5 Kegiatan Ramadhan di Rumah yang Menambah Amalan

kegiatan ramadhan di rumah

Kegiatan Ramadhan tahun ini masih akan terasa seperti tahun lalu. Pandemi COVID-19 masih berlangsung mengharuskan seluruh masyarakat menjalankan ibadah puasa di rumah saja. Untuk kamu yang menjalani kegiatan ramadhan di rumah sambil bekerja jangan lupa untuk membaca artikel tentang tips produktif wfh saat puasa agar segala aktivitasmu berjalan lancar.

Walaupun beribadah dari rumah saja, kamu masih tetap bisa menjalankan kegiatan ramadhan yang dapat menambah amalanmu. Selain menambah produktivitas, kegiatan ramadhan di rumah saja juga dapat mengasah kemampuan soft skill kamu misalnya dengan belajar bahasa Inggris. Simak kegiatan ramadhan yang dapat menambah amalanmu.

Kegiatan Ramadhan di Rumah yang Dapat Menambah Amalanmu

Berikut 5 kegiatan Ramadhan di rumah yang bisa kamu lakukan untuk menambah amalan.

Kegiatan Ramadhan di Rumah yang Menambah Amalan

Kegiatan Ramadhan di Rumah Pertama: Mengkhatam Alquran

source: giphy.com

Kegiatan Ramadhan di rumah pertama yang dapat kamu lakukan adalah mengkhatamkan Alquran. Kegiatan Ramadhan ini bukanlah hal yang tak mungkin untuk dilakukan, sebab dengan banyaknya waktu saat kamu berada di rumah saja, kamu dapat mengkhatamkan Alquran dalam waktu satu bulan saja. 

Nah, agar keinginanmu dalam mengkhatamkan Alquran dapat segera terwujud dengan cepat, kamu harus memiliki niat yang kuat dan harus konsisten dalam membacanya.

Kegiatan Ramadhan di Rumah Kedua: Mempelajari Skill Baru

source: giphy.com

Kegiatan Ramadhan selanjutnya yang dapat kamu lakukan saat di rumah adalah mempelajari skill baru. Walaupun sedang berpuasa, kamu harus tetap bisa mengelola waktumu agar bisa seproduktif mungkin. Misalnya jika kamu seorang pelajar, kamu bisa mengikuti les bahasa online untuk meningkatkan skill bahasa Inggrismu.

Saat mempelajari skill baru, kamu bisa memulai dengan kegiatan yang paling ringan seperti mencoba untuk menggambar, menonton video cara bercocok tanam yang baik, atau bahkan kamu dapat menonton video swakarya untuk mengasah kemampuan kreativitasmu.

Jangan khawatir, Sobat Cakap, kamu bisa mempelajari banyak skill baru dan mempertajam skill yang sudah kamu miliki di Cakap Upskill. Setiap minggunya, Cakap Upskill akan hadir dengan kelas-kelas webinar bermanfaat yang sangat menarik dengan berbagai topik pembahasan.

Tambah Skill Baru di Cakap Upskill, Gratis Setiap Hari!

Kegiatan Ramadhan di Rumah Ketiga: Jalan-jalan Virtual

source: giphy.com

Sambil menunggu waktu berbuka puasa, alangkah baiknya kamu menambah wawasan mengenai banyak tempat di dunia. Walaupun pandemi masih ada di sekitar, kamu tetap bisa jalan-jalan mengelilingi dunia sambil rebahan.

Kegiatan ramadhan di rumah yang satu ini akan mengajak kamu ngabuburit yang gak biasa. Saat melakukan jalan-jalan virtual, kamu gak hanya bisa masuk ke dalam museum koleksi seni secara gratis, kamu juga bisa pergi ke tempat yang sangat jauh dari tempatmu berada.

Ramadhan di negeri orang akan menambah pengetahuan kamu mengenai spot-spot yang keren di luar negeri versi virtual. Kamu juga bisa menambah pengalaman ngabuburit kamu secara virtual bersama Cakap Raya Fest. Selain kamu bisa ngabuburit di negeri orang, kamu juga bisa mengetahui kisah menarik saat berpuasa di negeri orang.

Kegiatan Ramadhan di Rumah Keempat: Ikut Lomba Mengaji

source: giphy.com

Kegiatan Ramadhan di rumah selanjutnya yang bisa kamu lakukan saat bulan Ramadhan adalah mengikuti lomba mengaji. Selain dapat membantu kamu menghafal surat-surat yang ada didalam Alquran, kamu juga bisa mendapatkan banyak hadiah yang menarik.

Seperti lomba mengaji yang diadakan oleh Cakap Raya Fest dengan nama Jagoan Mengaji Cilik, kamu bisa mengikuti lomba tartil Al-quran untuk anak usia 4-12 tahun yang diselenggarakan oleh Cakap secara online. Daftar tanpa biaya, dapatkan hadiah berjuta-juta!

Ajak Si Kecil Lomba Mengaji, Menangkan Hadiah Total 11.000.000!

Kegiatan Ramadhan di Rumah Kelima: Menonton Dakwah

source: giphy.com

Untuk dapat menambah amalan saat bulan Ramadhan, kamu dapat melakukan kegiatan Ramadhan satu ini, yaitu menonton dakwah secara online. Saat pandemi seperti sekarang ini, banyak pendakwah serta ustadz untuk syiar dakwah secara progresif melalui berbagai media sosial yang ada.

Beralihnya cara berdakwah di media sosial ini mendapatkan banyak timbal balik positif dari banyak pihak. Berdakwah secara online bukan hanya cocok dengan kesan kekinian, namun juga dapat membuka segmen baru dakwah.

Tetap produktif saat berpuasa adalah hal yang sangat diharuskan, lho, Sobat Cakap. Ada banyak kegiatan Ramadhan di rumah yang bisa kamu lakukan. Ikuti rangkaian kegiatan Cakap Raya Fest mulai dari lomba mengaji hingga resep Ramadhan terkini bisa kamu ikuti. Yuk, Cakapkan Ramadhanmu bersama Cakap!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks