak, lihat lokasinya di dalam kalimat dan jangan lupa berlatih bahasa Inggris agar kamu semakin paham.

Di mana letak kata sifat (adjective) dalam kalimat bahasa Inggris?

Lebih Tepat Menggunakan Kata Sifat Bahasa Inggris
sumber: giphy

Jika kamu menemukan kata yang diakhiri dengan imbuhan seperti yang telah disebutkan dalam tabel dan kamu ingin tahu apakah itu kata sifat atau bukan, lihat saja di mana kata tersebut berada dan apa yang dilakukannya dalam kalimat.

Jika kata tersebut muncul segera sebelum kata benda dan terutama muncul di antara sebuah artikel (a, an, the), kata ganti kepunyaan (my, his, her, our, their, its), demonstratif (this, that, these, those) atau jumlah (some, many, most, all, few) dan kata benda, maka itu adalah kata sifat.

Contohnya:

  • Harry has a big house
  • Jenny wears a red dress
  • They live in their huge mansion
  • Look at those beautiful flowers!
  • Some homeless men live in the shelter near the church

Sobat Cakap, kurang lebih itulah penjelasan tentang kata sifat bahasa Inggris atau adjective. Jika kamu masih memiliki pertanyaan terkait tata bahasa Inggris, kamu dapat menanyakannya pada pengajar bahasa Inggris profesional kami lewat aplikasi Cakap. Jika kamu belum memiliki aplikasinya, kamu dapat mengunduh aplikasi Cakap di Play Store dan App Store. Dengan aplikasi Cakap, kursus bahasa Inggris online menjadi lebih mudah. Selamat belajar bahasa Inggris!

Related Post

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google