10 Topik Pelatihan Prakerja Bersertifikat yang Paling Diminati

kategori pelatihan prakerja

Selamat kamu telah lolos menjadi penerima Kartu Prakerja! Nah, setelah terpilih jadi peserta Prakerja sekarang giliran kamu untuk milih pelatihan Prakerja apa yang akan kamu ikuti. Bingung mau ambil pelatihan apa? Berikut ini 10 kategori pelatihan prakerja yang paling diminati.

Table of Contents

Marketing

Jurusan Bisnis Digital

Kategori marketing atau pemasaran merupakan kategori yang memiliki banyak peminat. Engga cuman pengusaha aja yang perlu ambil kategori ini, tapi juga bisa untuk kamu yang ingin menjadi marketer profesional. 

Di kategori ini kamu bisa mempelajari berbagai hal dalam dunia marketing, contohnya seperti digital marketing. Saat ini banyak orang yang tau apa itu digital marketing, tapi belum tentu ia paham teknis digital marketing. Lewat kategori ini kamu bisa belajar digital marketing secara mendalam.

Contoh kelas kategori marketing:

Cek program pelatihan Kartu Prakerja lainnya di TokopediaKarier.mu, Pijar, dan Pintar.

Information Technology

programmer-adalah

Information Technology (IT) adalah kategori yang mengajarkan berbagai hal yang berkaitan dengan dunia teknologi yang sedang berkembang saat ini. Kategori IT sangat menarik untuk dipilih karena sekarang ada banyak tech company di Indonesia sehingga kebutuhan akan programmer turut meningkat. Lewat kategori ini, kamu bisa belajar untuk menjadi seorang programmer.

Contoh kelas kategori IT:

  • Belajar dasar pemograman web
  • Belajar fundamental web development
  • Belajar menjadi content writer
  • Belajar technical writer

Cek program pelatihan Kartu Prakerja lainnya di TokopediaKarier.mu, Pijar, dan Pintar. 

Finance

Pekerjaan yang Cocok untuk Lulusan SMK Jurusan Akuntansi

Kategori ini cocok buat kamu yang memiliki passion dalam dunia keuangan. Dengan memilih kategori financial, mungkin bisa jadi modal untuk mengambil sertifikasi akuntan profesional. Siapa tau setelah itu kamu jadi financial planner?

Contoh kelas kategori finance:

Cek program pelatihan Kartu Prakerja lainnya di TokopediaKarier.mu, Pijar, dan Pintar.

Language

cara translate inggris indonesia otomatis
Image by rawpixel.com on Freepik


Dalam kategori ini, kamu bisa belajar bahasa asing seperti bahasa Inggris, bahasa Jepang, dan bahasa Mandarin. Saat ini, memiliki kemampuan berbahasa asing adalah hal wajib karena banyak perusahaan mencari karyawan yang memiliki kemampuan tersebut. Bahkan sekarang skill bahasa Inggris adalah hal normal sehingga kamu perlu belajar bahasa lain agar mendapat poin plus ketika mencari pekerjaan.

Selain itu, kategori ini juga sangat penting untuk dipilih bagi orang yang menggunakan bahasa asing dalam pekerjaannya. Contohnya seperti importir yang memerlukan bahasa asing untuk tujuan komunikasi dengan rekan bisnisnya. Contoh lainnya yaitu tour guide yang memerlukan bahasa asing untuk berkomunikasi dengan turis yang ia bawa jalan.

Contoh kelas kategori language:

Cek program pelatihan Kartu Prakerja lainnya di TokopediaKarier.mu, Pijar, dan Pintar.

Kuasai Skill Bahasa Asing di Kelas Prakerja Cakap

Lifestyle

undertone make up
source: pixabay


Ingin menjadi beauty-vlogger kaya Jharna Bhagwani? Atau ingin belajar menjahit kekinian seperti sashiko-stiching? Kamu bisa pilih kategori lifestyle! Kategori ini adalah pilihan yang tepat bagi seseorang yang passion di dunia fashion dan beauty. Siapa tau setelah ikut pelatihan ini, kamu bisa buka jasa Make up Artist?

Contoh kelas kategori lifestyle:

Cek program pelatihan Kartu Prakerja lainnya di TokopediaKarier.mu, Pijar, dan Pintar.

Management


Management 
adalah kategori yang secara garis besar melatih kamu untuk menjadi seorang pemimpin yang bisa memajukan sebuah perusahaan. Kategori ini umumnya dipilih oleh pengusaha dan calon pengusaha serta seseorang yang berada di top level management.

Menjadi seorang pengusaha bukanlah perkara mudah, banyak hal yang perlu dilakukan agar bisnis dapat berjalan dengan baik. Melalui kategori ini kamu bisa mempelajari hal tersebut sehingga bisnismu tidak gagal.

Contoh kelas kategori management:

Cek program pelatihan Kartu Prakerja lainnya di TokopediaKarier.mu, Pijar, dan Pintar. 

Office

rumus excel lengkap
Image by rawpixel.com from Freepik


Sekarang Microsoft Office seperti Microsoft Excel, Words, dan Powerpoint udah jadi basic skill yang wajib dimiliki. Bahkan memahami Microsoft Office menjadi sebuah syarat pekerjaan di banyak perusahaan. Kategori ini bisa membantu kamu mengasah kemampuan dasar yang dibutuhkan dalam dunia perkantoran.

