10 Kategori yang Paling Diminati oleh Peserta Prakerja

kategori prakerja

Selamat kamu lolos menjadi penerima Kartu Prakerja! Dari jutaan orang yang daftar, kamu beruntung bisa mendapat kesempatan untuk mengembangkan potensi diri dengan Kartu Prakerja. Nah, setelah terpilih sekarang giliran kamu untuk memilih pelatihan apa yang akan kamu ikuti.

Hati-hati, dana yang diberikan ke kamu bisa hangus lho kalau engga dipakai selama satu bulan. Maka dari itu, pemerintah menganjurkan peserta Prakerja untuk langsung memilih pelatihan. Kamu bingung mau ambil pelatihan apa? Berikut ini 10 kategori yang paling diminati oleh peserta Prakerja:

Marketing

Kategori marketing atau pemasaran merupakan kategori yang memiliki banyak peminat. Kamu bisa mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan dunia marketing, seperti strategi marketing online shop, digital marketing, dan lain sebagainya. Engga cuma untuk para pengusaha aja, kategori ini juga bisa untuk orang umum yang ingin menjadi marketer profesional.

IT & Data

Kamu demen sama dunia teknologi? Atau ingin mengembangkan website milik usahamu? Kategori IT & Data adalah pilihan untukmu. Dalam kategori ini, kamu bisa mempelajari banyak hal dari cara membuat website sampai dasar pemograman web. 

Financial

Kategori ini cocok buat kamu yang memiliki passion dalam dunia keuangan. Dengan memilih kategori financial, mungkin bisa jadi modal untuk mengambil sertifikasi akuntan profesional. Siapa tau setelah itu kamu bisa jadi financial planner?

Language

Nah, kalau kategori ini pasti kamu udah tau kan kira-kira bakal belajar apa? Sudah jelas kalau kategori ini adalah pilihan untuk kamu yang ingin mengasah kemampuan bahasa asing seperti bahasa inggris, bahasa jepang, dan bahasa mandarin. 

Lifestyle

Ingin menjadi beauty vlogger kaya Jharna Bhagwani? Atau ingin belajar menjahit kekinian seperti sashiko stiching? Kamu bisa pilih kategori lifestyle

Kategori ini memang cocok buat orang yang passion di dunia fashion dan beauty. Contoh kelas dalam kategori ini yaitu cara merias wajah secara profesional. Siapa tau setelah ikut pelatihan ini, kamu bisa buka jasa Make Up Artist?

Management

Buat para pengusaha dan calon pengusaha, kategori ini adalah yang cocok untuk kalian. Kategori management secara garis besar melatih kamu agar menjadi seorang pemimpin yang bisa memajukan sebuah perusahaan. Contoh kelasnya seperti membuat perencanaan bisnis, strategi bisnis, dan masih banyak lagi.

Office

Sekarang Microsoft Office seperti Microsoft Excel, Words, dan Powerpoint udah jadi basic skill yang wajib dimiliki. Bahkan memahami Microsoft Office menjadi sebuah syarat pekerjaan di banyak perusahaan. Kategori ini bisa membantu kamu mengasah kemampuan dasar yang dibutuhkan dalam dunia perkantoran.

Social Behavior

Kategori social behavior adalah kategori yang didalamnya terdapat pelatihan untuk mengasah skill teamworkmu. Dalam kategori ini kamu bisa mempelajari berbagai hal seperti problem solving, public speaking, leadership, dan lain sebagainya. 

Food & Beverages

Jaman sekarang kopi terutama kopi susu udah jadi minuman wajib anak muda. Sampai sekarang kopi susu masih jadi tren di kalangan millenial dan gen z. Udah ngeliat potensi bisnis tapi belum tau cara jadi barista? Kategori food & beverages bisa bantu kamu jadi barista. Engga cuma barista, kamu juga bisa belajar jadi chef lho. Nah, abis ikut pelatihannya jangan lupa minta penilaian Chef Juna ya!

Agriculture

Sekarang ada fenomena menarik, banyak anak muda yang meninggalkan pusat kota dan memilih untuk bertani di kampung halamannya. Padahal dulu orang berbondong-bondong ke kota untuk ‘mengubah nasib’. Nah, kamu bisa pilih kategori ini supaya kamu bisa jadi petani yang kreatif dan efektif. 

Nah itu dia 10 kategori yang paling diminati oleh peserta Prakerja. Pasti sekarang kamu udah gak bingung lagi untuk milih pelatihan apa. Jangan lupa untuk dimaksimalkan ya, kapan lagi bisa nambah skill gratis?

Supaya makin maksimal, kamu bisa ambil pelatihan atau kursus diluar Prakerja. Nah sekarang udah ada kursus online, seperti kursus bahasa asing online di Cakap, jadi kamu engga perlu repot-repot karena semua udah lewat smartphonemu.

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google