2020 Sudah Mau Setengah Jalan, Kamu Udah Bisa Apa Aja?

skill 2020

Enam bulan sudah 2020 berjalan, tinggal sisa setengah jalan lagi nih Sobat Cakap. Kamu sudah siapkan motivation letter dan portofolio untuk mencari pekerjaan baru di sisa tahun ini. Ternyata, yang dibutuhkan di tahun 2020 ini ternyata sudah berubah Sobat Cakap.  Yuk intip apa saja hal tersebut, siapa tau kamu telah melakukannya juga :

Mulai Berinovasi menjadi Entrepreneur

source: giphy.com

Menurut survei BPS pendapatan 4 dari 10 orang di RI mengalami penurunan. Hal tersebut  membuat fenomena orang ramai-ramai berjualan secara online. Tercatat adanya kenaikan transaksi online hingga 51%.

Menurut Asisten Gubernur dan Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI, Filianingsih Hendrata, “”Inovasi sudah terjadi, digital pembayaran secara bertahap menggeser konvensional yang tadinya face to face. Aktivitas ekonomi sudah terlihat di e-commerce. Di mana peningkatannya year on year di bulan April 2020 7% dan volume naik 78%.”

Saatnya Belajar Investasi

source: giphy.com

Menurut data Bloomberg, nilai transaksi sepanjang Juni 2020 lalu meningkat secara signifikan signifikan dibandingkan dengan bulan sebelumnya yakni mencapai Rp379,23 triliun. 

Bahkan sejak diberlakukan PSBB, PT Bursa Efek Indonesia (BEI) bersama Anggota Bursa Mitra Galeri Investasi (GI) mampu mencatatkan jumlah investor baru sebanyak 5.364 single investor identification (SID).

Meningkatnya angka investor menunjukan adanya kesadaran masyarakat dalam memahami resiko dengan mempersiapkan keuangan untuk menjaga masa depan.

Kerja Freelance Menjadi Idaman

source: giphy.com

Menurut salah satu platform untuk freelance, terjadi peningkatan permintaan sebesar 75% untuk pekerjaan freelance yang dipublikasikan melalui platform mereka. Selain itu, firma PeopleStrong juga memprediksi sekitar 25-30% pekerja dari berbagai sektor seperti IT, startup, ritel dan logistik akan dikonversi menjadi pekerja freelance di masa mendatang.

Setidaknya ada tiga soft skill yang harus dikuasai untuk menjadi seorang freelancer andal, yakni :

  • Pertama, kemampuan komunikasi. Kemampuan komunikasi sangat penting agar kamu harus bisa menangkap pesan pemberi kerja dengan jelas. Jika kamu mahir dalam public speaking, itu akan menjadi nilai tambahan yang bagus banget!
  • Kedua, manajemen waktu. Atur prioritas pekerjaan dan buat target agar kamu termotivasi untuk bisa menyelesaikannya tepat waktu.
  • Ketiga, manajemen stres. Kamu wajib memiliki kemampuan untuk mengatasi stres dan keluar dari tekanan, agar pekerjaan dapat selesai sesuai harapan.

Kenalan Dulu Sama Business Analysis

source: giphy.com

Menurut data LinkedIn Learning, kemampuan business analysis termasuk ke dalam salah satu dari 10 hardskill yang paling dibutuhkan pada tahun 2020. 

Business Analyst adalah seseorang yang merupakan bagian dari operasi bisnis dan bekerja dan berkaitan dengan Teknologi Informasi untuk meningkatkan kualitas layanan yang disampaikan.

Karena banyak perusahaan yang terdampak pandemi, seorang business analyst sangat dicari lho saat ini.

Yuk Belajar Coding, Menjadi Web Programmer

source: giphy.com

Seorang web programmer yang jago coding sangat dicari lho saat ini. Apalagi dengan maraknya perusahaan yang menggeser gaya pekerjaan dari manual menuju digital, sehingga pekerjaan harus dikerjakan dari jarak jauh.

Senior Data Analyst Niagahoster, Yogi Maulana, menunjukan Niagahoster mengalami kenaikan aktivasi hosting untuk keperluan membuat website sebesar 11,16% di April, dan 7,25% di Mei 2020.

Customer Relationship Management

source: giphy.com

Karena Pandemi, Customer relationship management (CRM) telah menjadi bagian penting dalam banyak bisnis saat ini. CRM mampu mempertahankan dan menjaga hubungan antara perusahaan dan konsumen sehingga relasi tidak putus.

Selain itu, buat kamu yang memiliki pengetahuan tentang Customer relationship management yang baik, maka dapat berpeluang untuk melamar di bidang keuangan, perbankan, asuransi, hukum, perdagangan elektronik, pemasaran, konsultasi manajemen, dan penelitian, dan bidang-bidang lainnya. 

Mengikuti Seminar Online

source: giphy.com

Pernahkah kamu menerima pesan WhatsApp yang berisi undangan mengikuti acara seminar online yang belakangan ngetren dengan  sebutan Webinar atau Webkusi? Seminar atau diskusi dengan memanfaatkan jaringan  internet sedang ngetren di tengah masyarakat.

Hal itu ditunjukkan dengan tingginya angka pencarian kata “webinar” di google yakni terdapat 10.400 berita  tentang Webinar. Jika dibagi 30 hari maka akan kita dapatkan nilai rata-rata perhari. Hasilnya adalah 346,7  kita bulatkan saja 347. Artinya, sepanjang 10 April sampai hari ini 10 Mei, rata-rata dalam 1 hari di Indonesia ada 347 berita online tentang Webinar.

Skill-skill mana yang sudah kamu ketahui? Kalau ada skill baru yang sudah kamu kuasai jangan lupa perbarui portofolio kamu! Contoh portofolio yang menarik sekarang bisa kamu pelajari secara daring. 

Jika belum, jangan khawatir. Nantikan sesuatu yang baru untuk mempersiapkan skill barumu untuk #MakinCakap bekerja di aplikasi Cakap. Sssssttt. Tanggal 16 Juli yaa…

 

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google