Contoh kelas kategori office:

Cek program pelatihan Kartu Prakerja lainnya di TokopediaKarier.mu, Pijar, dan Pintar.

Tambah Skill Baru di Aplikasi Cakap, Gratis Setiap Hari!

Social Behavior

tujuan manfaat public speaking

Kategori social behavior adalah kategori yang berfokus untuk self development. Belakangan ini, kategori self development sedang hangat dibahas karena ada banyak orang yang mempelajarinya guna memperbaiki kualitas hidupnya. 

Dalam kategori ini kamu bisa mempelajari berbagai hal seperti problem solvingpublic speakingleadership, dan lain sebagainya. Selain berguna untuk diri sendiri, mempelajari self development juga bisa memberi impact yang positif pada karirmu.

Contoh kelas kategori social behavior:

  • Seni Intelegensi Sosial
  • Mengajarkan berbicara di depan umum
  • Tingkatkan kemampuan komunikasi

Baca Juga: Problem Solving, Soft Skill Paling Penting di Dunia Kerja

Food & Beverages

nama-nama-makanan-dalam-bahasa-inggris

Sekarang ada banyak bisnis yang bergerak di bidang ini sehingga kebutuhan akan chef juga ikut meningkat. Lewat kategori food & beverages, kamu bisa mengasah bakat memasakmu sehingga kamu bisa menjadi seorang chef profesional atau mungkin membuka usaha f&b sendiri.

Contoh kelas kategori Food & Beverages:

  • Belajar membuat kroket ayam
  • Belajar memulai bisnis mie ayam
  • Teknik memasak

Cek program pelatihan Kartu Prakerja lainnya di TokopediaKarier.mu, Pijar, dan Pintar.

Agriculture

hal yang harus diperhatikan dalam bisnis tanaman hias

Sekarang ada fenomena menarik, banyak anak muda yang meninggalkan pusat kota dan memilih untuk bertani di kampung halamannya. Padahal dulu, orang berbondong-bondong ke kota untuk ‘mengubah nasib’. Nah, kamu bisa pilih kategori ini supaya kamu bisa mengoptimalkan teknik-teknik agrikultural dan membantu meningkatkan pangan negara tercinta kita.

Contoh kelas kategori Agriculture:

Cek program pelatihan Kartu Prakerja lainnya di TokopediaKarier-mu.Pijar, dan Pintar.

Copywriting

copywriting

Kelas copywriting menjadi salah satu kelas yang banyak peminatnya. Bagaimana tidak, di era digital ini, copywriting dijadikan sebagai kunci pemasaran yang sukses. Di kelas ini kamu akan belajar panduan teknis copywriting, strategi penulisan, SEO copywriting, audio visual dalam copywriting, dll.

Kamu bisa belajar copywriting di Pelatihan Kartu Prakerja secara online dan offline. Durasi belajar di kelas copywriting biasanya sekitar 15 jam yang akan dibagi ke dalam beberapa sesi.

Berikut ini contoh kelas copywriting yang bisa kamu ambil di Program Pelatihan Kartu Prakerja:

Pelatihan tersebut bisa kamu dapat di Kelas Kartu Prakerja Cakap dan Tokopedia.

Illustration

illustration

Untuk kamu yang suka ilustrasi dan jago bikin gambar secara digital, kelas ini cocok untuk diikuti! Di sini kamu akan belajar banyak hal, mulai dari teknik membuat ilustrasi secara digital, mengimplementasikan pembuatan desain tulis dan gambar, mengidentifikasi cara mewarnai sebuah karakter, dll. Kamu juga akan dibekali keterampilan psikomotor.

Kelas illustration ini bisa diikuti secara online dengan kelas webinar dan self paced. Durasi belajar di kelas illustration biasanya sekitar 15 jam yang akan dibagi ke dalam 3-5 sesi.

Berikut ini contoh kelas illustration yang bisa kamu ambil di Program Pelatihan Kartu Prakerja:

Pelatihan tersebut bisa kamu dapat di Kelas Kartu Prakerja Cakap dan Tokopedia.

Brand & Management

brand & managemen

Kamu memiliki ketertarikan di bidang brand manager? Kalau iya, maka kamu bisa mengambil topik pelatihan ini di Program Kartu Prakerja. Brand manager menjadi salah satu kelas yang paling banyak diminati lho, Sobat Cakap! Dalam kelas ini, peserta akan fokus mempelajari elemen pemasaran, riset produk, menyusun rencana penjualan, branded service, mengevaluasi merek, dll.

Kelas brand & management ini bisa diikuti secara online dengan kelas webinar dan self paced. Durasi belajar di kelas brand & management biasanya sekitar 15 jam yang akan dibagi ke dalam beberapa sesi.

Berikut contoh kelas brand & management yang bisa kamu ambil di Program Pelatihan Kartu Prakerja:

Pelatihan tersebut bisa kamu dapat di Kelas Kartu Prakerja Cakap dan Tokopedia.

Nah, itulah 10 kategori pelatihan Kartu Prakerja yang paling diminati. Selain sepuluh kursus di atas, kamu juga bisa mengambil pelatihan yang paling diminati di Cakap yaitu Copywriting, Illustrator, dan Brand Management. Pastikan kamu memilih kursus yang paling sesuai dengan rencana pengembangan kariermu, ya! 

Baca Juga:

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.