Lebih Sehat dan Panjang Umur dengan Teh Tionghoa

Lebih Sehat dan Panjang Umur dengan Teh Tionghoa

Salah satu hal paling menyenangkan untuk dilakukan adalah belajar bahasa Mandarin sambil minum teh hangat atau es teh. Teh merupakan salah satu jenis minuman yang paling dikonsumsi di dunia. Rasanya sangat menyegarkan dan memiliki banyak khasiat bagi  kesehatan. Republik Rakyat Tiongkok merupakan salah satu negara pengonsumsi teh paling banyak di dunia. Kok bisa? Simak ulasan berikut!

Sejarah Teh Tionghoa

Lebih Sehat dan Panjang Umur dengan Teh Tionghoa
sumber: giphy

Teh Tionghoa adalah minuman yang terbuat dari daun tanaman teh (Camellia sinensis) dan air matang. Daun teh diproses dengan menggunakan metode tradisional Tiongkok. Teh Tionghoa dapat dikonsumsi sepanjang hari, termasuk saat makan, sebagai pengganti air putih, untuk kesehatan, atau untuk kesenangan.

Menurut legenda populer, teh ditemukan oleh Kaisar Tiongkok Shen Nong pada 2737 SM ketika daun dari semak di dekatnya jatuh ke air yang dididihkan oleh sang kaisar. Teh sangat berkaitan dengan sejarah dan budaya Tionghoa. Minuman ini dianggap sebagai salah satu dari tujuh kebutuhan hidup orang Tionghoa, bersama dengan kayu bakar, beras, minyak, garam, kecap, dan cuka.

Sekitar 771 SM – 476 SM teh Tionghoa digunakan untuk tujuan pengobatan. Periode ini juga dikenal sebagai “Periode Musim Semi dan Musim Gugur”, di mana orang-orang Tionghoa pertama kali menikmati jus yang diekstrak dari daun teh yang mereka kunyah.

Jenis-jenis Teh Tionghoa

Lebih Sehat dan Panjang Umur dengan Teh Tionghoa
sumber: giphy

Teh Tionghoa dapat diklasifikasikan ke dalam lima kategori berbeda: putih, hijau, oolong, hitam dan pasca fermentasi. Lainnya menambahkan kategori untuk teh beraroma dan terkompresi. Semua ini berasal dari varietas tanaman Camellia sinensis.

Sebagian besar teh Tiongkok dibudidayakan dan dikonsumsi di sana, namun juga diekspor secara internasional karena meningkatnya popularitas masakan Tionghoa di seluruh dunia. Teh Tionghoa umumnya tersedia di Restoran Tionghoa dan toko kelontong di seluruh dunia.

Etiket Minum Teh

Lebih Sehat dan Panjang Umur dengan Teh Tionghoa
sumber: giphy

Di beberapa tempat di Tiongkok, di restoran, merupakan hal yang biasa bagi para pelanggan untuk membersihkan mangkuk dan peralatan makan mereka di meja dengan membilasnya dengan teh dari panci.

Teh dapat dituangkan di atas peralatan ke dalam mangkuk mereka, atau mangkuk yang lebih besar disediakan sebagai wadah limbah untuk teh yang digunakan untuk membilas mangkuk. Di restoran-restoran di Tiongkok, teh biasanya disajikan sebagai pengganti air, dan karenanya cenderung menjadi minuman ringan yang beraroma.

Namun, ketika diminum sebagai minuman sehari-hari, orang Tionghoa cenderung menggunakan botol teh khusus pribadi, di mana air dibiarkan meresap dengan daun teh selama berjam-jam, dan menghirupnya terus menerus. Metode ini, yang lebih lazim dalam kehidupan sehari-hari, dan menyeduh daun the yang sama secara berulang kali.

Peralatan Minum Teh

Lebih Sehat dan Panjang Umur dengan Teh Tionghoa
sumber: giphy

Satu set teh tradisional Tionghoa terdiri dari teko tanah liat atau porselen khusus, cangkir teh, sendok teh, saringan teh, nampan penguras, capitan teh (untuk daun), capitan besar (untuk cangkir teh) dan kadang-kadang, kadi teh. Semua ini disimpan di nampan teh kayu khusus dengan pengaturan pengeringan dan tempat untuk air. namun, di zaman yang lebih modern, kompor listrik yang dibuat khusus untuk perangkat teh digunakan oleh beberapa orang Tiongkok.

Teh dapat menjadi minuman penyegar di waktu istirahat ketika kursus bahasa Mandarin online di Cakap. Jernihkan kembali pikiranmu yang lelah. Selain itu, teh juga dapat membantu menjaga kesehatanmu. Sejak dulu, teh dikonsumsi karena dipercaya dapat memperpanjang umur dan untuk penyembuhan berbagai penyakit. Nah, sobat Cakap, siapa di antara kamu yang senang minum teh?

Baca Juga: 5 Makanan yang Wajib Ada Ketika Merayakan Imlek

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google