Kata Populer Ini Ternyata Serapan dari Dialek Fujian Bahasa China!

kata serapan dari bahasa china

Kata serapan merupakan kata yang diserap dari bahasa lain berdasarkan kaidah bahasa penerima. Berbicara mengenai kata serapan, kamu pasti tahu dong kalau ada banyak kosakata bahasa Indonesia yang diserap dari bahasa lain. Selain kata serapan dari Belanda dan kata serapan dari Jepang, Tiongkok juga meninggalkan banyak kosakata yang kemudian diserap ke dalam bahasa Indonesia. Beberapa kata serapan dari bahasa China dialek Fujian ini mungkin sangat populer atau bahkan digunakan setiap hari. 

Sebelum mengenal kata serapan populer dari bahasa China, kenalan dulu yuk sama rumpun dialek Fujian tempat kosakata populer “lu dan gue” ini berasal. Check this article out!

Rumpun Dialek Fujian

dialek-fujian
Photo from Pexels

Fujian merupakan kawasan tenggara daratan China, kawasan ini juga dekat dengan Taiwan. Budaya yang berkembang di daerah Fujian biasanya akrab disebut dengan budaya Minnan (Min Selatan) atau mungkin di Indonesia dan kamu sendiri biasanya menyebutnya dengan Hokkian. 

Sejarah panjang rumpun bahasa Hokkian sampai ke Indonesia, bisa diulik dari awal mula tempat yang ditinggali oleh orang Hokkian merupakan tempat yang sama dengan Etnis Baiyue. Etnis ini masih memiliki kekerabatan bahasa dengan suku-suku di Asia Tenggara. Hal tersebut juga didukung oleh fakta bahwa sebagian besar orang China yang bermigrasi ke Nusantara (khususnya Pulau Jawa) merupakan orang Fujian. Maka dari itu, tak jarang kamu temui kata serapan bahasa Indonesia yang berasal dari bahasa China. 

Daftar Cakap Sekarang, Dapatkan Kelas Bahasa Mandarin Gratis

Kata ‘Lu’

dialek-fujian-lu
Photo from Pexels

Anak gaul Jakarta dan sekitarnya pasti nggak asing lagi dengan kata yang satu ini. Kata yang merupakan kata ganti ini termasuk ke dalam ragam cakapan bahasa Indonesia. Dalam bahasa

baku sendiri, kata ‘lu’ berarti kamu, variasi sebutannya baik dalam ragam tulis maupun ragam lisan adalah “lo atau loe”.

Kata lu sendiri berasal dari kata “lu/leu/li” yang merupakan kata serapan dari bahasa China. Kata ini termasuk rumpun dialek bahasa China yang biasa ditemui di kawasan Fujian.

Skill Bahasa Mandarin Buka Pintu Kesempatan Baru, Saatnya Kamu Mulai Belajar

Kata ‘Gue’

kata serapan dari bahasa china
Photo from Pexels

Nah, kalau kata yang satu ini merupakan lawan kata dari “lu”. Dalam ragam bahasa Indonesia baku, kata gua artinya “aku”. Ragam yang termasuk ke dalam ragam cakapan ini memiliki beberapa variasi penyebutan dan penulisan, di antaranya, yaitu “gua, guah, gw, atau gueh”.

Sama seperti kata “lu”, kata “gue” juga merupakan kata serapan dari bahasa China dialek Fujian. Kata “gue” sendiri diserap dari kata “gua/goa”.

Sekarang kamu tidak hanya memakai ragam cakapan “lu dan gue” saja, tapi kamu juga sudah memahami asal mula kosakata serapan dari bahasa China tersebut. Yuk, tingkatkan hafalan kosakata bahasa Mandarin-mu lagi!

Belajar lebih banyak materi seputar bahasa Mandarin, yuk! Dengan mengikuti kursus bahasa Mandarin online Cakap, kamu bisa mendalami bahasa Mandarin dan budaya yang berkembang di sana. Tunggu apa lagi? Daftar Cakap sekarang!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

E-Book Spesial GRATIS Bahasa Mandarin Hanya Untuk Kamu

Belajar pinyin, hanzi, hingga shengdiao mandarin jadi lebih mudah dengan e-book ini. Dapatkan segera dengan isi data dibawah ini.

      #SiapaCakapDiaDapat