10 Komik Romantis Korea Webtoon Terbaik Bikin Jomblo Jatuh Hati

komik romantis terbaik

Webtoon Korea nggak kalah seru lho  dari hiburan Korea lainnya seperti drama, film, dan lain sebagainya. Sama seperti drama dan filmnya, ada sederet Webtoon Korea yang berhasil curi perhatian dunia. Namun begitu, masih banyak juga yang belum tau soal Webtoon Korea. 

Nah, kalau kamu hobi nonton drama atau film romantis, berarti kamu cocok nih buat baca komik romantis yang ada di Webtoon Korea. Apa aja ya komik romantis yang recommended buat dibaca? Yuk, simak daftar rekomendasi komik romantis di bawah ini!

10n Komik Romantis Korea Webtoon

1. The Secret of Angel (True Beauty)

true beauty

Penulis: Yaongyi
Rating: 9,6
Sudah Dibaca: 959 juta kali

The Secret of Angel bercerita tentang seorang gadis SMA bernama Jung Kyung. Ia tidak percaya diri dengan penampilannya sehingga ia mencari cara supaya bisa glow up. Akhirnya Jung Kyung memilih make up untuk menutupi kekurangannya tersebut.

Suatu hari, ia bertemu dengan Suho, seorang siswa SMA yang tampan. Suho menyukai penampilan asli Jung Kyung meskipun Jung Kyung sendiri tidak menyukainya. Lalu, Jung Kyung bertemu dengan siswa SMA lain, Seo Joon, dan mereka terlibat cinta segitiga.

Komik romantis ini diangkat menjadi drama Korea berjudul True Beauty. Drama True Beauty rilis pada akhir tahun 2020 dan sontak membuat fans K-drama heboh karena karakter Suho diperankan oleh Cha Eun Woo, artis Kpop yang terkenal dengan ketampanannya.

2. Let’s Meet in the Next Life (See You in My 19th Life)

see you in my 19th life

Penulis: Lee Hey
Rating: 9,88
Sudah Dibaca: 43 juta kali

See You in My 19th Life bercerita tentang Ban Ji Eum, seorang gadis yang telah hidup 18 kali dan selalu meninggal di usia 19 tahun. Di kehidupannya yang ke-19, Ban Ji Eum bertemu dengan Moon Seo Ha, seorang pria yang memiliki kemampuan melihat masa depan. 

Ban Ji Eum dan Moon Seo Ha pun bekerja sama untuk memecahkan misteri kematian Ban Ji Eum di kehidupan sebelumnya. Seiring berjalannya waktu, mereka mulai jatuh cinta. Webtoon ini sudah diangkat menjadi drama Korea dengan judul yang sama, lho!

3. My First Love Hate

my first love hate

Penulis: MANGDU
Rating: 9,85
Sudah Dibaca: 1,2 juta kali

Kamu yang ingin menambah koleksi webtoon romantis baru bisa mulai ngikutin My First Love Hate, nih! Webtoon ini bercerita tentang Kang Eunha yang kembali bertemu dengan cinta pertamanya Ha Seungmin di bangku kuliah. 

Dulu Eunha menjauhi Seungmin karena ia bergaul dengan berandalan di sekolah. Akankan cinta lama Eunha bersemi kembali ketika Seungmin mulai mendekatinya lagi? Cari tahu kisah mereka selengkapnya, yuk! 

Sudah Tahu Level Bahasa Koreamu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

4. My ID is Gangnam Beauty!

my id is gangnam beauty

Penulis: Maenggi Ki
Rating: 9,43
Sudah Dibaca: 13,3 juta kali

My ID is Gangnam Beauty! bercerita tentang Mirae, seorang mahasiswa baru yang siap menghadapi hidup baru di bangku kuliah setelah menjalani operasi plastik. Ia dikenal sebagai “kecantikan Gangnam” karena kecantikannya yang tampak tidak wajar. 

Mirae hanya ingin kehidupan kampus yang biasa saja, di mana ia dinilai bukan hanya karena penampilan. Akankah dia mampu menyesuaikan diri dengan baik di lingkungan barunya dan menemukan keberanian untuk menjalani impian kehidupannya? Langsung cari tahu aja, yuk! 

5. Cheese in the Trap

cheese in the trap

Penulis: soonkki
Rating: 9,77
Sudah Dibaca: 116 juta kali

Cheese in the Trap berkisah tentang kehidupan seorang mahasiswa bernama Hong Seol yang bertemu dengan teman sekelasnya yang populer, Yoo Jung. Awalnya, Yoo Jung tampak sempurna, tetapi Seol mulai mencurigai bahwa ada sisi gelap dalam kepribadiannya.

