Terjebak Macet di Jalanan? Lakukan 5 Hal Ini Agar Tidak Bosan

Untuk kamu yang tinggal di kota-kota besar seperti di Jakarta, tentu gak asing lagi sama yang namanya macet. Mau pas berangkat kerja atau pulang, mau naik kendaraan pribadi atau kendaraan umum, rasa-rasanya macet selalu saja menghantui.

Perjalanan yang sebenarnya bisa ditempuh hanya dalam 30 menit bisa ngaret sampai 1 jam atau bahkan 1 setengah jam. Makanya muncul istilah seperti ‘tua di jalan’. Tak heran beberapa orang mempersiapkan barang-barang tertentu di mobil mereka seperti bantal, snack, atau bahkan baju ganti.

Tapi bagaimana untuk kita-kita yang pulang-pergi ke sekolah atau kantornya naik kendaraan umum? Belum lagi kalau harus berdiri berdesak-desakan selama berjam-jam. Yang ada udah stres duluan pas sampai di sekolah atau tempat kerja.

Biar gak bosan, stres, dan malah emosi, enaknya ngapain ya pas terjebak macet di kendaraan umum? Berikut 5 hal yang bisa kamu lakukan biar waktumu tidak terbuang sia-sia.

Mendengarkan musik atau podcast

Mendengarkan musik atau podcast
source: giphy.com

Daripada pusing dengerin suara klakson yang saling bersahut-sahutan, mending ambil jarak sejenak dari kebisingan dan dengarkan lagu-lagu favoritmu. Selain gak bikin bosan, mendengarkan musik juga membuat pikiran lebih santai dan rileks.

Atau kalau kamu lagi bosan dengerin playlist lagumu, dengerin podcast juga bisa jadi alternatif. Sekarang udah ada begitu banyak genre podcast yang tersedia, baik yang bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Tinggal kamu pilih deh!

Nonton drama atau film

Nonton drama atau film
source: giphy.com

Masih banyak drama atau film yang belum sempat kamu tonton karena sibuk? Kamu bisa menggunakan waktu luangmu saat di bus atau kereta dengan menonton drama atau film. Jadi begitu sampai sekolah, kantor, atau rumah, mood kamu jadi lebih baik deh karena udah terhibur dengan tontonanmu.

Jangan lupa bawa earphone supaya gak ganggu penumpang lainnya ya. Supaya batre dan kuota gak cepat habis, ada baiknya kamu download dulu dari rumah.

Lanjut tidur

Lanjut tidur
source: giphy.com

Buat kalian yang rumahnya jauh dari tempat tujuan sehingga harus bangun pagi dan menempuh perjalanan panjang, kamu bisa melanjutkan jam tidurmu yang mungkin terbatas. Dengan demikian, begitu sampai di tujuan energimu sudah kembali terkumpul dan kamu bisa melanjutkan aktivitas dengan produktif. 

Bikin to-do list

Bikin to-do list
source: giphy.com

Yap, waktu kosong ini juga jadi kesempatan bagus untuk merencanakan harimu. Catat di smartphone-mu hal-hal apa saja yang harus atau ingin kamu lakukan di hari itu dan bikin daftar prioritas.

Sekarang ini ada begitu banyak aplikasi produktivitas yang tersedia yang bisa membantumu hidup lebih teratur. Mempunyai to-do list juga bisa bikin kamu lebih siap dan produktif lho saat bekerja karena udah gak bingung lagi harus ngapain aja.

Membaca

Membaca
source: giphy.com

Sudah lama gak menyentuh buku? Manfaatkan waktu luang saat di kendaraan umum untuk kembali membangun kebiasaan membaca. Selain menghibur, membaca juga bisa menambah pengetahuan dan memperkaya kosakata. Kamu bisa baca buku fiksi yang ringan atau buku yang edukatif atau inspiratif.

Kalau kamu kurang suka baca buku, bisa juga dengan membaca berita supaya lebih update dengan informasi-informasi terkini. Dengan begitu, kamu jadi banyak topik pembicaraan deh. Selain itu, berita juga punya gaya kosakatanya sendiri jadi bisa melatih kemampuan menulismu.

Membaca dikatakan bisa mengurangi risiko penyakit alzheimer maupun demensia lho. Kalau barang bawaanmu berat, tak perlu khawatir karena sekarang membaca juga bisa dilakukan lewat ponsel.

Saat ini ada banyak platform berita yang bisa kamu pilih. Tentu harus memilih media yang kredibel dan terpercaya ya. Salah satunya ada Tempo yang memungkinkan akses informasi lebih mudah lewat ponsel.

Cakap dan Tempo hadir untuk mendukung hari-harimu agar lebih produktif dan menyenangkan. Dapatkan akses gratis 30 hari ke TEMPO Digital bagi seluruh Sobat Cakap yang telah melakukan pembelian paket belajar 6 bulan ke atas dengan menggunakan kode di bawah ini. 

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google