Nggak cuma romance, webtoon ini juga memiliki unsur drama dan misteri sehingga menarik untuk diikuti. Cheese in the Trap sangat populer di Korea Selatan dan bahkan seluruh di dunia dan sudah diadaptasi menjadi drama dengan judul yang sama, lho!

6. I Love Yoo

i love yoo

Penulis: Quimchee
Sudah Dibaca: 601 juta kali
Rating: 9.74

Dari sederet Webtoon Korea, I Love Yoo merupakan salah satu webtoon Korea yang populer di berbagai negara, bahkan di Indonesia. Komik romantis satu ini mengisahkan seorang perempuan bernama Shin Ae yang berasal dari keluarga broken home.

Memiliki masa lalu yang kelam mengubahnya menjadi perempuan yang sarkas dan tidak percaya dengan cinta. Hal itu berubah ketika ia merusak pakaian dari seseorang yang kaya raya. Tidak hanya kisah cinta, komik romantis ini juga menceritakan kisah persahabatan.

7. Our Beloved Summer

our beloved summer

Penulis: kyoungchal han
Sudah Dibaca: 7,5 juta kali
Rating: 9.86

Kamu tahu drama Our Beloved Summer yang tayang di Netflix? Webtoon ini adalah versi originalnya, lho! Bercerita tentang kisah Yeonsu dan Woong yang memiliki sifat yang bertolak belakang. Seiring berjalannya waktu, benih-benih cinta muncul ketika keduanya saling melihat sisi lain masing-masing. 

Webtoon Korea yang satu ini memberikan cerita yang ringan dan manis, jadi siap-siap untuk baper sama karakter Choi Woong, ya! Our Beloved Summer terdiri dari 20 episode saja dan sudah tamat sejak tahun 2022 lalu. 

Yuk Belajar di Cakap, Nonton Drakor Gak Perlu Subtitle!

8. Wonderwall

wonderwall

Penulis: Senaloli
Rating: 9.75
Sudah Dibaca: 438 juta kali

Wonderwall merupakan komik karya anak bangsa yang berhasil tembus ke Webtoon Korea. Komik romantis yang satu ini mengisahkan seorang perempuan skeptis bernama Jessy. Ia kemudian bertemu dengan seorang cowok dingin bernama Sean. 

Memiliki sifat yang berbeda, tidak menutup pintu hati mereka, sebab tumbuh benih-benih cinta antara Jessy dan Sean. Yuk baca webtoon Korea ini biar sekalian mendukung karya anak bangsa! 

9. To Love Your Enemy

to love your enemy

Penulis: Jungyoon, Taegeon
Rating: 9,50
Sudah Dibaca: 145 juta kali

To Love Your Enemy bercerita tentang Yeonhee Bae yang mengalami banyak tragedi dalam hidupnya. Pada usia 24 tahun, ia memutuskan untuk kuliah dan memulai hidup baru, tetapi ia justru bertemu dengan Yikyung Yoon yang tahu rahasia masa lalunya. 

Demi menjaga rahasianya, ia berpura-pura berpacaran dengan Yikyung Yoon. Mereka semakin dekat, tetapi Yikyung mengusulkan agar mereka berpura-pura menjadi pasangan resmi untuk menghindari perjodohan. Kira-kira gimana kelanjutan kisah mereka, ya? 

10. Orange Marmalade

orange marmalade

Penulis: Seokwoo
Rating: 9,71
Sudah Dibaca: 61 juta kali

Orange Marmalade mengisahkan tentang dunia di mana vampir dan manusia hidup berdampingan. Cerita berfokus pada hubungan antara Ma Ri, seorang vampir, dan Jae Min, seorang manusia. Ma Ri mencoba menjalani kehidupan yang normal dan menyembunyikan identitas vampirnya, sementara Jae Min menemukan rahasia Ma Ri.

Webtoon ini memiliki unsur romantis dan supernatural, serta menggali tema tentang perbedaan, persahabatan, dan bagaimana masyarakat merespon perbedaan. Nah, Sobat Cakap yang suka dengan genre supranatural atau fantasi bisa langsung meluncur, nih!

Komik romantis di Webtoon Korea sebenarnya masih banyak yang seru, tapi sayangnya belum semuanya diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Biar bebas baca tanpa nungguin terjemahan, yuk, belajar bahasa Korea di Cakap K-Club. Baca webtoon plus nonton drakor gak perlu subtitle!

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.